4 Pola Makan Untuk Cepat Langsing Dalam Seminggu


Loading...
Pola Makan Untuk Cepat Langsing

Cepat langsing dalam seminggu pada dasarnya bisa anda raih dengan menerapkan pola diet yang benar, olahraga teratur, menjalankan pola makan yang benar dengan pemilihan porsi makan untuk diet yang tepat pula. Diet pada dasarnya adalah menjaga pola makan. Pola makan yang salah akan semakin membuat tubuh anda disesaki banyak lemak. Kebiasaan "asal makan" tanpa menghiraukan kandungan dan nutrisinya bukanlah pola makan yang sehat yang dianjurkan.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang topik pola makan untuk cepat langsing dalam seminggu ini, alangkah baiknya kita ketahui dulu alasan mengapa susah menurunkan berat badan berikut ini.
Tahukan Anda tentang alasan susah menurunkan berat badan ?

Penyebab kegemukan banyak disebabkan oleh faktor gaya hidup yang kurang sehat,konsumsi makanan yang banyak mengandung zat yang mengganggu metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang terganggu disebabkan oleh menumpuknya toksin atau racun dalam usus. Toksin dan racun ini bisa saja berasal dari radikal bebas atau makanan yang sering kita konsumsi sehari-hari. Toksin atau racun ini kemudian menumpuk dalam usus sehingga proses metabolisme tubuh menjadi tidak maksimal, hal ini akan berdampak pada proses pembakaran lemak menjadi energy akan terganggu. Bahkan apapun yang kita konsumsi jika proses metabolisme tubuh kurang baik maka semuanya akan menjadi lemak dan menumpuk dalam usus.
Lalu apa yang harus dilakukan ? 

Langkah Cerdas dan paling aman untuk mengatasinya adalah dengan detoksifkasi tubuh. Dengan Detoksifikasi maka organ-organ tubuh akan dibersihkan diperbaiki. Langkah awalnya dimulai dari usus. Ketika usus sudah dibersihkan makan organ-organ penting lainnya juga akan kut diperbaiki. Ketika proses detoksifkkasi tubuh berjalan dengan baik maka bisa anda imbangin dengan olahraga.Padukan pula dengan mengkonsumsi makanan-makanan organik yang penting untuk tubuh kita. Untuk lebih jelasnya silahkan anda kunjungi Cara Langsing Alami Dalam 20 Hari.

Menurunkan berat badan secara singkat diperlukan kedisiplinan tingkat tinggi. Ingatlah bahwa program diet menurunkan berat badan mananpun selalu erat kaitannya dengan kebiasaan hidup sehat yang hendaknya dilakukan dalam jangka panjang.

Salah satu kunci utama pola hidup sehat itu adalah pola makan. Lakukan 4 pola makan agar langsing ini agar diet anda bisa berhasil.

1. Tetap Merasa Kenyang, Hindari Makanan Olahan

Makanan olahan yang banyak dijajakan merupakan sumber penghasil lemak. Jika mengkonsumsi makanan olahan ini secara terus menerus membuat tumpukan lemak semakin menumpuk. Hal ini berarti anda sebaiknya mulai membiasakan diri makan banyak buah dan sayuran.

Menjalani diet rendah energi padat diperuntukkan untuk menurunkan asupan kalori,mengurangi rasa lapar namun membuat tubuh tetap merasa kenyang.

Mengkonsumsi banyak buah dan sayuran bisa menjadi pilihan agar lebih cepat kenyang tanpa mengkonsumsi banyak kalori. Protein dan karbohidrat memiliki 4 kalori per gram; lemak memiliki 9. Serat memiliki antara 1,5 dan 2,5 kalori dan, tentu saja, air memiliki 0.

Selain sayuran dan buah, anda bisa mencoba biji-bijian,susu rendah lemak dan daging tanpa lemak. Cara yang paling sederhana adalah menghindai makanan olahan (junkfod).

2. Coba Makan 5 Kali Sehari


Pola Makan Untuk Cepat Langsing

Makan 5 kali sehari yang dimaksudnya tentulah memiliki aturan tersendiri. Makan 3 kali dalam porsi yang lebih kecil ngemil makanan sehat. Ingatlah jika makanan anda harus lebih kecil porsinya tetapi anda tetap merasa kenyang. Dalam laman nutrition.org menyebutkan bahwa pendapat sains akan hal ini menjelaskan bahwa :

Ketika kita makan, efek termal makanan (atau TEF) kita meningkat. Sebuah TEF yang tinggi meningkatkan metabolisme kita, mengurangi rasa lapar, dan akhirnya mengarah pada penurunan berat badan.Karena Anda lebih sering makan, makanan Anda harus ukuran porsi yang lebih kecil. Anda tidak makan lebih; Anda hanya membaginya dalam sehari.

Makanan ringan Anda harus sehat dan dalam ukuran porsi yang sehat. Ngemil dengan buah-buahan, kacang-kacangan, atau yogurt rendah lemak. Jika penjatahan dan waktu adalah masalah, takar dahulu kadar makanan ringan Anda dan tempatkan dalam kantong yang dapat ditutup kembali. Anda tidak akan makan terlalu banyak dan Anda dapat mengemil satu sambil pergi ke tempat kerja.

3.  Porsi Makan Untuk Diet 

Banyak orang yang menghindari karbohidrat saat diet, padahal cara ini sangat tidak dianjurkan, bahkan ada pula yang  beranggapan diet tanpa makan nasi bikin cepat langsing. Anggapan ini sangat konyol, yang terpenting dalam diet adalah porsi makan anda.

