Diet Sehat Dengan Nasi Merah yang Menyehatkan


Loading...
Diet Sehat tentulah menjadi pilihan yang sangat tepat bagi anda yang sedang dalam program menurunkan berat badan. Salah satu cara diet sehat ini adalah dengan mengalihkan asupan makanan yang sebelumnya nasi putih ke nasi merah. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan diet beras merah sudah menjadi makanan favorit para pelaku diet yang dipercaya dapat membantu proses penurunan berat badan karena manfaatnya yang sangat besar.

Memanfaatkan nasi merah untuk diet menurut salah satu pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor Prof. Ahmad Sulaiman mengemukakan bahwa pada dasarnya manfaat nasi merah sangatlah besar, merupakan pangan khas asli Indonesia yang sekiranya bukan hanya dimanfaatkan untuk makanan diet semata. Menurutnya lagi setidaknya ada beberapa manfaat nasi merah yang sangat penting kaitannya untuk pola hidup sehat, berikut pemaparan diet sehat dengan nasi merah yang menyehatkan

1. Nasi Merah Lebih Organik

Nasi merah merupakan jenis nasi yang berasal dari padi gogo atau padi huma yang ditanam secara organik. Sangat tergantung dengan dengan hujan. Biasanya ditanam diladang dan bukan disawah, tidak direndam. Padi jenis ini sangat jarang mendapatkan sentuhan pestisida sehingga sangat organik. Merawatnya paling hanya dengan mencabut rumputnya saja.

2. Nasi Merah Kaya Akan Serat

Menurut Guru Besar Ilmu Gizi IPB ini, nasi merah pada dasarnya tidak selalu berwarna merah, " Memang terkadang disoso,setelah digiling,kulit arinya tetap dibiarkan menempel. Jadi Ada beberapa keistimewaanya".

Kulit ari yang pada beras putih biasnya dibuang ternyata memiliki kandungan serat yang sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan bahkan sampai dua kali lipat banyaknya jika dibandingkan dengan nasi putih, sehingga sangat baik dijadikan menu diet sehat untuk mereka yang sedang menjalankan program diet sehat menurunkan berat badan

3. Nasi Merah Mengandung Lebih Banyak Asam Lemak Esensial

Nasi merah juga mengandung asam lemak lemak esensial yang terdapat dalam kulit arinya sehingga sangat banyak dimanfaatkan sebagai makanan untuk tumbuh kembang bayi. Selain itu nasi merah juga merupakan makanan yang banyak mengandung zat besi.

4. Kaya Akan Antioksidan

Makanan yang kaya antioksidan sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Anda bisa mendapatkannya dengan memanfaatkan nasi merah. Hal ini karena warna merah yang terdapat dalam beras merah merupakan salah satu pigmen antioksidan yakni antocyanin yang berfungsi menangkal oksidasi lemak,radikal bebas dan pencegah kanker. Selain itu nasi merah juga memberi manfaat untuk menurunkan kolsterol.

5. Kaya Akan Vitamin B

Nasi merah mengandung thiamin dan vitamin B1 yang sangat penting untuk membantu metabolisme karbohidrat dan energi. Vitamin B1 dalam nasi merah baik sebagai anti stres, sementara thiamin berguna memperkuat dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

6. Nasi Merah Lebih Mengeyangkan

Nasi merah adalah makanan dengan GI yang rendah sehingga dapat mencegah peningkatan gula darah secara tiba-tiba. Mengkonsumsi nasi merah juga sangat baik untuk diet karena lebih mengenyangkan dan memberi sensasi penahan lapar.

Itulah ulasan diet sehat dengan nasi merah yang dapat kami sajikan untuk anda. Keistimewaan dan keunggulan nasi merah ini tentu tidak hanya baik untuk diet, namun  juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Semoga bermanfaat.

Loading...