Cara sehat menurunkan berat badan 10 kg dalam sebulan

Loading...

Cara sehat menurunkan berat badan 10 kg dalam sebulan - Kegemukan dan obesitas kerap kali menjadi masalah yang sangat serius bagi banyak orang. Naiknya berat badan yang tidak terkontrol selain mengurangi rasa percaya diri, juga memiliki potensi yang sangat besar menimbulkan berbagai macam penyakit seperti, jantung,stroke dan penyait kronis lainnya.

Maka tidak mengherankan orang-orang yang memiliki masalah kegemukan senantiasa mencari cara menurunkan berat badan secara cepat. Ada yang memilih cara mahal dan berisiko seperti sedot lemak namun ada pula yang memilih cara yang lebih sehat dan alami. Lalu adakah cara sehat menurunkan berat badan 10 kg dalam sebulan ? berikut ini akan MLA akan mengulasnya untuk anda.

Cara sehat menurunkan berat badan 10 kg dalam sebulan

Cara sehat turunkan berat badan 10 kg dalam 1 Bulan

Menurunkan berat badan tidak hanya tidak hanya dapat diantisipasi dengan cara mahal, namun dengan memilih cara yang sehat dan alami juga secara nyata dan efisien dapat membuat tubuh kita lebih cepat kurus.

1. Niat yang kuat

Cara yang pertama adalah Niat yang kuat, anda tidak akan pernah bisa menurunkan berat badan anda jika anda memiliki niat yang setengah-setengah, hal ini akan sangat berakibat pada pola anda menjalankan diet, hari ini mungkin anda menjalankannya secara disiplin tapi esoknya anda kembali mengkonsumsi fast food dan cenderung minum sebotol soda. Ingat Diet itu tidak bisa jika anda tidak displin.

2. Mengatur Pola Makan 

Mengapa mengatur pola makan menjadi poin yang penting dalam program diet sebulan ? Sebabnya tentu saja pola makan yang tepat adalah kunci utama dari setiap aktivitas diet.

Cara sehat menurunkan berat badan 10 kg dalam sebulan
source:wikihow

Logika sederhananya adalah jika anda mengkonsumsi makanan secara tidak teratur maka jumlah kalori yang masuk kedalam tubuh anda juga akan tidak terkontrol.

Jika jumlah kalori yang masuk lebih banyak dari pada jumlah kalori yang keluar maka anda akan mengalami kegemukan...

Sebaliknya, jika jumlah kalori yang masuk lebih sedikit dari pada kalori yang keluar maka anda akan mengalami langsing / kurus.

Makanan rendah kalori yang mengenyangkan adalah kunci keberhasilan Anda.

Anda bisa memulainya dengan sarapan yang baik

Cobalah sarapan dengan makan makanan yang mengandung 300 - 400 kalori,

Seperti nasi 100 gram ditambah dengan 1 mangkuk sayur dan 1 potong ikan.

Bisa juga dengan mengkonsumsi telur dadar disaat sarapan.

Sarapan itu adalah hal yang sangat penting saat diet Namun sarapan bukan sembarang sarapan, anda perlu memilih jenis sarapan yang yang benar-benar sehat dan tetap memperhatikan kecukupan nutrisi agar energi yang didapatkan dari sarapan bisa membantu kenyang lebih lama yang tentunya bermanfaat saat menjalankan diet.

Untuk cara sarapan yang baik saat menjalankan program diet silahkan baca artikel ini Agar Tubuh Langsing Ideal Mulailah Dengan Sarapan Sehat

Untuk asupan karbohidrat anda sekiranya anda mengganti konsumsi nasi putih dengan nasi merah atau kentang, nasi merah dan kentang ini memiliki kandungan karbohidrat yang lebih kompleks.

3. Hindari makanan berlemak dan menggantinya dengan mengkonsumsi makanan pembakar lemak

Kita tentu sudah sangat setujui jika makanan berlemak menjadi faktor utama penyebab kegemukan. Makanan berlemak ini banyak ditemukan pada makanan cepat saji.

Cara sehat menurunkan berat badan 10 kg dalam 1 bulan


Selain fast food minuman seperti es krim juga tergolong makanan yang tinggi lemak, Perpaduan antara gula, lemak, dan kalori bisa di bilang sebagai sesuatu yang mengerikan. Anda juga bisa membaca artikel Resep Makanan Sehat Dan Rendah Lemak Untuk Makan Malam

Oleh karena itu, hindarilah es krim jika anda ingin menurunkan berat badan 10 Kg dalam sebulan.

Satu lagi jenis makanan berlemak yang harus anda hindari yaitu Gorengan. Gorengan memang sudah tidak diragukan lagi dalam turut serta menaikkan berat badan Anda. Pembuatannya yang biasanya menggunakan tepung dan menggunakan minyak untuk memasak tentu membuat gorengan kaya akan kalori yang dengan mudah dapat menaikkan berat badan.

