Tips dan Cara Diet Food Combining Untuk Menurunkan Berat Badan


Loading...
Cepat Langsing Dengan Diet Food Combining - Mengacu pada penerapan pola makan yang seimbang demi mendapatkan hasil terbaik dalam menurunkan berat badan. Prinsip dasarnya adalah dengan mengikuti standar pola makan 4 sehat. Food combining tidak mencampurkan komsumsi karbohidrat dengan protein unsur hewani dengan jumlah sayang sama. Variasi menunya biasanya memadukan sayuran dan buah dengan porsi daging yang lebih sedikit. 

Diet food combining pertama kali dipopulerkan oleh dr.William Howard Hay- seorang ahli bedah dari AS ditahun 1920 sehingga sering juga disebut sebagi Hay System Diet. dr Hay berhasil mengembangkan dan membuktikan metode ini ketika ia mengidap penyakit kronis,jantung,ginjal dan tekanan dara tinggi. Dalam proses nya setelah 3 bulan menjalani food combining, tubuhnya secara perlahan-lahan menjadi sehat, bahkan 1/4  berat badannya turun yang tadinya hampir mencapai 100 kg.

Tips dan Cara Diet Food Combining

Hal-Hal Yang Diperhatikan Dalam Diet Food Combining

1. Buah dan sayuran yang jauh dari pestisida

Buah dan sayuran yang terkena pestisida tentu mengandung racun yang berbahaya bagi tubuh. Untuk itu sebaiknya memilih buah dan sayuran yang benar-benar alami tanpa penggunaan zat kimia. Jangan lupa pula untuk mencuci buah dan sayuran secara bersih dengan air mengalir sebelum di konsumsi.

2. Perbanyak konsumsi air putih (3 liter sehari)

Konsumsi air putih yang banyak setidaknya 3 liter sehari atau 8 gelas sehari sangat dianjurkan dalam diet food combing. Minumlah setidaknya 2 gelas air putih ketika bangun tidur dan selanjutnya penuhi kecukupan 8 gelas secara perlahan sepanjang hari. Air putih juga sangat penting menjaga tubuh terhindar dari dehidrasi.

Baca juga : kenali 6 faktor yang bisa merusak dan menghambat diet anda 

3. Menjalani diet food combining tidak dianjurkan berpuasa


Dalam buku Food Combining - Kombinasi Makanan Serasi karya Andang Gunawan dilakukan seperti pola makan biasa, namun variasi menu yang berbeda. Berikut contoh daftar menu diet food combining yang bisa anda coba :
  • Bangun tidur : minum dua gelas air putih dengan campuran lemon/jeruk nipis tanpa gula 
  • Sarapan dan menjelang makan siang : Konsumsi salad buah atau jus buah setiap dua jam atau ketika anda sedang lapar. Hindari buah seperti pisang,apukat,durian nangka atau makan buah yang masih mentah.
  • Makan siang : anda bisa mengkosumsi sup kacang merah + ayam goreng + salad buah atau bisa juga sayuran rebus + ikan yang ditim + salad mentimun. Pilih salah satu aja ya :)
  • Cemilan : segenggam kacang sangrai, atau susu kedelai 3/4 gelas atau jika tidak ada anda bisa mencoba yogurt tawar dengan campuran 1 sendok madu.
  • Makan malam : pilih salah satu dari menu nasi putih + sayur baledo terong + rebusan kangkung + lalapan mentah atau nasi putih + sayur asem + tahu/tempe + lalapan dengan sambal
Tiga Fase Utama Dalam Diet Food Combining 

1. Fase Pencernaan Pk 12.00-20.00

Fase ini merupakan waktu yang tepat untuk mencerna makanan seperti protein (4 jam) sayuran (2 jam) dan karbohidrat (4 jam). Waktu cerna untuk lemak yakni 6-8 jam olehnya itu konsumsilah lemak dalam jumlah yang terbatas, agar proses pencernaan makanan lain tidak terganggu. Agar lebih efektif sebaiknya berhenti makan minimal 1 jam sebelum jam 8 malam.

2. Fase Penyerapan Pk 20-00.04.00

Fase ini merupakan siklus dimana terjadi penyerapan sebagian zat makanan yang telah dicerna oleh tubuh. Proses ini juga berperan dalam pembagain zat makanan itu disebar keseluruh bagian tubuh. Oleh karena itu hindari tidur terlalu larut agar proses penyerapannya menjadi optimal dan tidak terganggu.

3. Fase Pembuangan Pk 04.00 - Pk 12.00

Fase ini merupakan fase pembuangan zat-zat sisa makanan yang tidak diserap secara maksimal oleh tubuh kita. Jadi jika anda merasa tidak nafsu makan di pagi hari, itu berarti tubuh anda masih dalam fase pembuangan ini, sehingga tubuh anda tidak terlalu memerlukan asupan makanan.

Itulah tips dan cara diet food combining untuk menurunkan berat badan yang bisa kami sajikan untuk anda kali ini,semoga menjadi referensi bagi anda untuk menerapkan pola diet yang sehat. Semoga bermanfaat. 
Sumber (duniafitnes.com)


Loading...