Agar Tetap Sehat Hindari Kebiasaan Ini Setelah Makan


Loading...
Agar Tetap Sehat Hindari Kebiasaan Ini Setelah Makan - Menjaga kesehatan tubuh sudah seharusnya di mulai dari hal-hal kecil termasuk tidak membiasakan diri melakukan hal-hal yang bisa membuat tubuh terserang penyakit. Tahukah anda bahwa ada berbagai kebiasaan-kebiasaan buruk yang kerap kita lakukan setelah makan yang ternyata kurang baik untuk kesehatan. Mungkin ada diantara kita yang beranggapan jika setelah bakan kita bebas melakukan apapun, tapi ternyata itu salah, seperti yang kami lansir dari laman healthyfoodhouse.com, agar tetap sehat sebaiknya menghindari 7 kebiasaan-kebiasaan ini setelah makan.
Kebiasaan Buruk Setelah Makan
image:healthyfoodhouse.com
1. Merokok Setelah Makan

Merokok pada dasarnya memang sangat tidak dianjurkan bagi kesehatan. Merokok setelah makan ternyata sangat berbahaya sebab kebiasaan merokok setelah makan akan menyebabkan peredaran darah makin meningkat, bahaya ini sepuluh kali lipat lebih berbahaya dibandingkan sehari-hari.

2. Makan Buah

Meskipun buah sangat kaya akan nutrisi yang baik bagi tubuh, namaun makan buah setelah makan ternyata kurang baik. Lambung membutuhkan waktu kurang lebih 1-2 jam untuk melakukan penyerapan sari makan.Jika lambung belum sepenuhnya menyerap sari makanan itu kemudian di isi lagi dengan buah maka prosesnya malah akan terganggu. Hal ini dikarenakan ieh udara yang juga ikut masuk ke lambung, jika terus berlanjut maka akam menimbulkan gejala sakit perut dan diare.

3. Minum Teh

Terkadang pula kita sering mengakhiri sesi makan kita dengan minum segelas teh. Ternyata kebiasaan ini juga kurang baik. Dalam teh setidaknya terdapat zat yang dapat menyerap sari makanan. Kandungan itu berupa zat tannin atau senyawa yang bisa mempengaruhi serapan protein dalam lambung. Selain itu minum teh setelah makan juga bisa menghambat serapat zat besi. Tentunya jika terus berlanjut maka bisa jadi tubuh kita akan berekasi kekurang zat besi atau anemia.

4. Minum Air Dingin

Kebiasan minum air dingin setelah makan ternyata tidak di anjurkan oleh banyak ahli gizi. Hal ini disebabkan karena akan menyebabkan penggumpalan sari makanan dengan air es sehingga makanan akan sulit dicerna. Ada baiknya minum segelas air hangat, selain sehat air hangat juga bisa membantu penyerapan makanan menjadi lebih baik.

5. Melonggarkan Ikat Pinggang

Kebiasaan ini seringkali kita lakukan karena bisa membuat kita lebih nyaman setelah makan, namun ternyata kebiasaan melonggarkan ikat pinggang setelah makan dapat mempengaruhi lambung dan berakibat menurunnya lambung akibat tekanan dalam perut yang diturunkan. Selain itu kebiasaan ini juga bisa membuat usus ikut terbelit.

6. Mandi

Suhu tubuh kita mengalami penurunan setelah makan. Jika kemudian bergeges mandi sesaat setelah makan, maka akan membuat suhu tubuh akan naik. Hal ini tentunya akan menyebabkan volume aliran darah pada saluran usus serta lambung menjadi berkurang, sehingga akan melemahkan fungsi lambung dan mengacaukan sistem percernaan.

7. Tidur

Terkadang kita sering mengantuk setelah makan, Namun demikian janganlah kemudian bergegas melelapkan tubuh anda. Kebiasaan tidur setelah makan menurut para ahli akan membuat makanan akan sulit dicerna. Selain itu juga  bisa membuat perut menjadi kembung dan menimbulkan peradangan.

Itulah beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari setelah makan, Jangan lewatkan artikel menarik lainnya tentang cara mengatasi nyeri persendiaan secara alami. Semoga bermanfaat, Salam Sehat.


Loading...