Panduan Diet Sehat Untuk Wanita Menopause


Loading...
Panduan Diet Sehat Untuk Wanita Menopause - Ada beberapa efek samping yang ditimbulkan dari kondisi menopause yang sering di alami oleh wanita yakni gangguan tidur,siklus hormon yang tidak lagi bekerja secara aktif dan kulit yang keriput sampai mengalami masalah kegemukan.

Berkaitan dengan masalah kegemukan wanita yang memasuki masa menopause memang kerap menimbun banyak lemak karena menurunnya aktivitas, metabolisme tubuh yang mulai melambat. 

Kondisi ini tentu kurang baik mengingat kegemukan juga dapat memicu penyakit yang serius. Karena itu wanita yang mengalami masalah kegemukan ini perlu melakukan pola diet yang sehat.

Diet Untuk Wanita Menopause

Diet untuk wanita menopause tentu akan sangat berbeda dengan diet yang dilakukan oleh wanita usia 20 an atau pola diet untuk wanita usia 30an. Diet bagi wanita memerlukan sebuah panduan khusus supaya selain dapat menurunkan berat badan, juga dapat mengurangi gelaja menopause serta menurunkan resiko kesehatan setelah masa menopause.

Tips Diet Untuk Wanita Menopause Agar Tubuh Tetap Langsing Dan Sehat

Selain metabolisme tubuh yang melambat memasuki masa menopause terkadang gejala seperti tekanan darah yang meningkat juga kerap di alami oleh wanita usia 40an. Untuk itu melakukan diet perlu mempertimbangkan beberapa hal termasuk pada hal makanan. 

Beberapa makanan sehat yang perlu dikonsumsi untuk mendukung diet wanita menopause

1. Biji-Bijian

Dilansir dari Boldsky, wanita yang memasuki masa menopause disarankan untuk banyak mengkosumsi biji-bijian. Biji-bijian bermanfaat untuk menurukan tekanan darah tinggi dan membantu meningkatkan metabolisme tubuh

Makanan yang banyak mengandung biji-bijian seperti kacang almond juga kaya akan kalsium yang menjaga kesehatan tulang sehingga dapat mencegah osteoporosis serta bermanfaat untuk pembetukan sel darah.

2. Makanan Yang Kaya Akan Serat

Dalam berbagai penelitian menambahkan makanan yang kaya akan serat dalam menu diet sehari-hari dapat mendorong penurunan berat badan. Untuk itu makanan seperti sayuran dan buah sangat disarankan untuk selalu dikonsumsi. 

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli akan menjadi salah satu favorit makanan sehat bagi banyak pelaku diet. Bayam dan brokoli menawarkan banyak serat,kalium dan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah-buahan seperti kismis,jeruk dan stoberi kaya akan kalium,vitamin C dan antioksidan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas. Memadukan kedua jenis makanan ini dalam bentuk salad tentu menjadi sebuah menu sehat untuk mendukung program diet anda.

3. Susu

Karena kalsium sangat penting bagi untuk mendukung diet masa menopause , maka anda perlu banyak mengkonsumsi susu. Susu adalah minuman sehat sebagai sumber kalsium terbesar yang harus anda masukkan dalam menu harian anda. Namun di saat anda menjalankan diet anda perlu memilih jenis susu yang rendah lemak, susu almond atau yoghurt.

4. Ikan Sebagai Pengganti Daging

Memenuhi kecukupan nutrisi tubuh akan lemak sehat sangat penting anda perhatikan. Mengingat resiko penyakit jantung untuk wanita semakin tinggi saat tubuh mulai menua, maka mulai saatnya anda mengurangi konsumsi daging sapi atau kambing dan menggantinya dengan protein hewani dari ikan yang mengandung lemak lebih sedikit dan jauh lebih sehat.

Selain kaya akan protein, memilih ikan sebagai lauk dalam makanan anda, maka anda akan mendapatkan tambahan nutrisi lain seperti omega 3 dan 6 yang dapat menghambat proses penuaan organ tubuh dan kulit. Anda memilih ikan salmon, selain kaya akan omega 3, ikan salmon juga kaya akan kalsium dan vitamin D.

Selain beberapa makanan sehat yang perlu di konsumsi agar diet untuk wanita menopause ini bisa berhasil, maka perlu pula dibarengi dengan menjaga diri untuk tidak mengkonsumsi beberapa makanan yang bisa menggagalkan diet.


Makanan Yang Perlu Di Hindari Saat Menjalankan Diet Untuk Wanita Menopause

1. Kurangi Garam

Untuk mendukung kesehatan tubuh semakin optimal, anda perlu menghindari makanan yang banyak mengandung garam. Garam akan memberi efek terhadap peningkatan tekanan darah., tubuh lebih cenderung menahan air sehingga menekan kinerja jantung,ginjal, otak dan arteri.

2. Makanan Tinggi Gula

Makanan yang terlalu manis akan mempercepat proses penuaan, Jadi makanan seperti es krim atau cokelat sangat penting untuk anda hindari karena mengandung banyak glukosa. Berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan glukosa diabetes, jantung,ginjal dan kerusakan saraf.

3. Alkohol

Minuman ini tentu sudah sangat wajib anda hindari. Alkohol tidak memiliki dampak positif apapun untuk kesehatan anda. Bukan hanya dapat menggagalkan usaha anda untuk menurunkan berat badan tapi efek buruk Alkohol terutama bagi kesehatan sebagai pemicu penyakit jantung. 

4. Soda dan Minuman Berkarbonasi lainnya

300 ml minuman soda megandung 150 kalori dan 40 gram karbohidrat. Jumlah yang sama yang terkandung dalam 10 sendok teh gula. Dalam beberapa penelitian menyebutkan jika soda sama sekali tidak mengandung nutrisi apapun yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ketika anda sudah mengetahui makanan sehat yang mendukung diet anda, makanan apa saja yang perlu di hindari untuk diet wanita menopause maka, langkah terakhir yang perlu anda lakukan adalah dengan mengimbanginya dengan olahraga. 

Anda mungkin sudah tidak bisa melakukan aerobik dengan gerakan yang cepat akibat tubuh anda sudah mengalami penurunan fungsi gerak, tapi anda masih bisa memilih olahraga lain yang tetap membantu tubuh anda tetap sehat dan paling utama juga efektif membakar banyak lemak dengan berjalan kaki, melakukan yoga, berenang atau bersepeda.


Loading...