Nah untuk mengganti semua jenis makanan berlemak tadi, ada beberapa jenis makanan pembakar lemak yang sepatutnya anda pertimbangkan sebagai menu makanan saat menjalankan program diet.

Makanan pembakar lemak bisa anda ditemukan pada makanan sehat menurunkan berat badan yang terdapat pada ikan. Salah satu jenis ikan yang paling baik adalah ikan salmon.

Ikan memiliki kandungan protein dan omega 3 yang cukup tinggi sehingga dapat menurukan kadar  leptin dalam tubuh sehingga anda dapat mengontrol nafsu makan anda dengan lebih baik.

Selain mencegah  lapar ikan juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Sebagai referensi jika anda mencari ramuan yang dapat menekan nafsu makan silahkan baca artikel Cocok Untuk Diet, Air Rebusan Ini Bisa Menekan Nafsu Makan

Jika anda penggemar buah, anda bisa mencoba mengkonsumi buah apel setiap  hari untuk mencegah timbunan lemak. Apel kaya akan serat dan tentunya juga rendah akan kalori.

Selain kedua makanan di atas anda juga bisa mencoba ramuan jahe dan bawang putih Jahe melebarkan pembuluh darah, bawang putih menurunkan kadar insulin, dan keduanya meningkatkan laju metabolisme.

Gunakan minyak zaitun sebagai minyak utama untuk memasak. Meskipun minyak adalah lemak, minyak zaitun dipenuhi dengan lemak baik (lemak tidak jenuh tunggal) yang menurunkan kadar kolesterol dan memiliki banyak manfaat kesehatan lainnya. Selenngkapnya anda bisa baca artikel Tips langsing alami dengan minyak zaitun

4. Komsumsi air putih

Mengkonsumsi air putih menjadi salah satu faktor utama dalam diet. Jadi konsumsilah air putih sebanyak mungkin setiap hari. Para ahli kesehatan menyarankan untuk mengkonsumsi air putih sekitar 3 liter atau setara dengan 8 gelas sehari.

Cara sehat menurunkan berat badan 10 kg dalam sebulan

Rutin mengkonsumsi air putih saat diet akan membantu anda mencegah rasa lapar dan haus.

Oleh karena itu gantilah konsumsi minuman anda dengan air putih. Jangan pernah mengkonsumsi soda dan alkohol sebab kedua minuman ini hanyalah kalori kosong yang diam-diam meningkatkan berat badan tanpa membuat Anda merasa kenyang sama sekali. Anda juga bisa membaca artikel tips mengkonsumi air putih saat diet

5. Kurangi konsumsi garam

Untuk menurunkan berat badan 10 kg dalam sebulan juga dapat anda lakukan dengan mengurangi konsumsi garam. Meskipun garam memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh, ternyata efek lainnya tidak mendukung program penurunan berat badan. Garam memicu rasa haus.

Tujuan dari diet adalah untuk mendapatkan tubuh ideal dan sehat. Jika jumlah konsumsi garam tidak diperhatikan, maka kinerja tubuh akan terganggu.

Garam memiliki kemampuan mengikat air. Karena itulah, ketika mengkonsumsi garam berlebih, seseorang akan melihat angka timbangan bergerak naik.

cara agar turun 10 kg dalam sebulan

Ketika mengurangi konsumsi garam, secara otomatis air dalam tubuh berkurang, dan berat badan pun turun dengan sendirinya.

Nah bagi yang sedang menjalankan diet sangat dianjurkan menjauhi produk olahan atau makanan kemasan.

Produk jenis ini memiliki kandungan garam yang cukup tinggi, dengan campuran penguat rasa. Produk tanpa garam tidak mungkin bertahan lama di toko.

Jangan lupa, garam punya sifat pengawet, seperti yang dilakukan pada ikan asin. Batasi juga penggunaan saus kemasan seperti saus tomat, kecap, mustard, atau saus salad.

Meskipun kandungan garamnya rendah, rasa lezatnya mengoda untuk terus menerus menuangkan saus ke piring saji.

6. Cobalah Teh Hijau

Ada begitu banyak minuman sehat yang dapat menurunkan berat badan, salah satu yang paling banyak digemari adalah teh hijau. Teh hijau mengandung senyawa catechin tertinggi dan kaya antioksidan yang menjadikan minuman yang satu ini dapat mempercepat pembakaran kalori.

