Cara Diet Dengan Minum Teh Hijau Agar Pangkas Lemak Lebih Banyak


Loading...

Diet Teh Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan

Siapa yang tidak mengenal teh hijau. Teh yang satu ini banyak memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya dapat membantu membakar lemak sehingga bisa menurunkan berat badan.

Diet dengan teh hijau cukup populer dan direkomendasikan oleh seorang pakar nutrisi bernama Emilia E. Achamadi. Ia mengatakan jika manfaat teh hijau untuk diet cukup banyak karena memiliki komponen antioksidan bernama polifenol yang tidak hanya melindung tubuh dari radikal bebas namun juga sangat baik mempengaruhi penyerapan lemak lebih banyak.

Saat mengkonsumsi lemak berlebih, polifenol berfungsi memisahkan lemak dan enzim sehingga tidak langsung terserap oleh tubuh melainkan dikeluarkan lewat faeces. (lebih jelasnya silahkan baca artikel ini 5 Manfaat Teh Hijau Untuk Diet )

Cara Minum Teh Hijau Agar Pangkas Lemak Lebih Banyak

Ada banyak produk teh hijau untuk diet yang bisa anda gunakan untuk program diet, beberapa diantaranya sudah banyak tersedia di supermarket,indomare, alfamart dan swalayan lainnya. Beberapa diantaranya adalah teh hijau kepala jenggot. Harga teh hijau untuk diet  pun cukup murah karena di bandrol dikisaran 20 ribu rupiah hinggan 80 ribu rupiah.

Panduan dan Aturan Diet Teh Hijau Yang Baik dan Benar 

Menjalankan program diet dengan teh hijau pada dasarnya terletak pada bagaimana cara memaksimalkan kandungan nutrisi teh hijau untuk membantu menurunkan berat badan. Untuk itu tata cara minum teh hijau agar cepat kurus jelas perlu diperhatikan.

Dari berbagai hasil penelitian diet dengan minum teh hijau yaitu dengan minum teh hijau dua sampai enam kali sehari agar dapat menurunkan berat badan hingga 5 persen. Namun hal ini tentu perlu ditunjang dengan faktor lain agar manfaat teh hijau untuk diet ini bekerja secara maksimal, diantaranya adalah dengan menjaga pola makan dan rutin melakukan aktivitas olahraga.

Lantas bagaimana cara minum teh hijau agar cepat kurus ini ? berikut beberapa hal yang perlu anda pertimbangkan.

1. Waktu Yang Tepat Minum Teh Hijau Saat Diet

Aturan minum teh hijau untuk diet yaitu meminumnya setelah makan. Usahakan jeda satu jam setelah makan untuk meminum teh hijau tersebut. Masih jadi permasalahan tentang cara minum teh hijau  ini, Ada yang menganjurkan minum setelah makan dan tidak meminumnya saat keadaan perut kosong pada pagi hari.

Ada pendapat lain yang menyebutkan bahwa efek menurunkan berat badan lebih efektif jika teh hijau untuk diet di minum sebelum makan pada pagi hari dan malam menjelang tidur. Untuk Hal ini kami berpendapat dari pengalaman diet teh hijau yaitu bisa teh diminum sebelum makan bagi seseorang yang tidak memiliki gangguan pencernaan seperti masalah asam lambung atau maag.  ( BACA JUGA : Tips cara diet sehat dan alami bagi penderita maag)

2. Merk Teh Hijau Untuk Diet

Pada dasarnya semua merk teh hijau yang dijual dipasaran memiliki manfaat yang sama untuk menurunkan berat badan, namun jeni teh hijau Matcha sepertinya menjadi salah satu jenis yang paling baik.

Teh matcha untuk diet ini diyakini adalah jenis teh terbaik karena mengandung lebih banyak antioksidan yaitu 137 kali lebih banyak dibandingkan dengan teh hijau biasa. Selain itu teh hijau matcha juga mengandung nutrisi yang kaya dan lebih bermanfaat. Jika Anda ingin tahu merk teh hijau yang bagus untuk diet maka carilah produk teh hijau dengan bahan teh matcha.

3. Konsumsi Teh Hijau 3 -6 Kali sehari

Teh hijau untuk diet mengandung antioksidan yang tinggi yang disebut Epigallocatechin Gallate (EGCG) yang berguna meningkatkan metabolisme, membakar lemak dalam tubuh, dan mengurangi nafsu makan.

Dengan meminumnya setiap hari teh hijau bisa mempercepat proses turunnya berat badan. Namun, ada aturan cara minum teh hijau agar cepat kurus ini, sebaiknya Anda meminumnya antara 3 sampai 6 cangkir per hari jangan berlebihan. Jika lebih dari 6 cangkir bisa mendatangkan gangguan atau efek samping pada kesehatan. Diantara efek samping minum teh hijau terlalu banyak akan menyebabkan gangguan pencernaan seperti mulas.

7 Tips Diet Teh Hijau Agar Tidak Bosan Dan Mendapatkan Hasil Maksimal

Bagi anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi teh hijau agar tumpukan lemak di dalam tubuh bisa banyak terpangkas.

