Panduan Cara Makan Yang Baik Agar Perut Tidak Buncit


Loading...
Cara Makan Yang Baik Agar Perut Tidak Buncit - Perut buncit terkadang menjadi sebuah masalah yang serius bagi banyak orang yang mengalaminya. Tumpukan lemak yang berlebih di area perut yang membuatnya makin membuncit tentu akan menggangu aktivitas.

Cara Makan Yang Baik Agar Perut Tidak Buncit

Namun bukan hanya itu, perut buncit yang menjadi salah satu indikator dari kegemukan bisa menjadi ancaman yang cukup serius karena bisa memicu berbagai penyakit berbahaya lainnya. Oleh karena itu mengecilkan perut buncit bisa menjadi salah satu upaya yang bisa menekan resiko berbahaya yang bisa di timbulkan.

Ada banyak penyebab yang bisa memicu perut buncit. Namun pada kebanyakan kasus pola hidup yang tidak sehat menempati peringkat yang pertama. Bahkan pola makan yang salah bisa saja menjadi penyebab perut makin lama semakin buncit. 

Untuk menghilangkan perut buncit secara alami, ada baiknya anda mulai memperbaiki cara makan anda. Ini bisa menjadi awal yang baik sebagai upaya anda menghilangkan penimbunan lemak belebih di bagian perut.

Panduan Tata Cara Makan Yang Baik Agar Perut Tidak Buncit

1. Perbaiki Pola Pikir Anda 

Diet memang selalu erat kaitannya dengan menjaga pola makan, tapi bukan berarti saat menjalankan diet anda harus menyiksa diri dengan menghindari banyak jenis makanan. Untuk itu anda perlu memahami jika diet yang sehat pada dasarnya adalah bagaimana mengubah pola makan anda yang tadinya menyantap banyak makanan yang tidak sehat dan menggantinya dengan asupan makanan yang kaya nutrisi. 
Tubuh memerlukan makanan sebagai sumber energi, jadi saat anda diet anda tetap perlu menyuplai tubuh anda dengan makanan. Pilih makanan dengan karbohidrat yang kompleks, kaya protein, dan serat agar metabolisme tubuh anda tetap terjaga. 


2. Kunyah Makanan Anda Secara Perlahan

Cara makan yang baik agar perut tidak buncit adalah dengan mengunyah makanan secara perlahan. Jangan makan dengan cepat. Tubuh membutuhkan waktu untuk memproses makanan yang untuk dicerna dengan baik.

Makan terlalu cepat justru akan membuat proses mencerna makanan menjadi berguna. Yang paling baik adalah sediakan 20 menit waktu anda untuk makan.


Cara ini juga sangat efektif membuat anda tidak cepat lapar, karena anda tentu akan sangat menyadari jika perut anda sudah full terisi. Ada baiknya anda berhenti ketika 3/4 bagian perut anda sudah terisi. Sisakan bagian lainya untuk cairan dan udara.

3. Gunakan Piring Kecil

Cara ini akan efektif terkait dengan porsi makan anda. Dengan menggunakan piring kecil anda tentu akan lebih mengurangi porsi makan yang besar. Cara terbaik isi setengah piring anda dengan sayur, seperempat lainnya dengan protein. Lakukan cara makan ini dimana pun anda sedang bersantap.

4. Kontrol Makan Anda Saat Akhir Pekan

Ada banyak orang yang biasanya tidak bisa mengontrol nafsu dan porsi makan nya ketika memasuki masa liburan dan akhir pekan. Hal ini tentu saja kurang baik karena penimbunan lemak semakin meningkat. Untuk itu kontrol dan perhatikan porsi makan anda saat akhir pekan. 
Anda bisa mensiasatinya dengan memilih liburan di luar rumah seperti hiking, selain menyehatkan liburan di luar rumah tentu akan menghindarkan pikiran anda tidak melulu memikirkan makanan. 

5. Jangan Lewatkan Jam Makan

Melewatkan jam makan menjadi salah satu cara makan yang salah yang kerap dilakukan banyak orang, ini justru akan memicu perut makin buncit karena akan mengacaukan sistem metabolisme tubuh. Metabolisme tubuh yang kurang baik akan membuat proses pembakaran lemak juga kurang optimal, sehingga potensi tubuh menimbun lemak jauh lebih tinggi.

Maka terlalu sering pada saat anda diet pada dasarnya tidak salah, asalkan dengan porsi dan asupan yang benar. Saat anda lapar, anda bisa mencoba ngemil buah atau mengkonsumsi sereal sehat. Untuk malam hari sebaiknya jangan makan di atas jam 7 malam.

Ulasan cara makan yang baik agar perut tidak buncit di atas tentu akan lebih optimal jika anda mengimbanginya olahraga dan selektif memilih asupan yang sehat. Semoga bermanfaat !


Loading...