Anda Pelaku Diet Sehat ? Ini Loh 4 Manfaat Terbaik Minum Kopi Saat Diet


Loading...
Ada banyak manfaat minum kopi untuk kesehatan, selain baik untuk kulit dan kecantikan, kopi juga ternyata bagi untuk diet. Kandungan kafein dalam kopi dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Pakar diet menyatakan jika minum kopi sebelum olahraga akan sangat membantu proses pembakaran lemak.

Manfaat Minum Kopi Untuk Diet

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal Of Sport Nutrition and Exercise Metobolism memperkuat pendapat akan manfaat kopi untuk diet ini. Dalam jurnal tersebut mengemukakan juka banyak atlet yang minum secangkir kopi sebelum olahraga mampu membakar kalori 15% lebih banyak setelah 3 jam melakukan aktivitas olahraga.

Lantas seperti apa manfaat minum kopi saat diet ? Baca pemaparan seorang pakar diet bernama Cynthia Sass yang dilansir dari CNN berikut ini :

1. Kopi Dapat Membantu Sirkulasi Darah

Hasil analisa efek kopi terhadap sirkulasi darah terungkap dari sebuah penelitian di lakukan di Jepang. Penelitian tersebut meminta partisipan untuk minum kopi dengan takaran 5 ons setiap cangkir yang dibagi dalam dua jenis yakni regular dan decaffeinated (jenis kopi yang kandunga kopinya sudah dikurangi). Setelah para responden meminum kopi itu, dilakukan pemeriksaan terhadap peredaran darah mereka untuk mengetahui seberapa baik pembuluh darah bekerja.

Dan hasilnya menunjukkan jika partisipan yang mengkonsumsi kopi regular meningkat peredaran darahnya sebanyak 30% selama 75 menit jauh lebih banyak dibandingkan partisipan yang minum kopi jenis decaf. 

Peningkatan peredaran dan sirkulasi darah juga akan berefek pada peningkatan asupan oksigen untuk tubuh saat melakukan aktivitas fisik seperti olahraga. Sirkulasi darah yang meningkat juga akan membantu pernapasan dan meningkatkan knierja otot.

2. Kopi Dapat Mengurangi Sakit Otot

Rasa nyeri pada otot mungkin sering dialami bagi mereka pelaku fitnes pasca melakukan serangkain latihan. Rasa nyeri otot pada setelah melakukan olahraga ini dapat dikurangi dengan minum kopi.
Dalam penelitian yang dilakukan University of Illionis mengungkapkan jika minum satu jam sebelum latihan dapat mengurangi nyeri pada otot pasca melakukan aktivitas latihan dengan intensitas tinggi selama 30 menit.

Kafein dalam kopi akan membantu meningkatkan semangat saat latihan, meningkatkan kekuatan dan katahanan otot serta membantu otot agar terbiasa dengan gerakan yang intens selama latihan.

3. Kafein dalam Kopi bis jadi Bahan Bakar Bagi Otot

Journal of Applied Physiology mengungkapkan jika mengkonsumsi sedikit kopi setelah melakukan olahraga juga memiliki banyak manfaat. Kafein akan membantu mempertahankan stamina pasca olahraga.

Kombinasi antara kafein dan karbohidrat setelah melakukan olahraga akan meningkatkan glikogen ( penyimpanan glukosa) meningkatkan cadangan energi pada otot sampai 66%. Hal ini tentunya akan membuat tubuh tetap kuat dan stabil pasca latihan.

4. Kopi Dapat Membantu Ingatan dan Konsentrasi

Lain lagi dengan studi yang dilakukan oleh John Hopkins University yang mengungkap jika kafein dalam kopi akan membantu daya ingat selama 24 jam pasca dikonsumsi. Dampak postif kafein dalam meningkatkan daya ingat dan konsetrasi ini tentu dapat dimanfaatkan bagi mereka yang memilih latihan membakar lemak lainnya yang bersifat repetitif yang membutuhkan ingatan dan konsentrasi seperti aerobik, zumba ataupun juga yoga.

Itulah ulasan mengenai manfaat minum kopi saat diet. Namun perlu ditekankan jika minum kopi untuk diet tentulah harus dengan beberapa pertimbangan seperti takaran dan jenisnya. Anda bisa membacanya melalui artikel kami sebelumnya tentang cara minum kopi saat diet agar bantu pangkas lemak lebih banyak. Semoga bermanfaat, salam sehat dan mari langsing alami.

Loading...