Agar Tubuh Cepat Langsing, Cobalah Diet Buah Mangga

Diet Buah Mangga - Jika anda ingin melakukan program diet dengan memaksimalkan kandungan nutrisi dari buah, maka anda bisa mencoba diet dengan buah mangga. Buah mangga adalah salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi untuk memaksimalkan usaha anda menurukan berat badan. Lantas bagaimana cara diet dengan buah mangga? dan bagaimana efek mengkonsumsi buah mangga untuk diet? Baca tulisan ini sampai tuntas agar anda mendapatkan informasi yang detail mengenai cara diet menggunakan buah mangga.

Apakah Mangga Membuat Gemuk

Pertanyaan ini seringkali terlintas dalam benak beberapa orang yang enggan mengkonsumsi buah mangga karena takut gemuk, jika anda salah satunya cobalah anda ketahui dulu beberapa manfaat buah mangga untuk diet berikut ini kemudian simpulkan apakah benar jika mengkonsumsi buah mangga bisa menjadi penyebab tubuh tambah gemuk.

Ketika anda menjalankan diet, maka konsumsi makanan yang kaya akan vitamin serat dan protein sudah menjadi sebuah kewajiban, Para ahli diet mengemukakan jika salah satu faktor kunci agar tubuh cepat langsing adalah bagaimana kinerja metabolisme tubuh anda. 

Untuk itu asupan makanan yang dapat mengoptimalkan metabolisme tubuh mutlak diperlukan agar program diet bisa berhasil. Makanan yang kaya akan serat dipercaya sangat baik untuk melancarkan metabolisme tubuh, salah satu sumber serat yang baik adalah dari buah mangga.

Manfaat Mangga Untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Agar Tubuh Cepat Langsing, Cobalah Diet Buah Mangga

Buah mangga ( Mangifera indica) sangat bermanfaat bagi tubuh kita, Buah yang satu ini banyak mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Jasleen Kaur seorang ahli gizi asal Jerman mengemukakan jika buah mangga termasuk buah yang bebas lemak,bebas kolesterol dan bebas garam sehingga termasuk salah satu buah yang baik dikonsumsi saat diet. 

Meskipun begitu mengkonsumsi buah mangga juga jangan berlebihan, sebab apapun yang anda konsumsi secar berlebihan efeknya kurang baik bagi kesehatan, begitupun halanya dengan makan mangga diatas batasan kalori dapat meningkatkan berat badan.

Oleh karena itu konsumsi buah mangga yang baik adalah dengan tetap memperhatikan batasan kalorinya. Lebih lanjut Kaur menjelaskan jika khasiat buah mangga untuk diet juga cukup banyak seperti :

Kaya akan antioksidan :  Buah mangga merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan antioksidan karena banyak mengandung beta-karoten,vitamin C dan kalium.

Beta-karoten adalah zat yang didalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi penting untuk fungsi retina). Beta-karoten dan Vitamin C nya tergolong antioksidan senyawa yang dapat memberikan perlindungan bebas dari kanker dan radikal bebas.

Mengandung banyak serat : Manfaat buah mangga dalam melangsingkan tubuh dipercaya karena kandungan seratnya yang tinggi,vitamin dan mineral yang menyehatkan. Ketika kita menjalankan program menurunkan berat badan, maka tubuh kita membutuhkan banyak energi.

Memberikan kecukupan energi : Buah mangga dapat memberikan kecukupan energi bagi tubuh tanpa memberikan efek gemuk untuk tubuh. Kandungan mineral dan mineralnya sangat diperlukan bagi tubuh yang sedang "berjuang" memangkas kelebihan lemak.

Mangga berukuran sedang dengan berat 200 gram memiliki 150 kalori. Kaur merekomendasikan untuk makan mangga 30 menit sebelum berolahraga agar Anda merasa berenergi.

Kandungan Vitamin C dalam buah mangga cukup banyak, dari 100 gram mangga masak terdapat vitamin C sebanyak 41mg. mangga muda bahkan memasok hingga 65 mg vitamin c. Hal ini mengindikasikan jika mengkonsumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil) maka kecukupa vitamin C dapat terpenuhi. Kecukupan vitamin C yang dianjurkan bagi pria dan wanita dewasa adalah pada kisaran 60 mg perhari.

Baik untuk pencernaan : Selain itu, khasiat lain yang diberikan oleh buah yang masih dari marga Mangifera ini adalah dapat membantu sitem pencernaan tubuh. Hal ini dikarenakan oleh adanya kandungan enzim dalam buah mangga yang dapat membantu proses pencernaan.

Jadi kesimpulannya jangan takut mengkonsumsi buah mangga, selama dikonsumsi dalam batasan normal, maka buah mangga tidak akan membuat tubuh anda gemuk justru sangat dapat membantu anda menurunkan berat badan.

