Diet Yogurt - 4 Cara Terbaik Mengkonsumsi Yogurt Untuk Diet


Loading...

Mengenal Manfaat  Yogurt Untuk Diet

Yogurt merupakan jenis minuman sehat yang difermentasi dari berbagai jenis susu, memiliki bentuk yang mirip dengan bubur atau es krim. Minuman yang berasal dari Balkan dan Timur Tengah ini menjadi salah satu minuman favorit bagi para pelaku diet sehat.

aturan minum yoghurt untuk diet

Manfaat yogurt untuk diet cukup banyak sehingga dapat membantu menurunkan berat badan.  Dalam jurnal International Journey of Obesity mengemukakan jika mengkonsumsi yogurt untuk diet itu sama halnya kita membantu mempertahankan masa otot dengan disertai proses pembakaran lemak.

Baca juga : Makanan Pengganti Nasi Untuk Diet

Selain itu mereka yang mengkonsumsi yogurt minimal 3 kali sehari mampu mengurangi kandungan lemak dalam tubuhnya sebanyak 10lbs dalam periode 12 minggu. Ada juga penelitian yang dimasukkan dalam jurnal ini, hasilnya menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi yogurt akan membantu untuk menghilangkan lemak yang ada di perut sebanyak 81%.

Selain itu manfaat yogurt untuk diet yang paling utama adalah kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, dalam yogurt setidaknya beberapa kandungan vitamin yang baik bagi tibuh kita, diantaranya vitamin A, B1, B2, B3 serta vitamin C.

Yogurt juga mengandung mineral yang merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh seperti kalsium, fosfor dan potasium

Rasa asam yang timbul dari yogurt, dikarenakan dalam yogurt terdapat beberapa asam amino, seperti prolin, serin, lysin dan masih banyak lainnya. Dalam yogurt juga  memiliki kandungan energi yang cukup, yang dihasilkan dari karbohidrat, dan protein di dalamnya.

Aturan dan Cara Minum Yogurt untuk Diet Yang Tepat dan Benar


Jika anda tertarik untuk mencoba menu diet dengan yogurt maka panduan berikut bisa menjadi alternatif bagi anda mengenai bagaimana tata cara mengkonsumsi yogurt untuk diet. 

Ketika menjalankan diet mengkonsumsi yogurt bisa anda lakukan setiap hari. Paling bagus adalah dua kali sehari, bisa dijadikan sebagai menu utama atau sebagai cemilan sehat untuk diet untuk menemani anda di sela waktu makan. 

Takaran yang di sarankan ketika mengkonsumsi yogurt pada saat sarapan atau makan malam adalah 200 mg per sekali makan. Kemudian makan satu kali sebagai cemilan per hari yang sama dengan ukuran dan takaran yang sama pula.


Hal ini berarti bahwa dalam setiap hari anda mengasup sekitar 400 mg yogurt. Untuk jenisnya anda bisa memilih frozen yogurt atau yogurt cair. Untuk rasa anda silahkan memilih yogurt yang aman untuk dikonsumsi sebagai menu diet anda dua kali sehari.

Pendiri Klinik Ira Skin Care dan Slimming Jakarta, Dr Ira Indriasari mengatakan jika mengkosumsi yogurt ketika diet sangat menyehatkan untuk pencernaan. Ia menyarankan untuk mengasup yogurt pada saat sarapan namun ia menegaskan sebaiknya dilakukan bagi mereka yang tidak menderita maag akut. (Baca juga : diet untuk penderita maag akut )

Lebih lanjut Dr Ira mengatakan jika cara mengkonsumsi yogurt untuk diet bisa anda coba dengan menerapkan metode seperti berikut :


1. Menu Yogurt Saat Sarapan

Saat sarapan sebaiknya mengawali dengan mengasup 200 mg yogurt yang dikombinasikan dengan toping buah segar, bagi penderita maag ada baiknya mengganti yogurt dengan susu,roti atau buah sebagai menu sarapan saat diet.

2. Saat Makan Siang

Saat makan siang, makanlah seperti biasanya, dengan memilih makanan yang kaya karbohidrat,serat dan protein. Batasi dengan makan nasi sampai lima sendok saja. Ketika menjalani diet anda diharapkan untuk tetap memenuhi kebutuhan karbohidrat bagi tubuh anda agar tetap tercukupi.

Artikel lainnya ; cara mengontrol nafsu makan saat diet

3. Saat Malam

Makan malam dengan memperbanyak asupan sayur dan buah. Bagi yang menderita maag, aman untuk makan malam dengan yogurt untuk memenuhi asupan 200 mg yogurt per sekali makan.

4. Cemilan

Cemilan yang dimaksud adalah pada waktu antara sarapan dan makan siang atau antara makan siang dan makan malam. Nah pada waktu ini yogurt bisa menjadi cemilan yang baik. Waktu untuk mengemil adalah pilih satu waktu mengemil diantara dua pilihan tadi. 

Takaran yoghurt saat mengemil yakni 200 mg untuk memenuhi kecukupan 400 mg asupan yoghurt per hari. Dengan begitu maka akan sangat membantu program diet cepat berhasil.


5 Merk Yoghur Terbaik Untuk Diet

Setelah mengetahui begitu banyak manfaat yogurt dalam diet, maka perlu kiranya kita mengetahui merk yogurt untuk diet apa saja yang baik dan sudah terbukti menurunkan berat badan, kami sudah memilih 5 jenis merk yogurt yang dapat anda konsumsi, yaitu :

1. Heavenly Blush Yo! Yogurt

Merk yogurt untuk diet yang satu ini merupakan pelopor produk yogurt sehat dengan aneka rasa, Heavenly Blush meluncurkan sebuah varian terbaru yang dinamakan Heavenly Blush Yo! Yogurt.