Menurunkan berat badan dengan teh hijau harus memiliki tips dan trik agar tidak membosankan dan hasilnya pun lebih cepat. Seperti dilansir dari laman Women's Health USA Berikut ini adalah cara mudah menurunkan berat badan dengan teh hijau untuk diet, yaitu: (Baca juga : Jenis teh yang bisa bikin tubuh langsing selain teh hijau)

1. Meminum Teh Hijau sebagai Kebiasaan


Seperti di Jepang mereka memiliki tradisi meminum teh hijau di beberapa kesempatan. Hal ini juga bisa kita terapkan agar diet kita berhasil. Biasakanlah mengganti minuman kita ketika sarapan, gunakan teh hijau sebagai asupan cairan kedalam tubuh. Selain waktu tersebut, siang hari dan malam sebelum tidur juga waktu yang pas untuk meminum teh hijau sebagai obat diet.

2. Pilih Teh Hijau Yang Masih Alami

Teh hijau yang telah melalui tahap proses dari pabrik pada umumnya sudah berkurang kandungan antioksidannya. Teh botol kemasan pada umumnya telah diberi gula dan perasa buatan, belum lagi campuran zat kimia lainnya sehingga yang terasa hanya air teh dan gula.

Bahkan bisa jadi kandungan kalorinya lebih  banyak ketimbang soda atau sari buah. Untuk itu pilihlah teh hijau yang belum diberi perasa dan pemanis tambahan, Pilihlan jenis teh hijau yang benar-benar alami.

3. Teh Hijau Panas Jauh Lebih Baik dari Teh Hijau Yang Dingin

Hal ini dibenarkan oleh Keri Glassman seorang pakar nutrisi. Keri mengatakan pada dasarnya teh hijau dingin atau teh hijau panas tetap merupakan minuman sehat. Namun teh hijau yang dicampur dengan es bisa mengurangi kepekatan dari teh sehingga menguragi khasiatnya.

Maka lebih baik mengkonsumsi secangkir teh hijau panas untuk memaksimalkan manfaatkan dalam menurunkan berat badan.

4. Tips dan Cara Penyeduhan

Teh terdiri atas banyak jenis, begitupun dengan cara menyeduhnya. Pakar teh bernama Ratna Somantri mengatakan teh seharusnya diseduh dengan air panas dibawah 100 derajat celcius. Penyeduhannya pun jangan terlalu lama yaitu 2-menit saja. Untuk teh hijau sendiri, suhunya bisa dikurangi atau idelanya 80-90 derajat celcius, agar aroma, rasa dan manfaat antioksidanya tetap maksimal.

5. Pilih Produk Yang Berkualitas

Jika anda membeli sebuah teh hijau ada baiknya anda memperhatikan merek yang teh yang anda beli. Sebaiknya anda memilih brand yang sudah terpercaya karena lebih terjamin kualitasnya. Produk teh hijau yang baik yaitu tidak mengandung bahan-bahan yang kurang penting yang bisa mengurangi manfaatnya. Tentunya pula hal ini akan sangat mempengaruhi harganya. Ada harga ada rupa.

6. Perhatikan Waktu Penyimpanan

Semakin segar daun teh makan rasa dan khasiatnya pun tentu lebih baik. Jangan menyimpan terlalu lama teh yang baru anda beli. Daun teh yang dikemas dalam kantung sebaiknya dihabiskan dalam waktu maksimal 6 bulan. lebih dari itu khasiat anti oksidannya makin berkurang.

7 . Minumlah Teh Hijau Sebagai Pengganti Lapar

Ini salah satu cara yang ampuh untuk program diet yang kita jalani. Nafsu makan yang kurang terkontrol dan bukan pada waktunya bisa mengakibatkan berat badan yang berlebihan, ketika hal ini terjadi kita bisa menggantikan rasa lapar tersebut dengan mengkonsumsi teh hijau.

Setiap kita merasa lapar, konsumsilah segelas teh hijau untuk menahan rasa lapar lebih lama sampai waktu makan datang. Untuk pertama kali kita melakukan program diet, ini mungkin akan terasa berat, namun dengan membiasakan makan di waktu yang telah ditentukan, lama-lama kita akan terbiasa. (Baca juga : 5 Cara Mudah Mengendalikan Nafsu Makan Saat Diet )

Menjalankan diet dengan teh hijau dapat menjadi cara diet yang cukup menyenangkan, Selain rasa yang nikmat, teh hijau terbukti ampuh membantu menurunkan berat badan. Dalam 150 ml (satu cangkir teh hijau) mampu membakar kalori 25-30 kalori. dan disetiap 250 ml memangkas 40 kalori tubuh. Meskipun tidak terlalu signifikan namun jika anda padukan dengan diet sehat dan olahraga yang rutin maka pemangkasan lemak tubuh tentu cukup membantu. Semoga bermanfaat, salam sehat dan mari langsing alami.


Loading...