Inilah Efek Samping Minuman Softdrink Terhadap Kesehatan Ginjal


Loading...
Efek Samping Minuman Softdrink Terhadap Kesehatan

Soft Drink atau soda mungkin menjadi salah satu minuman menyegarkan yang banyak disukai oleh orang. Namun para pakar kesehatan sangat menganjurkan untuk menghindari sofdrink jika ingin tubuh tetap sehat. Minuman berkarbonsasi bahkan diklaim sebagai salah satu minuman pemicu timbulnya berbagai gangguan kesahatan seperti kanker,obesitas, dan gangguan ksehatan lainnya. Dalam sebuah studi menyebutkan jika kebiasaan minum dua gelas soda setiap hari meningkatkan resiko penyakit ginjal. Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit yang paling ditakuti selain kanker dan jantung. Oleh karena itu jika anda haus lebih minum air putih saja.

Efek Buruk Soft Drink Meningkatkan Resiko Gagal Ginjal

Simak bagaimana minuman softdrink bisa meningkatkan resiko gagal ginjal, seperti dilansir dari laman Boldsky, berikut ulasannya.

1. Sofdrink Mengandung Asam Fosfat Yang Tinggi, Penyebab Batu Ginjal

Sofdrink atau soda banyak mengandung asam fosfat dapat mengikat mineral lain seperti kalsium yang kemudian mengendap dalam ginjal. Inilah yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Batu ginjal yang semakin besar dan parah akan menyebabkan infeksi disaluran kemih.

2. Sofdrink Mengandung Pemanis Buatan Yang Menurunkan Fungsi Ginjal

Pada umumnya sofdrink menggunakan pemanis buatan. Pemanis buatan memberikan pengaruh buruk terhadap penurunan fungsi ginjal. Mengkosumsi dua gelas soda setiap hari akan menyebabkan peningkatan dua kali lipat kemungkinan penurunan fungsi ginjal.
3. Waspada Terhadap Kandungan Sodium dari Sofdrink

Sodium dalam softdrink merupakan jenis garam memicu peningkatan resiko gagal ginjal kronis. Penykit ini ditandai dengan melemahnya fungsi ginjal dalam menyaring racun dan toksin dalam tubuh sehingga penumpukan racun dalam darah ikut meningkat.

4. Kafein dalam Sofdrink Meningkatkan Tekanan Darah

Hampir semua jenis sofdrink mengandung kafein salah satu senyawa yang memiliki efek postif terhadap meningkatkan tekanan darah dan menurunkan fungsi ginjal. Hal ini terutama berkaitan dengan diet soda yang sangat jelas berkaitan dengan peningkatan tekanan darah. 

Selain itu sofdrink juga sangat berkaitan dengan penggunaan sirup jagung berfruktosa tinggi yang mengandung banyak kalori. Sirup jagung yang ditambahkan dalam soda juga ikut menyebabkan penyakit ginjal dan lonjakan tekanan darah karena fruktosa yang tinggi sangat erai kaitannya terhadap insulin dan penyakit obesitas.


Inilah efek samping minuman softdrink terhadap kesehatan ginjal. Ingatlah untuk tetap menjalani pola hidup yang sehat. Semoga bermanfaat.

Loading...