Standar porsi makan orang dewasa harus makan 3 ons atau 90gr protein 1/2 cangkir (87,5gr) pati dan 1 cangkir (175gr) sayuran per makanan.

Dalam hitungan ini menjelasakan bahwa mengkosumsi makanan apa saja lebih dari apa yang dibutuhkan tubuh hanya akan menambah berat badan. Namun pahami juga mengkonsumsi makanan yang kurang dari apa yang dibutuhkan tubuh juga akan menyebabkan kenaikan berat badan atau membuat berat badan tidak berubah sama sekali.

Hal ini jelas jika pola makan yang seimbang benar-benar sangat berpengaruh terhadap kenaikan berat badan. Asupan makanan bernutrisi yang lengkap dan seimbang akan berdampak pada proses metabolisme tubuh. Ingatlah jika pembakaran lemaks sangat dipengaruhi oleh sistem metabolisme tubuh kita, normal atau tidak.

Lantas Seperti apa porsi makan untuk diet yang benar agar dapat menurunkan berat badan?


Salah satu faktor penting untuk membuat pembagian porsi makan yang baik dalam sehari adalah dengan pemahaman mengenai mengenai kebutuhan asupan kalori yang dibutuhkan tubuh per harinya.

Kebutuhan kalori dalam tubuh banyak dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti,usia, tinggi badan, aktivitas fisik harian dan juga tentu nya berat badan. Lalu kebutuhan kalori tersebut kemudian dibagi kedalam masing-masing waktu makan yaitu saat makan pagi atau sarapan, makan siang dan juga makan malam.

Pada umumnya pembagian kebutuhan kalori ini di bagi kedalam 4 bagian yakni :

- 20% dari total kalori harian untuk jatah sarapan pagi
- 30% dari total kalori harian untuk jatah makan siang
- 25% dari total kalori harian untuk jatah makan malam
- Sisanya 30% untuk makanan ringan yang dibagi kedalam 3 bagian pula yaitu 10%/sekali anda mengkonsumsi camilan.

Contohnya, jika kebutuhan kalori harian anda adalah 2000 kalori maka anda hanya boleh menghabiskan 400 kalori saat sarapan, 600 kalori saat makan siang, dan 500 kalori saat makan malam. Sisanya sebanyak 500 kalori adalah jatah camilan anda yang dibagi kedalam 3 kali konsumsi dalam sehari.

Pembagian Porsi Makan, Makanan pokok, Lauk pauk, dan sayuran dalam satu kali makan.


Berdasarkan pedoman gizi seimbang hasil peraturan Kementerian Kesehatan RI tahun 2014, ada baiknya tidak mengambil nasi atau lauk pauk seenaknya, sebab dalam pedoman itu dijelaskan berapa banyak nasi dan lauk pauk dalam satu porsi makan.

Berikut adalah panduan piring makan yang harus Anda lakukan jika menginginkan diet berhasil tercapai:

  • Sayuran. Isikan sepertiga bagian piring makan Anda dengan sayur. Sesuai dengan anjuran, Anda harus mengonsumsi sayuran sebanyak 250 gram dalam sehari, sehingga untuk satu kali makan Anda harus menghabiskan sedikitnya 100 gram. Ukuran 100 gram sayur setara dengan satu gelas belimbing sayur yang sudah matang dan ditiriskan.
  • Buah-buahan. Untuk buah, mempunyai jatah di dalam piring makan Anda sebanyak seperlima bagian. Sebenarnya kebutuhan buah yang Anda perlukan sekitar 150 gram. Jadi, Anda dapat mengonsumsi 50 gram setiap kali makan berat. Ukuran 50 gram buah setara dengan satu buah pisang atau dua jeruk medan yang berukuran sedang.
  • Makanan pokok. Jatah makanan pokok sebanyak sepertiga bagian piring, sama seperti porsi sayur yang Anda makan, yaitu sekitar sepertiga bagian dari piring makan. makanan pokok tidak hanya nasi saja, namun Anda juga bisa memilih makanan lainnya jika bosan dengan nasi, seperti kentang, mie, bihun, ubi, singkong dan sebagainya.
  • Lauk-pauk. Sementara sisa bagian piring yang masih kosong, Anda dapat mengisinya dengan berbagai jenis lauk-pauk yang terdiri dari protein hewani dan nabati. Masing-masing sumber protein hewani dapat Anda konsumsi sebanyak satu porsi.

4. Minumlah Air Putih Lebih Banyak

Konsumsi setidaknya 2 liter air putih setiap hari. Mulailah membiasakan diri minum satu gelas air putih sebelum tidur dan bangun tidur, tambahkan 2 gelas air putih sesaat sebelum anda makan.
Cara ini terbilang efektif membantu menurunkan berat badan secara cepat. Air putih memberi fungsi detoks atau membersihkan racun dari tubuh.

Selain itu mengkonsumsi lebih banyak air putih memberikan sensasi lebih kenyang bahkan sebelum anda memulai makan.Kecukupan air putih bagi tubuh juga sebagai sumber energi dan menghidarkan tubuh dari dehidrasi.

The Institute of Medicine menyebutkan jika pria dan wanita yang ingin menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu cobalah mengksonsumsi air putih 3,7 liter (pria) dan 2,7 liter (wanita) dalam sehari termasuk air yang terkandung dalam makanan dan minuman lain seperti jus.

4 pola makan untuk cepat langsing di atas tentulah membutuhkan konsistensi dan tingkat kedisplinan dari diri anda. Agar mendapatkan hasil yang jauh lebih maksimal, tentunya olahraga menjadi poin yang wajib anda perhatikan. Semoga bermanfaat, salam sehat dan mari langsing alami.


Loading...