Beragam Makanan Ini Bisa Mengurangi Nafsu dan Hasrat Makan Berlebih


Loading...
Beragam Makanan Ini Bisa Mengurangi Nafsu dan Hasrat Makan Berlebih - Apakah saat ini kamu sedang menjalani program diet dan berusaha sekuat tenaga untuk menurunkan berat badan? Tapi susah sekali mengotrol nafsu makan? 
Jika begitu, mungkin ulasan berikut mengenai makanan yang bisa mengurangi nafsu makan dan mungkin akan menjadi solusi yang untuk mengatasi masalahmu.

Beragam Makanan Ini Bisa Mengurangi Nafsu dan Hasrat Makan Berlebih
Dark Chocolate bisa menekan nafsu makan (image : dazzlingwalpaper.com)
Tidak bisa di pungkiri lagi jika salah satu faktor penting yang menentukan agar diet tidak gagal dan cepat berhasil, adalah sefektif apa usaha dan cara mengurangi nafsu makan yang berlebihan. Sebab meskipun kamu melakukan olahraga sekeras apapun tapi kamu tidak bisa mengendalikan nafsu makan saat diet maka semuanya bisa saja menjadi sia-sia.

Makanan Yang Bisa Kamu Coba Untuk Membantumu Mengontrol Hasrat Makan Berlebih Saat Diet

1. Dark Chocolate

Dilansir dari Boldsky coklat mampu membantu menurunkan tingkat grhelin atau hormon pemicu rasa lapar. Rasa pahit yang terkandung dalam dark chocolate dapat membantu dan bertindak mengontrol nafsu makan. 
Akan tetapi mengkonsumsi dark chocolate juga ada ada aturanya ketika kamu lagi berdiet. Ada baiknya kamu mengksonsumsinya tidak lebih dari satu bar coklat setiap hari. Hal ini diperlukan untuk menghindari resiko obesitas, karena coklat biasanya di dominasi oleh kandungan gula.

2. Alpukat

Beragam Makanan Ini Bisa Mengurangi Nafsu dan Hasrat Makan Berlebih
Alpukat menjadi salah satu favorit bagi banyak pelaku diet sehat, hal ini disebabkan karena alpukat menjadi salah satu makanan yang bisa mengurangi lemak.
Buah alpukat rendah akan gula karena hanya mengandung 0,2 gram glukosa. Ini berarti alpukan tidak mengganggu sistem metabolisme tubuh, asalkan dikonsumsi tidak melebihi dari 150 gram.
Manfaat alpukat lainnya yang terkait dengan diet adalah kandungan lemak tak jenihnya yang menjadikan buah ini sangat cocok di konsumsi saat menjalankan program diet.
Kandungan serat dalam alpukta cukup tinggi yaitu sekitar 11gr dalam setiap 1 buah alpukat. Kandungan serat inilah yang kemudian menjadikan buah alpukat memberikan rasa kenyang dan dan cadangan energi bagi tubuh sehingga dapat tubuh tidak cepat lapar dan mengurangi nafsu makan.

3. Oatmeal

Bagi para pelaku diet sehat, oatmeal menjadi salah satu menu wajib untuk mendukung diet. Oatmeal kerap menjadi menu sarapan sehat sebelum menjalani aktivitas sepanjang hari karena mengandung 6 gram protein per sajiannya dan mengandung berbagai nutrisi seperti fosfor,potassium,selenium dan zat besi yang penting untuk tubuh.
Seperti dilansir dari laman Women's Health dari American Journal of Lifestyle Medicine, oatmeal akan mengembang begitu terkena air saat dikonsumsi sehingga perut akan lebih cepat kenyang, sehingga nafsu dan hasrat makan berlebih bisa terkontrol. 
Manfaat lain dari oatmeal selain untuk diet adalah dapat menurunkan kolesterol dan mengurangi resiko penyakit jantung.
Akan tetapi pastikan memilih oatmeal yang benar-benar organik agar manfaat yang dirasakan oleh tubuh lebih maksimal.


4. Sayur oyong

Sayur oyong atau okra  merupakan jenis sayuran yang menawarkan banyak nutrsi sehat untuk tubuh. Sayur oyong tinggi akan kandungan air, mengandung banyak vitamin C, vitamin A, folat,zat besi,B6,potassium,magnesium serta kalsium yang merupakan nutrisi penting bagi bagi orang yang menjalankan diet jelang menopause.

