Cara Jitu Meningkatkan Metabolisme Tubuh Saat Diet


Loading...
Ada banyak orang yang rela melakukan cara-cara instan seperti sedot lemak dan mengkonsumsi obat-obatan demi mengurangi tumpukan lemak dalam tubuhnya. Padahal untuk membakar lemak sebagai rangkaian dari proses diet, ada cara yang lebih aman yaitu dengan meningkatkan kinerja dari metabolisme tubuh kita.

Metabolisme tubuh adalah sebuah proses dari kinerja tubuh untuk membakar lemak. Meningkatkan metabolisme tubuh untuk diet sama halnya meningkatkan pembakaran kalori. Metabolsime tubuh yang baik maka tubuh anda akan memiliki kecukupan energi yang membuat tubuh lebih fit, sehat, bugar dan berat badan bisa di kontrol.

Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh Saat DietApa itu Metabolisme Tubuh  dan Kaitannya Dengan Pembakaran Lemak 

Metabolisme tubuh adalah sebuah istilah yang berasal dari Yunani yang berarti transformasi atau perubahan. Secara sederhana metabolisme tubuh diartikan sebagai proses pembakaran kalori untuk menghasilkan energi bahkan berfungsi untuk memperbaiki sel yang rusak dan membersihkan toksin atau racun dalam tubuh.

Karena metabolisme tubuh erat kaitannya dengan energi, dan sementara energi sangat di butuhkan oleh tubuh agar tetap hidup maka kecukupan energi dari nutrisi yang terkandung dari makanan yang anda konsumsi memiliki peran yang cukup besar.

Jadi yang perlu digaris bawahi ketika anda menjalankan diet, dan usaha membakar lemak lebih efektif dan aman, bukanlah terletak pada seberapa banyak porsi makan yang anda kurangi. Sebab diet yang menyarankan anda mengurangi porsi makan justru akan menghambat metabolisme tubuh anda, dan tentunya berefek buruk terhadap kesehatan.

Diet yang baik dan sehat yang banyak disarankan adalah bagaimana mengganti asupan makanan yang kaya akan nutrisi untuk anda konsumsi agar tetap memenuhi kecukupan dan kebutuhan tubuh anda terhadap energi.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Metabolisme Tubuh


Kita kesampingkan dulu faktor genetik, sebab faktor genetik juga erat kaitannya dengan tingkat metabolisme seseorang. Yang hendak kita bahas pada tulisan ini adalah beberapa poin penting yang sangat berperan besar pada sistem metabolisme tubuh yaitu :

1. Otot

Komposisi otot yang dimiliki tiap orang sudah barang tentu berbeda, seseorang yang memiliki banyak otot maka semakin tinggi pula metabolisme tubuhnya dan semakin banyak pula lemak yang yang digunakan sebagai energi.

2. Pola Makan

Pola makan juga berpengaruh pada metabolisme tubuh. Semakin tinggi frekuensi makan anda maka semakin baik untuk menjaga metabolisme tubuh, menjaga kadar gula.

3. Aktivitas

Aktivitas tubuh yang lebih sering akan membuat tubuh pembakaran kalori juga lebih sering. Begitupun sebaliknya jika aktivitas tubuh yang rendah maka pembakaran kalori juga ikut rendah dan memiliki potensi menimbun banyak lemak. Olehnya itu aktivitas fisik yang lebih sering dengan olahraga sangat disarankan bagi anda agar timbunan lemak dalam tubuh tidak semakin "membengkak".

4. Pikiran

Pikiran yang berat yang memicu stres bisa berpengaruh terhadap metabolisme tubuh. Orang yang mampu mengontrol tingkat stressnya maka akan memiliki tingkat metabolisme yang lebih baik.

5. Kecukupan Cairan

Kecukupan cairan bagi tubuh merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga proses metabolisme tubuh.Kondisi dehidrasi atau kekurangan cairan akan membuat metabolisme tubuh melambat, energi yang menurun.

Ada beberapa orang yang beranggapan jika menghilangkan lemak yang menumpuk dari dalam tubuh adalah dengan mengurangi porsi makan, dari 3 kali makan menjadi 2 kali sampai 1 kali, bahkan tidak jarang ada yang rela tidak makan seharian dengan harapan berat badannya turun.

Di tinjau secara medis cara yang disebutkan diatas sangatlah tidak disarankan sebab berdampak buruk terhadap kesehatan. Mengurangi porsi makan atau bahkan tidak makan sama sekali jela akan mengganggu sistem metabolisme tubuh karena kekurangan nutrisi.

Ketika tubuh kekurangan nutrisi maka tubuh akan mengambilnya melalui otot, disaat otot mulai menyusut maka, tubuh tidak lagi memiliki mesin pembakar lemak dan pada akhirnya berat badan susuh turun dan cenderung menimbun lebih banyak lemak.


