TERBAIK ! 10 Makanan untuk diet pengganti nasi putih yang baik


Loading...
Dalam tulisan kali ini MLA akan membahas tentang makanan pengganti nasi untuk diet.

Sudah menjadi kewajiban jika dalam menjalankan program diet maka pengaturan pola makan adalah salah satu kunci utama agar diet bisa berhasil dan maksimal, mengontrol asupan gizi,karbohidrat juga mutlak diperhatikan.

Banyak orang yang menjalankan program diet sangat memperhatikan asupan karbohidratnya, dan ini menjadi kunci sukses menurunkan berat badan.

Makanan untuk diet pengganti nasi putih yang baik

Mengapa Perlu Mengganti Nasi Putih Saat Diet ?

Dalam banyak penelitian menemukan bahwab eras atau nasi putih memiliki indeks glikemik (glycemic index/GI) yang cukup tinggi. GI adalah ukuran kecepatan makanan diserap menjadi gula darah.

Semakin tinggi GI suatu makanan, semakin cepat dampaknya terhadap kenaikan gula darah. GI suatu bahan makanan dikatakan cukup tinggi jika nilainya ≥ 70, GI sedang antara 56 – 69 dan GI rendah ≤ 55. 

Dan nilai GI pada nasi mencapai 88 – 89! Artinya, semakin banyak Anda makan nasi putih, kadar gula darah Anda pun akan semakin tinggi karena karbohidrat dalam nasi langsung diubah menjadi gula dalam tubuh. 

Artinya mengkonsumsi terlalu banyak nasi putih beresiko menderita berbagai penyakit berat. Mulai dari diabetes, kolesterol tinggi dan obesitas. 

Maka dalam menjalankan program diet nasi putih seyogyanya dapat diganti dengan makanan lain,  Berikut ini adalah beberapa jenis makanan pengganti yang bisa dikonsumsi secara rutin seperti ketika makan nasi.


Makanan Untuk Diet Pengganti Nasi Putih 

1. Nasi Merah

Nasi merah lebih baik ketimbang nasi putih, hal ini dikarenakan nasi merah memiliki kandungan serat yang lebih banyak, selain itu nasi merah juga kaya akan mineral sepert manga, magnesium,dan selenium sehingga sangat sehat dan mampu menyeimbangkan kadar kolestrol. (Terkait : Pengalaman Diet Turun 7 kg dengan Beras Merah )


2. Kentang 

Kentang memiliki kandungan vitamin c yang cukup baik,serta sarat akan kalori yang lebih kecil. Sebagai makanan untuk diet pengganti nasi putih, kentang sangat cocok karena kandungan kalium dalam satu buah kentang sekitar 620 gram. 

Kentang juga menyuplai kebutuhan harian vitamin C setiap harinya (45 persen). Kentang tidak mengandung sodium dan bebas kolesterol selama proses memasaknya direbus atau dipanggang, cara pengolahannya juga cukup sederhana anda bisa mencampurnya dalam sup. (Baca juga : Turun 20 Kg dengan Diet kentang rebus )


3. Jagung

Jagung mengandung GI yang tergolong rendah antara 55-60, jagung kaya akan kalori dan antioksidan serta sebagai penyuplai vitamin B bagi tubuh, sarat akan kandungan serat dan mineral. Jagung yang memiliki rasa manis berasal dari fruktosa sehingga aman bagi penderita diabetes,biasanya fruktosa terbuang bersama urin sehingga tidak terserap oleh tubuh. Lebih jelasnya silahkan baca : manfaat jagung untuk diet


4. Singkong

Singkong juga mengandung serat yang cukup tinggi, sehingga dipercaya mampu menurunkan kolesterol dan trigliserida, Sebagai pengganti nasi,singkong merupakan sumber karbohidrat yang memiliki kandungan GI yang cukup rendah yaitu pada kisaran di bawah 55.