Produk yogurt ini sangat kaya akan serat. Pasalnya, Heavenly Blush menggunakan buah dan sayur yang memiliki kandungan serat yang tinggi untuk membuat produk ini. Heavenly Blush Yo! Yogurt tersedia dalam 2 varian rasa, yakni Banana Berries Brocolli, dan Mango Carot. Semua rasa dari Heavenly Blush Yo! Yogurt ini sangat lezat.

2. Cimory Yogurt

Cimory adalah merk yogurt yang dengan probioatik hidup yang diproses melalui fermentasi. Jenis yogurt ini banyak mengandung nutrisi seperti kalsium dan vitamin D sehingga juga sangat penting untuk
menjaga kesehatan tulang. Selain itu cimory yogurt juga diproses dari susu segar sehingga kandungan proteinnya cukup tinggi.

Selain itu kandungan vitamin dan mineral esensial dalam Cimory yogurt ini dapat meningkatkan imunitas kekebalan tubuh kita. Tersedia dalam beberapa varian rasa anda bisa memilih sesuai selesa, seperti rasa Plain, Passion Fruit, Guava, Lychee, Strawberry, Mixed Fruit, Red Grape, dan Blueberry.

3. Yogurt Activia

Merk yogurt untuk diet yang satu ini identik dengan kemasan berwarna hijau. Produk ini merupakan jenis yogurt probiotik yang cukup baik untuk melancarkan pencernaan. Kaya akan serat sehingga sanga cocok menjadi minuman yang baik saat anda menjalankan program diet.

4. Biokul Natural Set Yogurt

Biokul Natural Set Yogurt adalah krim yogurt dengan rasa plain (tanpa rasa) yang bisa dikonsumsi atau dijadikan masker maupun lulur. Biokol Natural Set Yogurt ini juga bisa digunakan sebagai bahan makanan. Karena yogurt ini tanpa rasa, maka tentunya Biokul Natural Set Yogurt ini sangat ideal dikonsumsi pada saat diet.

5. Yoplait Greek Yogurt

Yoplait Greek Yogurt merupakan produk yogurt impor yang tidak banyak dijual di Indonesia. Akan tetapi, Yoplait Greek Yogurt merupakan makanan pribiotik yang sangat baik dikonsumsi pada saat diet. Tekstur yogurt yang creamy dan lembut dari Yoplait Greek ini akan terasa nikmat saat berada di dalam mulut Anda.

Yoplait tidak menambahkan pemanis, perasa, maupun pewarna yang berbahaya untuk produk yang satu ini. Yoplait Greek Yogurt tersedia dalam rasa Cafe Mocha, Blueberry, Caramel, Cherry, Coconut, Honey, Lemon Meringue, dan beberapa rasa unik lainnya.


Hal Penting Yang Perlu Diketahui Sebelum Diet dengan Yogurt

Yogurt memiliki berbagai jenis yang berbeda, oleh sebab itu tidak semua yogurt bisa dikonsumsi untuk cara diet sehat, perhatikan kandungannya :

  1. Semua yoghurt tidak memiliki khasiat yang sama, hanya yoghurt yang mengandung bakteri hidup yang memiliki manfaat besar. Beberapa jenis yoghurt, seperti frozen yoghurt atau pasteurized yoghurt, tidak mengandung bakteri hidup dan nutrisi yang sama.
  2. Meski rasanya asam, yoghurt tidak selalu rendah lemak. Kadar lemak yoghurt tergantung pada bahan baku susu yang dipakai. Jika susu yang dipakai tinggi lemak, yoghurt yang dihasilkan pun akan mengandung banyak lemak. Jadi, kalau anda sedang menjalankan cara diet sehat, pilihlah yoghurt yang terbuat dari susu rendah lemak.
  3. Periksa dengan seksama label pada yoghurt. Jika terdapat tulisan yoghurt strawberry, besar kemungkinan yoghurt tersebut memang ditambahkan buah. Namun, kalau tertulis yoghurt rasa strawberry, itu berarti hanya ditambahkan perasa, bukan buah asli .
  4. Lihat tanggal kadaluarsa sebelum membeli. Setelah itu simpan yoghurt dalam kulkas yang bersuhu 4ᵒ – 6ᵒ C. dalam keadaan tersebut yoghurt dapat bertahan hingga 2 minggu tanpa banyak mengalami penurunan mutu. Jika disimpan disuhu ruang, gumpalan yoghurt akan pecah dan cita rasanya menjadi lebih asam.
  5. Jangan berlebihan jika mengkonsumsi yoghurt tersebut, cukup 200 – 400ml setiap harinya. Bila minum yoghurt terlalu banyak akan muncul gejala alergi laktosa, maka dianjurkan minum yoghurt secukupnya saja.

Diet dengan yoghurt dapat menjadi alternatif yang dapat anda pertimbangkan untuk membantu anda menurunkan berat badan, dengan mengetahui manfaat yoghurt untuk diet, cara mengkonsumsinya serta memilih merk yoghurt untuk diet yang tepat maka tidak menutup kemungkinan anda dapat memangkas lemak lebih banyak.

Imbangin dengan tetap menjaga pola hidup sehat, melakukan banyak aktivitas dan olahraga maka anda akan dapat hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat


Loading...