Cara Diet Menggunakan Buah Mangga

cara diet menggunakan buah mangga

Berikut beberapa 8 cara efektif menurunkan berat badan dengan buah mangga

1. Porsi Yang Tepat 

Mangga bebas lemak, dan karenanya, Anda dapat dengan aman memakannya bahkan pada diet. Namun konsumsilah dalam porsi kecil dan jangan makan sebanyak-banyaknya. Satu porsi 100 mg bubur mangga matang hanya memiliki 60 kalori! Oleh karena itu, Anda bisa makan bubur mangga mentah jika Anda suka, asalkan itu dalam porsi yang lebih kecil.


2. Jangan Jadikan Sebagai Menu Makan Siang 

Klaur menjelaskan jika banyak orang India makan mangga dalam bentuk aam ras dengan makan siang. Aam ras memiliki banyak gula tambahan dan hanya meningkatkan asupan kalori secara keseluruhan dari makanan. Makan dengan makan siang dapat membuat Anda mengonsumsi lebih banyak kalori, tanpa melayani tujuan apa pun selain memuaskan gigi manis Anda.

3. Jadikan sebagai camilan

Nikmati secangkir bubur mangga matang sebagai camilan diet yang sehat alih-alih makan dengan makan siang. Mangga adalah makanan ringan yang luar biasa karena kaya serat makanan. Ini dapat membantu Anda menghindari kantong kerupuk yang tidak sehat atau makanan camilan goreng lainnya.

Jadi bagi anda yang sedang menjalani diet, buah mangga bisa menjadi alternatif cemilan buah untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anda. Dengan cita rasanya yang manis dan asam, buah mangga mampu memanjakan lidah.

4. Sebagai Sarapan

Satu porsi 100 mg bubur mangga memiliki 15-gm karbohidrat dan 14-gm gula, membuatnya berfungsi sebagai penambah energi. Hal ini menjadikan mangga sebagai makanan pra-latihan yang bagus. Nikmati beberapa mangga setengah jam sebelum pergi ke gym.

5. Hindari jus mangga yang dibeli di toko

Setiap produk mangga yang dikemas jelas telah menambahkan gula di dalamnya. Jadi, yang terbaik adalah menghindari produk-produk ini, karena mengandung lebih sedikit nutrisi dan lebih banyak gula sederhana. Baca juga 7 resep jus mangga yang bisa anda buat sendiri

6. Hindari menambahkan pemanis 

Mangga adalah buah yang sangat manis seperti itu dan saat makan itu tidak apa-apa bahkan ketika Anda sedang diet, menambahkan gula atau pemanis lain untuk itu pasti akan membuat Anda menumpuk kalori yang tidak perlu.

7. Makanlah mentah-mentah daripada membuat jus

Jus buah mangga menghilangkan serat dari itu, yang membuatnya kurang kenyang atau mengenyangkan. Makan mangga mentah akan lebih efektif untuk mendapatkan nutrsi yang lengkap.

8. Makan dengan kulit

Penelitian menunjukkan bahwa kulit mangga mengandung fitokimia yang mampu menghancurkan sel-sel lemak secara alami, sehingga mencegah terbentuknya sel-sel lemak dalam tubuh dengan cara yang baik. Pada saat yang sama, ini mempromosikan penghancuran ikatan peptida dan pembakaran lemak yang terbentuk di tubuh.

Panduan Diet Buah Lainnya :

Cara Diet Dengan Buah Alpukat
Cara Diet Pisang Yang Benar dan Ampuh Pangkas Lemak Lebih Banyak
Panduan Lengkap Diet Dengan Buah Pepaya

Manfaat Lain Buah Mangga Untuk Kesehatan

Mengurangi Rasa lelah

Jus mangga dapat mencegah panas dalam dan mengurangi lelah karena cuaca yang panas. Kandungan alami buah mangga seperti karotenid, Vitamin A dan C nya memiliki kemampuan yang baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Baik Untuk Kesehatan Mata

Satu porsi buah mangga menyediakan setidaknya 25% kebutuhan Vitamin A. Jadi buah mangga bisa dijadikan alternatif bagi anda yang tidak suka makan wortel.

Menurunkan kolesterol

Vitamin C yang tinggi serta terdapatnya pektin dan serat yang tinggi dalam buah mangga menjadikan buah yang satu ini menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi agar dapat menurunkan kolesterol dan menjada kesehatan jantung.

Itulah sekilas infomasi mengenai cara diet dengan buah mangga yang dapat kami sajikan dalam tulisan kali ini, diet dengan mangga dapat menjadi alternatif yang tepat bagi anda yang ingin menjalankan diet secara alami sehat. 
Loading...

Berlangganan update artikel terbaru via email: