Makanan Diet Untuk Ibu Menyusui Agar Cepat Langsing


Loading...
Makanan Diet Untuk Ibu Menyusui Agar Cepat Langsing - Bagaimana cara diet bagi ibu menyusui menjadi sebuah pertanyaan yang kerap oleh ibu-ibu yang sedang menyusui dan sedang memikirkan cara menurunkan berat badan. Diet dan olahraga menjadi sebuah pilihan yang bisa dilakukan untuk melangsingkan tubuh setelah melahirkan. Namun karena kesibukan mengurus bayi, aktivitas ini kadang terasa sulit untuk dilakukan. 

Menurut seorang pakar kesehatan bernama Rita Ramayulis DCN, M.kes mengatakan jika sebenarnya ada cara mudah yang bisa dilakukan agar bentuk badan bisa kembali langsing seperti semula tanpa melakukan diet yang ketat.

Terdapat perbedaan yang cukup signifkan antara ibu menyusui dengan ibu yang tidak menyusui menyangkut pola makan, Jika pada ibu yang tidak menyusui bisa makan sebanyak dua hingga tiga kali dalam sehari dan selingi dengan cemilan sebanyak dua kali maka ibu menyusui harus makan lebih banyak. (Terkait : Panduan Diet Saat Menyusui, Lengkap !!! )

Melihat dari perbedaan itu, maka memilih menu makanan diet ibu menyusui yang tetap memberikan asupan nutrsi tapi tidak bikin gemuk perlu untuk dipertimbangkan.

Makanan Diet Untuk Ibu Menyusui

Menu Makanan Diet Ibu Menyusui

Lebih lanjut lagi, Rita mengungkapkan jika ibu menyusui minimal mengkonsumsi makanan sebanyak enam kali sehari, terhitung sejak sarapan,makan siang sampai makan malam. Untuk kedapannya sebanyak tiga sampai empat kali. Hal ini perlu dilakukan untuk menjaga produksi ASI agar tetap baik. (Baca juga : Resep jus diet untuk ibu menyusui)

Untuk itu pola makan untuk diet ibu menyusui perlu dilakukan dengan cara yang benar dan dikonsumsi secara tepat, meskipun makan banyak, namun dengan memilih menu makanaan yang tepat tidak akan membuat berat badan bertambah.

Dalam satu kali makan, menu makanan ibu menyusui haruslah mencakup sayuran,protein hewani atau nabati,karbohidrat serta buah yang mengandung banyak air seperti melon atau buah semangka.

Sementara dalam memilih kudapan, ibu menyusui bisa memilih penganan yang terbuat dari tepung, tapi ingat, jenis ini jangan memilih yang di goreng sebab banyak mengandung minyak dan lemak jenuh sehingga akan sulit membuat berat badan cepat turun.

Kacang-kacangan seperti almond,mete,atau kacang edamame bisa menjadi pilihan cemilan diluar jam makan.
"Setelah sarapan, pukul 10 pagi bisa makan selingan. Dilanjutkan pukul 3 sore, setelah makan malam misalnya pukul 8 malam. Ibu menyusui kan tengah malam juga kadang belum tidur, bisa juga makan kudapan lagi," tambahnya.
Lebih lanjut wanita berusia 43 tahun yang bekerja sebagai salah satu staf dosen di beberapa universitas di jakarta ini mengatakan jika ibu hamil dianjurkan untuk menghindari makanan yang banyak mengandung lemak. (Baca juga : Resep Makanan Rendah Lemak)

Karena lemak yang terdapat dalam makanan yang digoreng juga bisa menaikkan kadar low-density-lipoprotein atau lemak jahat yang bisa menghambat pembuluh darah serta berefek buruk bagi kesehatan secara umum. Intinya makanan yang banyak mengandung lemak jenuh kurang baik bagi kesehatan.
Menu Makanan Diet Untuk Ibu Menyusui
Berikut beberapa contoh menu makanan diet untuk ibu menyusui yang disarankan :

1. Sarapan Pagi
  • Bisa sarapan dengan campuran gandum dan 1/2 selai kacang
  • Bisa ditambah lagi dengan keju rendah lemak yang dimix dengan dengan selai buah
  • Minum minuman yang banyak mengandung vitaminD dan kalsium misalnya jus jeruk.
2. Makan jam 10 pagi

Anda bisa mencoba snack 30 ml yogurt rendah lemak atau ditambah dengan asupan14 wortel ukuran kecil

3. Makan siang

Makan siang dilengkapi dengan sayuran yang kaya akan nutrsi sodium, dan ditambah dengan satu buah apel besar

4. Makan sore (jam 4 )

Ngemil dengan sekotak kismis (40gram) atau dengan 22 kacang almond

5. Makan malam (jam 7 )

Anda bisa mengkonsumsi dada ayam (200 gr), sayuran bayam, kentang rebus, dilengkapi dengan dreassing yang terbuat dari minyak canola.

6. Cemilan malam ( jam 9)

Pilih desert yang mengandung 100-500 kalori.

Itulah ulasan mengenai makan diet untuk ibu menyusui agar cepat langsing yang dapat kami sajikan. Silahkan anda baca juga olahraga diet untuk ibu menyusui. Semoga bermanfaat.


Loading...