Dari berbagai hasil penelitian diet dengan minum teh hijau yaitu dengan minum teh hijau dua sampai enam kali sehari agar dapat menurunkan berat badan hingga 5 persen. Untuk lebih jelas mengenai diet dengan teh hijau ini anda dapat membaca artikel Cara Diet Dengan Minum Teh Hijau Agar Pangkas Lemak Lebih Banyak

7. Penuhi Kebutuhan Serat dengan Mengkonsumsi Buah dan Sayuran

Buah-buahan, sayuran, gandum utuh, produk susu rendah lemak, dan daging tanpa lemak adalah makanan padat rendah kalori yang akan membantu Anda menurunkan berat badan.

cara aman menurukan berat badan 10kg

Buah-buahan yang bisa menjadi pilihan adalah Pir, Apel, Melon dan lain sebagainya, sedangkan sayuran, anda bisa memilih Selada, mentimun, kubis, seledri, bunga kol, brokoli, dan bayam..

Buah-buahan dan sayuran sebagian besar terdiri dari air dan hanya mengandung sedikit kalori dan lemak--di sisi lain, 1 g lemak sama dengan sembilan kalori. Jadi jauhilah makanan yang telah diolah dan mulailah mengonsumsi makanan sehat.

Serat juga baik untuk Anda dan hanya mengandung 1,5-2,5 kalori per gram. Kebanyakan tumbuhan polong, kacang-kacangan, dan biji-bijian adalah sumber serat yang baik. (baca juga :Inilah 8 Makanan Super Metabolik Agar Sukses Turunkan Berat Badan)

8. Olahraga 

Aktivitas olahraga gak bisa dipungkiri lagi jika menjadi salah satu cara terbaik untuk membakar lebih banyak tumpukan lemak dari dalam tubuh.

Untuk turun 10 kg dalam sebulan, tentu saja anda wajib melakukan banyak olahraga.

Cara paling cepat untuk membakar lemak dan juga membakar kalori adalah dengan menjalankan olahraga kardiovaskular.

Ada beberapa jenis olahraga kardiovaskular terbaik yang layak anda coba, seperti Lari, bersepeda, renang, tinju, tenis, menari. Namun jika anda menginginkan bobot tubuh anda turun 10 kg dengan cepat maka olahraga kardiovaskular yang paling baik taekwondo,lari 8 mil perjam, rope jumping dan taekwondo

Gambar di bawah ini akan menunjukkan kepada anda jenis olahraga kardiovaskular dan besaran kalori yang terbakar saat anda melakukannya.

Cara sehat menurunkan berat badan 10 kg dalam sebulan


9.  Hindari ngemil dan begadang

Hoby ngemil dan begadang juga merupakan salah satu kebiasaan yang wajib untuk di hindari, jika anda ingin cepat menurunkan berat badan anda, hindari kebiaasan ini.

Sebagai kesimpulan dari uraian di atas bahwa penyebab kegemukan itu banyak disebabkan oleh :

1. Kurangnya Olahraga
2. Terlalu sering mengkonsumsi makanan berkalori tinggi
3. Kurang Bergerak
4. Faktor Keturunan (Genetik)
5. Efek samping obat - obatan (anti depresi, obat antiepilepsi, kotrokosteroid, dan diabetes)
6. Kompilkasi dari penyakit tertentu (Sindrom Cushing dan hipotiroidisme)

Jadi usahakan untuk menghidari semuanya agar tubuh anda sehat dan cepat kurus.

Tips Tambahan


  1. Mencoba menurunkan berat badan lebih dari 10 kg dalam satu bulan kemungkinan besar akan menaikkan kembali berat badan Anda. Sediakan waktu lebih lama jika ingin menurunkan berat badan dengan cara yang sehat.
  2. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mulai menjalani diet atau aktivitas fisik.
  3. Lakukan beberapa kebiasaan dipagi hari yang terbukti dapat membantu anda menurukan berat badan , diantaranya adalah, mandi air dingin Ya, mandi air dingin di pagi hari memang cukup menantang, ya. Tapi air dingin ini bisa menurunkan temperatur tubuh sehingga sel-sel lemak akan digunakan untuk membuat tubuh tetap hangat. Selain itu jangan lupakan sarapan dan tetaplah aktif. Berjalanlah sebisa mungkin. Naiki tangga, bukan eskalator atau lift. Semakin aktif Anda bergerak akan membantu membakar lemak, terutama di pagi hari ketika udara masih segar.


Referensi ;
https://id.wikihow.com/Cepat-Menurunkan-Berat-Badan-Sepuluh-Kilogram
http://nakita.grid.id/Prakehamilan/Cara-Sehat-Turunkan-Berat-Badan-10-Kg-Dalam-Sebulan
https://bolehkah.com/1057/bolehkah-makan-garam-saat-diet.html
http://nova.grid.id/Kesehatan/Diet/6-Kebiasaan-Pagi-Ini-Membantu-Turunkan-Berat-Badan-10-Kg-Sebulan?

Arikel - Cara sehat menurunkan berat badan 10 kg dalam sebulan
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email: