8 Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Fast Food


Loading...
Anda lagi diet ? Tapi sulit menghindari kebiasaan ngemil yang tidak sehat? Atau malah anda sudah kecanduan fast food? Jika ini yang anda alami, cara sederhana berikut mungkin bisa menjadi referensi dan solusi bagaimana cara mengatasi mengatasi kecanduan fast food agar program diet bisa berhasil dan memberikan hasil yang maksimal.

Pada dasarnya menghentikan mengkonsumsi fast food bukan hanya ketika anda lagi berdiet, di saat anda sudah memiliki berat badan yang ideal pun ada baiknya anda tidak lagi membiasakan diri mengkonsumsi junkfood.

Cara Mengatasi Kecanduan Fast Food

Ada fakta yang menarik mengenai kegemaran mengkonsumsi fast food, dimana dampak buruknya bukan hanya pada kesehatan fisik tapi juga terkait dengan kondisi psikologis, dengan kata lain ada kaitan dan relasi yang cukup kuat antara kebiasaan mengkosumsi fast food dengan pikiran berat yang terkait dengan depresi.

Fakta di atas menjadi sebuah penemuan dari penelitian yang dilakukan oleh University of Las Palmas de Gran Canaria dan University of Granada, yang menemukan jika terdapat kaitan yang sginifikan akan kemungkinan terjadinya depresi sebagai akibat dari kegemaran mengkonsumsi fast food.

Penelitian tersebut menemukan jika tingkat kemungkinan terserang depresi bagi orang yang memiliki kegemaran atau bahkan kecanduan fast food adalah 51% lebih tinggi jika dibandingkan dari mereka yang tidak pernah mengkonsumsi fast food.

Mereka mengungkapkan bahwa partisipan yang suka mengkosumsi fast food kebanyakan adalah lajang yang kurang aktif dan memiliki pola makan yang buruk. Mereka bahkan jarang makan sayuran,buah dan makanan-makanan sehat lainnya. Memiliki kebiasaan merokok dan bekerja 45 jam perminggunya.

Fakta lain yang ditunjukkan dari penelitian tersebut yakni menunjukkan adanya hubungan antara perilaku dan gaya hidup yang tidak sehat dengan kegemaran mengkonsumsi fast food. Hal ini tentu akan berdampak negatif dan merupakan ancaman yang cukup besar terhadap kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Dari berbagai sumber menyebutkan kebanyakan fast food biasanya mengandung berbagai unsur kimia berbahaya yang terdapat dalam pewarna,perasa dan pengawet yang biasanya di campur ke dalam produk fast food. Bahan-bahan kimia telah dibuktikan dalam penelitian yang memiliki efek negatif dan menimbulkan efek candu jika terus-terusan di konsumsi.

Salah satu dampak buruk dari kegemaran mengkonsumsi fast food adalah menimbulkan resiko obesitas (kegemukan), dan beberapa penyakit berbahaya lainnya seperti jantung, kanker, artritis, asma, diabetes, stroke dan liver.

Dari berbagai dampak buruk yang bisa ditimbulkan itu, maka sudah saatnya untuk menghentikan kegemaran mengkonsumsi fast food agar anda bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih sehat.


Tips Bagaimana Menghentikan Kebiasaan dan Kegemaran Mengkonsumsi Fats Food

Jika anda adalah salah satu penggemar fast food dan memiliki hasrat untuk bisa menghilangkan kebiasaan dan kegemaran mengkonsumsi fast food beberapa tips berikut setidaknya bisa anda coba.

1. Awali Dengan Membangun Pemahaman Akan Kandungan Gizi dari Apa Yang Anda Makan

Cara Mengatasi Kecanduan Fast Food

Cara awal untuk mengatasi kecanduan fast food yakni dengan membangun pemahaman dan rasa ingin tahu mengenai kandungan gizi dari apa yang anda konsumsi. Dengan cara ini makan secara otomatis anda akan jauh lebih mudah mengontrol keinginan untuk membeli fast food.

Contohnya misalnya saat anda dihadapkan antara dua pilihan, mengkonsumsi roti selai kacang ataukah mengkonsumsi ayam goreng cepat saji. Disaat anda tahu jika selai kacang mengandung tiamin yang baik bagi kesehatan otak dan anda juga paham jika ayam goreng cepat saji mengandung karsinogen atau zat yang dapat menyebabkan kanker dengan mengubah asam deoksiribonukleat (DNA) dalam sel tubuh.

Nah dengan mengetahui beberapa kandungan dari makanan yang hendak anda konsumsi tentu anda akan lebih memilih makanan yang sehat bukan? Seperti contoh diatas, anda pasti lebih memilih selai kacang ketimbang ayam goreng cepat saji.

2. Bangun Niat dan Tekad Yang Kuat

Menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi junk food

Setelah anda membangun pemahaman dan pengetahuan mengenai dampak negatif dari mengkonsumsi fast food, satu hal yang paling utama yang perlu anda miliki adalah niat. Niat dan tekad yang kuat mutlak anda miliki. Sebab tanpa itu maka kecil kemungkinan anda bisa mengurangi kegemaran mengkonsumsi fast food.

3. Mulai dengan Menghindari Tempat-tempat yang menyediakan Fast Food

Jika sudah memiliki tekad yang kuat untuk menghilangkan kebiasaan mengkonsumsi fast food, maka hal langkah selanjutnya adalah mulai mengurangi intensitas atau menghindari kunjungan anda ke beberapa tempat yang menyajikan makanan cepat saji.

4. Keterlibatan teman dan Keluarga akan sangat membantu

Ada beberapa tipe orang yang susah mengontrol diri. Jika anda termasuk kedalam tipe ini, tidak ada salahnya melibatkan teman atau keluarga untuk membantu. Keterlibatan teman dan keluarga tentu sangat efektif untuk membangun kembali tekad anda ketika tiba-tiba anda merasa "kalah" dengan godaan kentang goreng, atau sepiring burger dari restoran saji langganan anda. Dengan dukungan dari orang-orang terdekat anda akan lebih merasa jika anda tidak berjuang sendiri, ada banyak orang yang selalu mendukung usaha anda untuk menghilangkan kecanduan akan fast food.

5. Sedikit ubah haluan dengan memilih makanan sehat

8 Cara Ampuh Mengatasi Kecanduan Fast Food

Mengalihkan kebiasaan mengkonsumsi fast food ke sajian makanan yang jauh lebih sehat seperti buah dan sayuran lambat laun akan menekan kecanduan akan fast food yang anda alami. Mungkin terkesan berat di awal, namun jika anda sudah merasa terbiasa maka dengan sendirinya anda kan lebih memilih dan mementingkan kesehatan anda dengan mengkonsumsi makanan sehat ketimbang memilih fast food.

6. Bergaul dengan mereka yang cinta makanan sehat

Banyak banyak orang sudah sejak dulu menjalani pola hidup yang sehat. Tidak ada salahnya anda mulai membuka diri dan membangun ikatan persahabatan dan pergaulan dengan mereka. Bergaul dengan mereka yang senantiasa mengkonsumsi makanan sehat tentu akan memberi pengaruh positif terhadap usaha anda untuk mengatasi kegemaran anda dengan fast food. Selain itu anda juga akan lebih termotivasi untuk ikut menerapkan kebiasan-kebiasaan dan pola hidup sehat yang mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

7.  Jika Perlu buat daftar dan rencanakan menu makanan anda

Ada banyak alasan mengapa banyak orang lebih memilih mengkonsumsi fast food, salah satunya adalah karena mereka tidak punya waktu untuk berbelanja ke toko buah dan sayur, ada pula yang beralasan jika mereka sudah benar-benar ketagihan sampai tahap kecanduan terhadap fast food sehingga mereka enggan beralih ke makanan lain.
Apapun alasan yang membuat anda terbiasa mengkonsumsi fast food ada cara untuk menghilangkan kebiasaan itu, salah satunya adalah dengan merencanakan menu makanan yang akan anda konsumsi sehari-hari. Ada baiknya anda mulai merencanakan menu makan anda mulai dari pagi hingga malam hari.
Jika anda terkadang diharuskan lembur di kantor dan tidak sempat pulang makan malam, anda bisa mensiasatinya dengan membawa bekal dari rumah sehingga anda tidak perlu keluar ke restoran cepat saji.
Kesibukan bukanlah alasan pembenaran yang kemudian "melegalkan" keinginan anda untuk mengkonsumsi fast food secara berlebihan dan tidak terkontrol.
Sesibuk apapun aktivitas anda, berusahalan untuk menyempatkan waktu menyiapkan makanan anda sendiri atau minimal memilih makanan yang jauh lebih sehat. Manfaat yang anda rasakan bukan untuk orang lain, melainkan untuk anda sendiri.

8. Konsisten merupakan hal wajib

Jika anda sudah mampu melakukan beberapa poin di atas, maka langkah selanjutnya untuk membantu anda mengatasi kecanduan fast food adalah dengan melakukannya secara konsisten. Segala sesuatunya tentu memerlukan proses dan tidak instan. Jadi konsisten dan disiplin yang tinggi perlu anda tanamkan dalam diri anda.

Beberapa cara diatas memang bukalah sebuah panduan baku yang tidak serta merta akan langsung membuat anda berhenti mengkonsumsi fast food, namun intinya adalah bagaimana mengedukasi diri sendiri akan pentingnya menerapkan pola hidup sehat, memilih makanan yang sehat. Memberikan pemahaman akan diri sendiri mengenai dampak yang ditimbulkan oleh kebiasaan mengkonsusmi makanan-makanan yang kurang sehat, serta mengeduksi diri sendiri mengambil keputusan untuk menghentikan kebiasaan-kebiasaan buruk itu.

Proses adalah segalanya dan niat yang kuat adalah kuncinya. Itulah beberapa tips dan cara mengatasi kecanduan fast food yang dapat kami sajikan kali, semoga memberikan referensi berharga buat anda. Semoga bermanfaat. Salam sehat


Loading...