Sayuran hijau ini sendiri mempunyai tekstur yang agak berlendir, sehingga lebih cocok jika diolah menjadi sup atau tumisan. Kandungan kalorinya cukup rendah yakni hanya 36 kalori dengan serat yang cukup tinggi sehingga dapat menjadi salah satu pilihan makanan sehat untuk menekan nafsu makan.

5. Buah Pir

Buah pir termasuk salah satu buah yang memiliki keunikan tersendiri karena mengandung pektik atau senyawa sejenis karbohidrat kompleks yang dapat mengubah tekstur makanan menjadi seperti gel.
Hal ini bisa terjadi karena pektin yang terkandung dalam buah pir menyerap air sehingga mengembang dalam perut layaknya seperti gel sehingga ketika di konsumsi akan memberi kenyang lebih lama.
Manfaat buah pir untuk kesehatan juga cukup banyak karena bisa menurunkan kolesterol, melancarkan sistem pencernaan dan juga mengatur dan mengontrol penyerapan gula dalam tubuh.

6. Kacang Merah

Beragam Makanan Ini Bisa Mengurangi Nafsu dan Hasrat Makan Berlebih

Bagi anda yang menjalankan diet, mungkin kacang merah bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai menu diet sehat anda. Kacang merah bisa anda pertimbangkan karena kandungan seratnya yang cukup tinggi. Kacang merah juga nyaris bebas lemak dengan kalori yang rendah atau sekitar 6 % per 100 gram. Kacang merah juga dapat menurunkan kolesterol, dan baik untuk sistem pencernaan.


7. Salad 

Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari salad, kandungan campuran buah yang terdapat dalam salad tentu akan membantu diet anda. Salad dengan banyak buah, selain sehat dan bergizi juga mengandung banyak air sehingga dapat menekan nafsu makan. Kandungan serat yang berlimpah akan bermanfaat pula pada sistem pencernaan tubuh agar bekerja secara maksimal.

Selain makanan yang bisa mengurangi nafsu makan diatas, tidak ada salahnya anda juga memilih beberapa jenis minuman yang ternyata memiliki manfaat yang cukup efektif mengontrol nafsu makan. 

Beberapa minuman yang wajib anda konsumsi agar bisa  menekan nafsu makan dan kenyang lebih lama


1. Teh Hijau

Sudah tidak diragukan lagi jika teh hijau adalah salah satu minuman yang memberi manfaat bagi kesehatan. Minum teh hijau saat diet akan sangat membantu mengotrol nafsu makan. Teh hijau kaya akan antioksidan sehingga bermanfaat sebagai penangkal radikal bebas dan mencegah kanker.


2. Kopi

Seperti dilansir dari laman Geniusbeauty.com yang mempublikasi hasil uji klinis yang dilakukan oleh peneliti dari University of Queensland yang mencari keterkaitan antara manfaat kopi untuk menurunkan berat badan menemukan jika, para pecinta kopi rata-rata memiliki tubuh yang langsing dan ramping.
Para peneliti tersebut menyimpulkan, jika kandungan kafein dalam kopi dapat menekan nafsu makan. Para pecinta dan penggemar kopi lebih cenderung mampu mengurangi nafsu makannya dibandingkan dari mereka yang jarang minum kopi.

3. Air Putih

Selain untuk menghidarkan tubuh dari dehidrasi, air putih merupakan sumber utama akan kecukupan cairan bagi tubuh. Air putih memiliki peranan penting untuk menjaga metabolisme tubuh agar tetep stabil. Mengkonsumsi 1 gelas air putih sebelum makan dipercaya dapat mengurangi nafsu makan karena perut lebih cepat kenyang. Sangat disarankan untuk minum air putih setidaknya 8 gelas sehari.

Dengan rutin mengkonsumsi makanan yang bisa mengurangi nafsu makan serta mengimbanginya dengan minuman sehat yang telah disebutkan diatas setidaknya bisa menjadi solusi yang ampuh bagi anda yang kerap kesulitan menahan rasa lapar ketika menjalankan diet demi mewujudkan harapan anda mendapatkan tubuh langsing dan ideal. Semoga bermanfaat.


Loading...