5 Cara Mudah Mengendalikan Nafsu Makan Saat Diet


Loading...

Tips Mengendalikan Nafsu Makan Agar Tidak Makan Berlebihan Saat Diet


Mengontrol nafsu makan agar tidak berlebihan saat diet merupakan salah satu hal tersulit yang di alami banyak pelaku diet. Hal ini sangat wajar apalagi begitu banyaknya godaaan yang menghampiri yang ketika sedang berjuang menurunkan berat badan.

Cara Mengendalikan Nafsu Makan Saat Diet
Cara mengendalikan nafsu makan saat diet ( photo by : stocky)

Nah untuk itu buat yang sedang diet ada cara mudah mengendalikan nafsu makan saat diet yang bisa kamu coba. Cara ini mungkin bukan panduan baku yang bisa mengantarmu sukses menurunkan berat badan, namun setidaknya dapat membantu anda tidak makan berlebihan yang tentu saja akan sangat berefek terhadap keberhasilan diet yang kamu jalani.

1. Saat makan kunyah makananmu lebih lama dari biasanya.

Mengunyah setiap gigitan sepuluh kali bisa menjadi cara terbaik untuk mengontrol nafsu makan saat diet  Mengikuti aturan sederhana ini akan membuatmu makan lebih lambat, Tidak hanya itu, cara ini juga akan membuatmu lebih  menikmati makanan lebih lama.

2. Makanlah sebelum kamu betul-betul merasa lapar

Makan sebelum perut merasa sangat lapar adalah salah satu cara mengurangi nafsu makan saat diet yang bisa kamu tempuh. Coba kamu bayangkan ketika perutmu sudah sangat lapar, kamu tentu lebih bernafsu dan bersemangat melahap banyak sekali makanan demi mengisi kekosongan perut mu bukan? Hal ini terpacu oleh hormon insulin yang secara alami menekanmu untuk makan berlebihan.
Oleh karena itu cobalah untuk makan di saat kamu belum betul-betul terlalu lapar, dengan begini energimu akan lebuh cepat terisi dan tentunya kamu tidak "sangat" bernafsu melahap semua makanan yang ada di depanmu bukan?

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih dari Biasanya

Fakta menunjukkan dehidrasi ringan yang dialami oleh tubuh akibat kurangnya cairan yang masuk akan menghasilkan sensasi untuk mudah merasa lapar. Maka solusinya adalah memperbanyak konsumsi air putih adalah cara terbaik. Minumlah setidaknya 3 liter atau setara dengan 8 gelas sehari. 
Perlu kamu cacat jika diet juga sangat bergantung dengan sistem metabolisme tubuh yang baik dan untuk mendapatkan metabolisme tubuh yang baik maka kecukupan air putih sangat dibutuhkan. 
Memiliki metabolisme tubuh yang baik maka akan membantu proses pembakaran lemak jauh lebih cepat dan maksimal. So berapa gelas air putih yang sudah kamu konsumsi hari ini ?

4. Konsumsi Makanan yang Sehat

Makanan yang sehat jauh lebih baik daripada kamu memilih junkfood. Ini tentu akan berefek pada kesehatanmu secara meyeluruh. Katakan tidak untuk mengkonsumsi banyak gula. Ada beberapa pilihan yang bisa kamu coba bukan hanya untuk mengontrol nafsu makan tapi membuatmu kenyang lebih lama sehingga menghindarkan kemungkinan untuk segera lapar.
Lemon,kayu manis,limau ada beberapa jenis bahan alami yang dapat memberikan sensasi kenyang lebih lama, membantu metabolisme, so tidak ada salahnya kamu menambahkan bahan-bahan ini ke dalam menu makanan besarmu.

5. Saat ngemil coba mengemil buah  saja

Banyak orang yang tidak bisa meninggalkan kebiasaan mengemil. Mengemil di saat diet pada dasarnya tidak dilarang. Justru ngemil bisa membuat anda tidak cepat lapar. Hanya saja cobalah untuk menghindari mengemil dengan snack, ada baiknya mengganti dengan buah apel hijau atau buah yang kaya akan serat, sebab makanan-makanan yang kaya akan akan serat memberikan rasa kenyang lebih lama.

Faktir penting lainnya yang perlu kamu lakukan adalah tetap berolahraga, mencukupi kebutuhan akan protein,vitamin dan mineral, sebab semua itu sangat penting untuk dalam rangkain program diet yang sehat. Semoga ulasan mengenai cara mengendalikan nafsu makan saat diet yang telah kami sajikan bermanfaat. Salam sehat dan mari langsing alami.


Loading...