Tips Meningkatkan Metabolisme Tubuh Saat Diet Sehinhga  Efektif Membakar Banyak Lemak

Mengingat begitu pentingnya meningkatkan metabolisme tubuh saat diet agar pembakaran lemak juga lebih efektif, maka cara berikut mungkin bisa coba anda terapkan.

1. Cukup Makan dengan Menu Yang Tepat

Makan yang cukup bukan berarti akan menggagalkan diet anda. Yang perlu digaris bawahi adalah pilihlah menu makanan yang tetap memberikan kecukupan nutrisi bagi tubuh anda. Dengan makan yang cukup maka metabolisme tubuh akan bekerja secara optimal dan membantu anda membakar banyak lemak. 

Untuk itu pilihlah menu yang tinggi protein. Sebab manfaat penting protein adalah sebagai sumber utama dalam pembentukan otot. Otot memiliki peran besar dalam membakar lemak, jadi mengkonsumsi makanan yang kaya protein akan membantu otot anda membakar lebih banyak lemak.

Cara meningkatkan metabolisme tubuh untuk diet
Karbohidrat Kompleks Bisa Mempercepat Metabolisme Tubuh ( image : stockup)
Selain memenuhi kecukupan protein sebagai makanan yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh, anda juga perlu memenuhi kebutuhan anda akan karbohidrat. Jika selama ini anda lebih banyak mengkonsumsi karbohidrat simple seperti nasi putih cobalah menggantinya dengan karbohidrat yang lebih komplek sebagai makanan pengganti nasi putih. Anda bisa memilih nasi merah,gandum atau ubi jalar. Makanan-makanan dengan karbohidrat yang jauh lebih kompleks akan memberikan anda energi yang jauh lebih besar.

2. Imbangi Dengan Olahraga

Meningkatkan laju metabolisme tubuh anda dengan mengimbanginya dengan banyak berolahraga. Olahraga adalah cara terbaik untuk mempercepat metabolisme tubuh, membakar banyak kalori, memacu jantung untuk memompa darah sehingga sistem peredaran darah lebih cepat.
Tambahkan beberapa latihan olahraga anda dengan latihan-latihan kardio dan latihan beban, agar lebih memaksimalkan pembakaran lemak dan membentuk sel-sel otot baru.

3. Penuhi Kecukupan Cairan 

cara meningkatkan metabolisme tubuh saat diet
Kecukupan cairan ikut membantu mempercepat laju metabolisme tubuh (image :flickr.com)
Kecukupan cairan berpengaruh terhadap meningkatkan metabolisme tubuh, minum air putih setidaknya 3 liter sehari akan menghindarkan anda dari dehidrasi. Ingatlah jika tubuh yang dehidrasi akan membuat metabolisme tubuh melambat.

4. Penuhi Kebutuhan Akan Kalsium

Selain air putih anda bisa mengkonsumsi susu untuk mencukupi kebutuhan akan kalsium. Sebuah penelitian menyebutkan jika kalsium juga berpengaruh terhadap metabolisme tubuh. Kekurangan tubuh akan kalsium akan memperlambat laju metobilisme tubuh.

Agar sejalan dengan program diet anda, pilihlah susu yang rendah lemak seperti yoghurt yang dapat mengurai penyerapan lemak dari sumber makanan lain.

5. Coba Konsumsi Kopi

Ya mungkin terdengar aneh terlebih bagi mereka yang anti dengan kafein, Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba, sebab sebuah penelitian menyebutkan jika kafein yang ada dalam kopi dapat menstimulan sistem saraf yang bisa mempercepat metabolisme tubuh 5-8 persen. Namun mengkonsumsi kopi saat diet tentu berbeda dengan mengkonsumsi kopi saat tidak menjalankan program diet. Lebih lengkapnya silahkan anda baca tulisan kami yang mengulas tentang cara minum kopi saat diet.

Jika anda tidak ingin minum kopi, anda bisa menggantinya dengan teh hijau. Ya teh hijau memang sudah dikenal sebagai minuman pelangsing badan yang baik untuk diet. Dari sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang menemukan jika kandungan katekin dalam teh hijau dapat mempercepat metabolisme tubuh sampai 12 persen.

6. Istirahatlah yang cukup

Berbagai sumber menyebutkan jika kurang tidur cenderung merusak sistem metabolisme tubuh, menurunkan produktivitas kerja dan membuat tubuh cepat lapar. Oleh karena itu usahakan tidur yang cukup  7-8 jam sehari.

Setelah membaca uraian singkat diatas, kami tentunya berharap anda sudah mengetahui apa itu metabolisme tubuh dan bagaimana cara meningkatkan metabolisme tubuh saat diet. Semoga ulasan singkat ini memberikan khasanah informasi dan referensi yang berharga yang bisa membantu anda membakar lebih banyak lemak yang menumupuh dalam tubuh yang tentunya dengan cara diet sehat dan aman. Selamat mencoba. Salam sehat (diisadur dari duniafitnes.com)


Loading...