5. Ubi Jalar

Ubi Jalar memiliki karbohidrat yang cenderung lebih lamban meningkatkatkan gula darah, kandungan GInya berada pada kisaran 54, Jenis makanan ini juga sangat kaya akan Vitamin A,Vitamin C dan sangat disarankan untuk dikonsumsi setuap hari. kandungan

Vitamin C yang ada dalam ubu jalar mudah dicerna,dapat mencegah sembelit serta sangat cocok sebagai pengganti nasi dalam menjalankan program penurunan berat badan. 


6. Talas

Makanan untuk diet pengganti nasi putih yang baik selanjutnya adalah talas. Talas kaya akan nutrisi dan rendah GI yaitu pada kisaran 54, Talas juga memiliki kandungan karbohidrat dan protein yang cukup besar. 

Kandungan Karbohidrat dalam talas mencapai 77,9% dan memiliki sifat yang mudah dicerna oleh tubuh, Kandungan proteinnya lebih tinggi dibandingkan singkong dan ubi jalar, Kaya akan serat mencapai 5,3 gram, 

Talas juga juga sangat baik mencegah resiko gangguan jantung dan tekanan darah tinggi, Makanan ini juga sangat cocok sebagai pengganti nasi putih dalam mejalankan program diet.


7. Labu

Labu sendiri dipercaya mengandung berbagai nutrisi serta vitamin yang sangat baik buat kesehatan tubuh. Nutrisi ini juga sangat baik buat kesehatan kulit dan menjadi menu diet yang lezat sekaligus sehat. 

Labu kuning setidaknya mengandung berbagai macam vitamin A,E,C,D, zat besi,zinc,kalsium, folat dan asam pantotenant serta kartinin yang dapat mempercepat metabolisme tubuh sehingga dapat membantu proses pembakaran lemak dan mengembangkan massa otot . (Terkait ; cara diet dengan labu)


8. Yoghurt

Manfaat yogurt untuk diet cukup banyak sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.  Dalam jurnal International Journey of Obesity mengemukakan jika mengkonsumsi yogurt untuk diet itu sama halnya kita membantu mempertahankan masa otot dengan disertai proses pembakaran lemak. 

Selain itu yogurt juga Dapat memecah lemak yang ada pada tubuh sehingga dapat dicerna tanpa penimbunan.

9. Pasta

Mungkin bagi kita orang indonesia jarang menjadikan pasta sebagai makanan pengganti nasi. Namun untuk luar negeri sudah lama mengkonsumsi pasta sebagai makanan utama mereka, bahkan menjadi pasta sebagai salah satu menu diet mereka.

Pasta sendiri dapat menjadi makanan pengganti nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat bagi tubuh, kaya akan asam folat dan tentunya rendah lemak.

10. Oatmeal

Oat atau lebih dikenal dengan nama oatmeal menjadi makanan pengganti nasi putih yang paling umum di konsumsi. Oat sendiri dikenal sebagai bahan bubur makanan yang mengandung nutrisi yang sangat tinggi. 

Apabila diperhatikan dengan seksama, oat terlihat seperti bulir gandum yang tipis. Oat dapat dikonsumsi dengan berbagai macam olahan. Oat juga dapat mengganti makanan pengganti dari nasi karena dapat memberi rasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. (Baca juga : Resep Oatmeal Untuk Diet )

Selain makanan pengganti nasi putih diatas anda juga dapat memanfaatkan buah dan sayuran lain. Beberapa buah dan sayuran yang dapat anda konsumsi sebagai sebagai pengganti nasi saat diet adalah : 

Buah pisang - Lebih lengkap baca juga : Tips diet dengan buah pisang 
Mangga - Terkait : Diet dengan mangga 
Apel
Jeruk
Nanas
Pir, Selengkapnya - Manfaat buah pir untuk diet
Alpukat - Baca juga resep alpukat untuk diet
Bayam, dan
Buah Bit

Itulah makanan untuk diet pengganti nasi putih yang baik  yang bisa anda jadikan alternatif dalam menjalankan program diet anda, makanan diatas cukup mudah anda temukan disekitar rumah atau lingkungan tempat tingal anda. 

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda, salam sehat selalu.(Disadur dari berbagai sumber) Jangan lewatkan artikel menarik lainnya Tips cara diet sehat dan alami bagi penderita maag


Loading...