Lebih Mengenal Yoghurt Untuk Diet


Loading...

Lebih Jauh Dengan Yogurt

Anda yang tinggal di kota-kota besar pasti sudah sangat mengenal yogurt. Yogurt bukanlah jenis makan baru. Manfaat yogurt untuk kesehatan diklaim sangat banyak karena bisa di manfaatkan untuk kesehatan bahkan dimanfaatkan pula sebagai yoghurt untuk diet.

Yoghurt Untuk Diet

Yogurt terbuat dari susu. Semua orang pasti sudah tahu jika susu bermanfaat bagi tubuh karena kandungan gizi didalamnya. Susu mengandung glukosa,protein yang kadarnya tak jauh berbeda dengan telur.daging,lemak,kalsium,fosfor, dan vitamin A.

Yang paling penting susu kaya akan lisin yang merupakan salah satu asam amino esensial yang sangat di butuhkan oleh tubuh.

Namun meskipun kandungan gizinya yang terkesan sempurna, susu mudah basi. Susu sapi segar sangat mudah rusak akibat dari kontaminasi bakteri yang cepat berkembang hingga susu rusak dan tidak bisa di konsumsi lagi.

Yoghurt adalah salah satu upaya agar susu bisa lebih awet. Minuman ini sendiri berasal dari Balkan dan Timur Tengah yang kini populer di seluruh dunia. Yoghurt di sukai karena rasa segar,tekstur dan aromanya yang khas. Cita rasa yoghurt itu disebabkan karena timbulnya asam laktat,asam asetat,karbonil,asetadehida,aseton,asetoin dan diasetil.

Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu. Bentuknya mirip bubur halus atau es krim. Yoghurt berasal dari bahasa Turki (jugurt) yang berarti susu asam.

Di tempat lain yoghurt dikenal dengan nama mast (Iran), kisel mleka (Balkan),mauzun (Armenia),skyr (Irlandia) dan labneh (Libanon). Pada umumnya yogurt dibuat dari susu sapi,kambing,susu kerbau dan susu kuda.

Yoghurt di gemari penduduk dunia terutama Eropa,Amerika, dan Timur Tengah. Penduduk Belanda merupakan konsumen yoghurt tertinggi di dunia di susul Swiss,Prancis, Jepang dan Negara lainnya.

Di Indonesia sendiri yoghurt belum cukup populer sebagai sajian minuman sehari-hari. Baru belakangan ini ada yoghurt dalam kemasan,rasa dan warna yang menarik. Di luar negeri yoghurt mengandung mikroba yang masih hidup. Mereka percaya jika mikroba itu membantu sistem pencernaan.

Selain di buat dari susu segar, yoghurt juga dapat dibaut susu skim (tanpa lemak) yang dilarutkan dalam air dengan perbandingan tertentu. Selain susu hewani,yoghurt juga bisa dibuat dari susu skim nabati seperti susu kacang. Hasil fermentasi susu kedelai disebut soyoghurt. Yogurt juga bisa dihasilkan dari santan kelapa yang disebut miyoghurt.

Pembuatan yogurt menggunakan bakteri Lactobaciluus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Kedua bakteri ini mengurai laktosa susu menjadi asam laktat dan berbagai komponen rasa aroma dan cita rasa.

Lactobacillus lebih berperan pada pembetukan aroma sedangkan Streptococcus lebih berperan pada pembentukan cita rasa. 

Yogurt yang baik memiliki total asam laktat sekitar 0.85 - 0.95 persen. sedangkan derjatan keasaman (ph) yang baik adalah mencapai sekitar. 4.5.

Yoghurt Untuk Diet
Di pasaran saat ini terdapat berbagai macam yogurt. antara lain yogurt antara lain yogurt pasteurisasi,yogurt beku,dietic yogurt atau yogurt rendah kalori dan laktosa yang baik untuk diet, serta ada konsentrat yogurt. Berdasarkan rasaa yogurt dibedakan menjadi plain atau natural yogurt, fruit yogurt dan flavoured yogurt.

Plain yogurt memiliki rasa natural yang sangat asam. Oleh karena itu tidak semua orang menyukainya. Yogurt jenis ini biasanya digunakan untuk campuran salad. Untuk memberi rasa manis biasanya ditambahkan gula sebelum di konsumsi

Fruit yogurt adalah yogurt yang telah dicampur dengan sari buah atau buah yang dipotong kecil-kecil seperti nenas,pepaya,pisang dan mangga, Biasanya penambahan potongan buah mencapai 10 % dilakukan setelah susu di inkubasi agar tak mengendap atau menganggu tekstur yogurt.

Setelah beberapa jam di inkubasi,potongan buah dimasukkan ke dalam susu kemudian dilanjutkan lagi hingga satu jam sampai menghasilkan yogurt dengan tekstur semata.

Flavoured yogurt  adalah yogurt dengan falvour sintesisi dan pewarna makanan yang biasanya menggunakan ceri,rasa stroberi, frambos,jeruk,persik,leci,madu,melon dan vanila.

Menilik bahan dasar dan campuran,yogurt perlu di waspadai. Susu memiliki titik rawan halal pada proses pembuatannya. begituun penambahan rasa dan pewarna. Jika ingin aman,yogurt tanpa rasa da pewarna lebih ideal. Tinggal tambahkan hula atau sirup yang memang halal, segar dan aman.


Loading...