Tips Jogging Yang Baik dan Benar Untuk Kuruskan Badan


Loading...

Manfaat Jogging Untuk Menguruskan Badan

Jogging merupakan aktivitas fisik yang paling murah dan praktis sebagai salah satu pilihan olahraga yang efektif membakar lemak dan membantu program menurunkan badan.

Selain nyaris tanpa alat, jogging bisa dilakukan oleh siapa saja, dimana saja dan praktis tanpa biaya. Manfaat jogging bagi kesehatan selain dapat meningkatkan kesehatan jantung, juga dapat memperlancar peredaran darah dan menjaga kolesterol. Bagi para pelaku diet, manfaat jogging yang paling utama tentu saja untuk membakar lemak agar tubuh cepat kurus dan langsing.

Namun jika selama ini anda sudah sering melakukan jogging, namun belum terlalu nyata dampak dari yang anda peroleh terkait dengan penurunan berat badan, mungkin ada yang salah dengan cara jogging anda. Untuk itu agar jogging anda bisa membakar lemak secara efektif, anda bisa mencoba tips cara jogging yang benar untuk kuruskan badan berikut ini.

cara Jogging Yang Benar Untuk Kuruskan Badan

Cara Jogging Yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan

Agar jogging bisa menurunkan berat badan secara optimal, maka  anda perlu melakukan beberapa langkah berikut ini.

1. Atur Ritme Pernapasan Anda

Cara jogging yang benar yang perlu anda lakukan adalah dengan mengatur ritme nafas. Yang perlu anda perhatikan adalah, tubuh harus merasa nyaman saat menarik dan membuang nafas. jangan sampai anda merasa berat bernafas bahkan sampai tersengal.

Mengatur kecepatan 6-8 km perjam sangat disarankan. Jogging dalam intensitas yang sedang, dapat anda lihat dari kemampuan anda bercakap-cakap meskipun dalam kondisi lari. Inilah indikator penting yang membedakan antara berlari dan jogging.

2.  Denyut Nadi

Langkah jogging yang baik yang kedua adalah dengan memperhatikan denyut nadi. Ketika anda sedang jogging, denyut nadi adalah 64-76 persen dari denyut nadi masksimal.
Cara mudah untuk mengetahuinya adalah dengan 220 dikurangi jumlah usia, itulah denyut nadi maksimal anda.

3. Aktivitas Jogging

Lakukan aktivitas jogging yang aman. Usahakan melakukan peregangan sebelum anda melakukan jogging. Lakukan peregangan sekitar 3-5 menit kemudian lanjutkan dengan pemanasan dengan jalan cepat sekitar 5-6 km perjam, Setelah itu barulah anda jogging.

4. Pendinginan

Lakukan pendinginan setiap kali anda selesai jogging. Caranya adalah dengan melakukan jalan cepat selama kurang lebih 5 menit kemudian lanjutkan dengan melakukan peregangan.

5. Lakukan secara teratur

Cara jogging yang benar untuk menurunkan berat badan adalah dengan melakukannnya secara rutin dan teratur agar manfaatnya bisa anda rasakan secara optimal.

Lakukan jogging setidaknya 150 menit per minggu atau dengan aturan jogging 3 kali seminggu dengan waktu 30 menit atau melakukan 5 kali jogging dengan waktu 50 menit per sekali jogging. 
Jika anda baru lagi akan melakukan jogging setelah istirahat dalam tempo yang sangat lama, lakukan jogging dengan aturan 1 menit jogging, 7 menit jalan secara selang seling. Barulah kemudian anda tingkatkan dengan 5 menit jogging dan 1 menit jalan.

6. Minum Air putih

Melakukan jogging tentu akan mengeluarkan banyak keringat oleh karena itu anda perlu memperhatikan kecukupan akan cairan. Ketikan anda jogging berhentilah sejenak sekitar 15-20 menit dan minum air sekitar 250 cc. Jangan lupa minum air putih 30 menit sebelum jogging dan setelah anda melakukan jogging.

Itulah tips cara jogging yang baik dan benar untuk kuruskan badan. Lakukan secara konsisten dan imbangi dengan menerapkan pola makan yang sehat agar usaha anda menurunakan berat badan demi cita-cita mendapatkan tubuh langsing yang maksimal dapat segera terwujud. Selamat mencoba.


Loading...