Cara alami mengatasi berat badan naik selama hamil


Loading...
Pada kebanyakan wanita yang sedang mengandung atau hamil sering kali mengalami masalah dengan naiknya berat badan. Hal ini banyak disebabkan karena meningkatkan nafsu makan saat kehamilan. Ada istilah eating for two atau makan untuk dua orang membuat ibu hamil seringakali menambah porsi makanannya. Dengan kondisi seperti ini sudah bisa ditebak akan membuat berat badan cepat naik,sehingga potensi mengalami obesitas di saat hamil semakin tinggi, padahal kondisi badan yang mengalami kegemukan berlebih atau obesitas sangat berisko bagi tubuh ibu hamil sendiri maupun untuk janinnya. Lalu adakah Cara alami mengatasi berat badan naik selama hamil ?, kali ini MariLangsingAlami akan sedikit mengulasnya untuk anda.

Seperti yang dikutip dari MedIndia ibu hamil yang mengalami obesitas berlebihan akan sangat berisiko mengalami komplikasi saat proses persalinan. Hal ini pula akan membuat janin yang dikandung akan memiliki berat badan berlebih dan akan mempunyai resiko yang tidak baik untuk kesehatannya di kemudian hari.

Cara alami mengatasi berat badan naik selama hamil

Ada beberapa faktor yang mengapa berat badan naik saat kehamilan,salah satunya adalah prenatal yang meliputi pola makan,gangguan metabolik selama hamil, Medindia(12/11/2014). Oleh karena itu pemikiran akan eat for two sangat tidak dianjurkan karena akan memicu naiknya berat badan ibu hamil. 

Tips cara mengatasi berat badan naik belebih selama hamil


Cara mengatasi berat badan selama hamil mungkin bisa menerapkan tips-tips berikut ini, alami dan cukup sederhana,
  1. Menimbang berat badan secara rutin
Dengan menimbang berat badan secara rutin maka anda mengetahui pergerakan naik turunnya berat badan anda. Hal ini sangat baik dilakukan untuk senantiasa "mengawasi" berat badan anda.
Bagi ibu hamil ada baiknya dilakukan setelah usia kehamilan masuk pada masa stabil atau memasuki minggu ke 16. Sebaiknya dilakukan minimal seminggu sekali. Jangan pula lupa untuk mencatat berat badan anda setelah melakukan penimbangan. Dengan begitu maka anda bisa mengontol berat badan selain itu ini akan sangat berguna kelak setelah persalinan untuk segera mengembalikan berat badan ke semula. Patokannya adalah usahakan pertambahan berat badan Anda 1,6 kg/minggu pada trimester kedua dan 454 gram/minggu pada trimester ketiga.
  1. Jangan mengkonsumsi Gula terlalu banyak
Sebenarnya mengkonsumsi gula terlalu banyak bukan hanya untuk mengatasi kegemukan selami hamil, namun juga untuk orang-orang yang mengalami masalah kegemukan. Kandungan gula yang sering dijumpai pada mie ayam,nasi dan gorengan merupakan salah satu faktor penyebab kegemukan. Bagi wanita yang sedang hamil makanan seperti itu sebaiknya dikurangi, porsinya lebih diperkecil. Juga sangat disarankan bagi ibu hamil untuk mengetahui beberapa tambahan gula seperti sirup jagung fruktosa,situp malth barley,molasses atau agave nectar. Ketahui kandungan gulanya biasanya ada pada label kemasan.
  1. Jangan mengkonsumsi Sodium terlalu banyak
Mengkonsumsi terlalu banyak sodium pada saat hamil akan menyebabkan ibu hamil beresiko tinggi obesitas. Disarankan perhari tidak melebihi 2300 mg atau sama dengan satu sendok teh. Sedangkan pada ibu hamil sebaiknya hanya mengkonsumsi 1500 mg saja untuk mencegah diabetes, preklamsia dan juga obesitas. Hindari makanan olahan yang ditaburi garam seperti sup kalengan,cemilan dan daging olahan yang banyak di taburi garam demi mencegah reiko obestas.

  1.  Tetap beraktivitas seperti biasa
Tetap melakukan akvitas seperti biasa juga sangat di sarankan agar ibu hamil terhindari dari kegemukan, teap lakukan pekerjaan rumah dan aktivitas keseharian seperti biasa, membersihkan rumah,mencuci piring atau berjalan-jalan di sekitar rumah. Tetap melakukan aktivitas sesuai dengan anjuran dokter. dengan melakukan aktivitas ini akan membuat tubuh lebih bugar dan terasa lebih segar.

  1.  Hindari Cemilan yang tidak sehat
Hindari cemilan seperti kerupuk dalam kemasan karena sangat banyak mengandung kalori dan garam yang tinggi. ganti dengan mengkonsumsi buah-buahan segar, atau cemilan yang mengandung banyak serta dan lemak rendah. anda bisa mengkonsumsi Dark Cokelat karena jenis yang satu ini tidak banyak mengandung kalori, Anda bisa juga memilih yoghurt sebagai pengganti susu untuk asupan kalsium anda agar membatu pertumbuhan tulang pada janin.

  1. Jangan Makan terburu-buru
Jangan makan terburu-buru,kunyah makanan anda secara perlahan, ada anggapan mengunyah makana selama 32 kali itu sangat penting, dengan cara mengunyah seperti ini makanan akan membantu kinerja lambung. Kebiasaan makan terburu-buru justru akan membuat kadar darah meningkat, dan ini memiliki resiko yang kurang baik bagi ibu hamil,peningkatan terjadi ketika sumber karbohidrat yang Anda konsumsi sudah diserap oleh usus dan masuk ke dalam sirkulasi darah. Kadar gula normal yang akan membuat Anda merasa kenyang

Cara alami mengatasi berat badan naik selama hamil
  1. Cukup Minum
Sebaiknya tetap menjaga asupan air minum anda, mengkonsumsi air minum sekitar 3 liter perhari akan membuat tubuh terhindari dari dehidrasi.
Itulah beberapa cara alami mengatsi berat badan naik selama hamil, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Dengan senantiasa menerapkan pola hidup sehat maka anda akan terhindari dari masalah obesitas atau kegemukan secara berlebihan. Salam sehat dan Mari Langsing Alami.

Loading...