Rumus cara menghitung kalori yang dibutuhkan oleh tubuh


Loading...
Rumus cara menghitung kalori yang dibutuhkan oleh tubuh  - Proses menurunkan berat badan sekiranya juga bisa dibarengi dengan kemampuan kita untuk tahu mengukur dan menghitung kebutuhan kalori yang dikonsumsi oleh tubuh. Panduan dari departemen kesehatan secara umum memberikan penjelasan tentang kalori yang dibutuhkan oleh tubuh misalnya pada wanita disarankan untuk mengkonsumsi kalori dengan level antara 1800 - 2400 setiap hari. Akan tetapi hambatannya adalah panduan ini tidak dirancang sedetail mungkin untuk kebutuhan masiang-masing orang, padahal tiap orang meiliki usia dan aktivitas yang tentunya sangat berbeda satu sama lain.
Rumus cara menghitung kalori yang dibutuhkan oleh tubuh
Menghitung kalori tubuh

Cara mengukur kalori yang di dibutuhkan oleh tubuh bisa dilakukan dengan dengan menerapkan sebuah rumus sederhana. Rumus ini sudah banyak diterapkan oleh para ahli nutrisi untuk apara klien mereka. Menurut Ahli nutrisi kota New York Brittany Kohn, R.D seperti dilansir pada women's health mengatakan bahwa rumus cara menghitung kalori yang dibutuhkan oleh tubuh yaitu mengalikan jumlah berat Anda dalam pound dengan angka 12 atau 15, 12 jika Anda tidak aktif atau sedikit aktif dan 15 jika Anda cukup atau sangat aktif setiap hari. Menurut Brittany Satu pon setara dengan 12 0,4 kg. Selanjutnya dengan memasukkan faktor usia pada rumus tersebut. Jika anda berusia 30-40 tahun maka kurangi dengan angka 200. Seiring pertambahan usia, metabolisme manusia melambat dan tubuh memerlukan lebih sedikit kalori untuk berfungsi.

Rumus cara mengukur kalori yang diperlukan tubuh 

Rumus:

Usia di bawah 30 tahun: 
Tidak aktif (secara fisik): jumlah berat badan (dalam pound) x12 = kebutuhan kalori per hari 
Aktif (secara fisik): jumlah berat badan (dalam pound) x 15= kebutuhan kalori per hari 

Usia antara 30-40 tahun: 
Tidak aktif (secara fisik): jumlah berat badan (dalam pound) x12-200 = kebutuhan kalori per hari
Aktif (secara fisik): jumlah berat badan (dalam pound) x 15-200= kebutuhan kalori per hari 

Menurunkan berat badan: kebutuhan kalori per hari- 500= kebutuhan kalori untuk diet
Menambah berat badan: kebutuhan kalori per hari+ (250) atau (500) = kebutuhan kalori untuk menambah berat badan.

Apabila anda ingin menurunkan berat badan maka dalam rumus diatas yang perlu dilakukan hanyalah mengurangi angka kebutuhan kalori itu menjadi angka 500. Menurut Brittany bahwa mengkonsumsi 500 kalori lebih sedkit tiap hari maka sama dengan mengalami defisit kalori hingga 3500 kalori per minggunya atau setara dengan menurunnya berat badan 0,4 kg perminggu.

Penurunan 0,4 kg berat badan per minggu merupakan langkah aman karena tubuh tidak kehilangan nutrisi-nutrisi penting. Apabila memangkas 500 kalori setiap hari dirasa cukup sulit maka anda bisa barengi dengan kegiatan olahraga apabila anda sulit memangkas makanan anda.

Sementara dalam menambah berat badan, Menurut Bitanny maka tambahkan 250 kalori atau 500 kalori per hari dari makanan sehat. Setiap satu atau dua minggu, Anda akan menambah bobot 0,4 kg dengan aman. Dan ingat sekalipun melacak kalori yang dikonsumsi bisa menolong proses diet, tapi jangan terobsesi dengan angka-angka ini. Semoga artikel tentang rumus cara menghitung kalori yang dibutuhkan oleh tubuh  bermanfaat bagi anda, salam sehat.

Disadur dari :Women's Health

Baca juga : Makanan untuk diet pengganti nasi putih yang baik

Loading...