Buat Kamu Yang Lagi Diet, Ini Tips Agar Tidak Cepat Lapar Saat Diet !


Loading...
Tips Agar Tidak Cepat Lapar Saat Diet - Ketika menjalankan diet, rasa lapar yang menyerang mungkin menjadi masalah tersendiri di balik usaha keras menurunkan berat badan. Banyak pelaku diet yang pada akhirnya menyerah ketika mereka sudah tidak lagi mampu menahan rasa lapar itu, yang pada mengikuti nafsu untuk segera makan banyak dan pada akhirnya merusak program diet yang sudah di jalankan.

Tidak bisa dipungkiri jika makanan adalah hal terpenting karena sumber energi bagi tubuh. Namun ketika diet yang perlu anda lakukan agar harapan anda menurunkan berat badan secara cepat tentulah pada bagaimana cara mengendalikan nafsu makan dan bagaimana cara agar tidak cepat lapar saat diet.

Ada banyak faktor yang bisa membuat tubuh gampang lapar, termasuk diantaranya adalah stress, asupan makan yang rendah nutrisi sampai pada kelelahan. Disaat rasa lapar menyerang, makan berlebihan terkadang sering dilakukan, padahal makanan berlebih justru adalah pemicu naiknya berat badan, meningkatkan resiko obesitas, tekanan darah tinggi hingga potensi serangan jantung.

Sebabnya menerapkan pola makan yang baik dan benar menjadi kuncinya. Lantas bagaimana cara agar lapar tidak sering datang ketika diet? cara berikut mungkin bisa menjadi solusi buat anda.

1. Awali dengan sarapan

Tips Agar Tidak Cepat Lapar Saat Diet
Banyak yang salah kaprah jika berdiet itu tidak perlu sarapan. Anggapan ini salah besar. Anda tidak perlu meninggalkan sarapan saat anda menjalankan diet. Hanya saja yang perlu anda lakukan adalah memilih pola sarapan yang baik untuk diet agar tubuh tetap langsing.

Sarapan pada dasarnya adalah pondasi dasar ketika anda menjalankan diet. Sarapan merupakan sumber energi bagi tubuh sebelum melakukan aktivitas. Sarapan juga berguna untuk mengembalikan energi yang hilang sepanjang malam.

Sarapan sangat efektif untuk menahan rasa lapar. Melawatkan sarapan akan membuat tubuh merasa sangat lapar menjelang makan siang. Oleh karena itu anda akan kurang hati-hati memilih asupan makan siang. Anda akan cenderung melampiaskan rasa lapar anda dengan melahap banyak makanan. Hal ini tentunya berefek negatif terhadap program diet yang anda jalankan.

Oleh karena itu agar tidak mudah lapar lapar ketika sedang diet, selalu mengawali pagi anda dengan sarapan.

2. Ketika anda makan, kunyah makan secara perlahan

Mengunyah makanan secara perlahan akan membantu anda untuk tidak cepat lapar. Makan terburu-buru akan membuat anda kurang menyadari jika sebenarnya perut anda sudah terisi dengan penuh. Mengapa demikian? Hal ini disebabkan karena otak kita membutuhkan waktu sekitar 20 menit menyadari jika perut sudah full terisi.

Yang terbaik adalah mengunyah makanan dengan perlahan agar anda merasakan asupan makanan masuk kedalam perut anda. Berhentilah ketika anda  perut anda sudah terisi lebih dari 3/4 bagian

3. Saat rasa lapar datang, coba alihkan perhatian anda
Tips Agar Tidak Cepat Lapar Saat Diet
Saat rasa lapar datang, coba alihkan perhatian anda (image; ibtimes.co.uk)
Seorang pakar kesehatan bernama John Foreyt dari Baylor College of Medicine mengungkapkan jika rasa lapar yang dirasakan tubuh bisa saja bukanlah rasa lapar yang sebenarnya. Bisa saja karena rasa lapar yang ditimbulkan oleh stres atau rasa frustasi dan keinginan buta semata.

Lebih lanjut John mengatakan jika rasa lapar jenis ini biasanya akan hilang 10 menit kemudian. Nah jika rasa lapar seperti ini menyerang anda cobalah untuk sedikit bersabar jangan terburu-buru untuk segera melahap makanan.

Mengalihkan perhatian ke beberapa aktivitas lain seperti membaca buku atau mendengar musik bisa anda lakukan untuk mengalihkan rasa lapar yang menyerang. Jadi jangan terpaku dan terus membayangkan makanan-makanan yang lezat yang bagus untuk mengusir rasa lapar itu.

3. Berhentilah selalu melihat jam

Salah satu tips agar anda tidak cepat lapar adalah tidak sering melihat jam. Banyak orang yang selalu merasa lapar ketika melihat arloji. Rasa lapar ini terkadang terbangun karena pola makan yang terpatok pada jam makan yang sudah terbangun sejak dulu atau kewajiban untuk segera makan bukan pola makan yang dibangun karena rasa lapar.

4. Jangan sering ke dapur

Rasa lapar bisa dipicu oleh banyak hal tidak hanya berasal dari perut melainkan dari berbagai hal yang dipicu oleh sugesti pikiran. Ada baiknya anda untuk tidak sering ke dapur atau ke tempat yang di mana anda menyimpan makanan lezat misalnya kulkas.

Ruangan dapur bisa saja masih meninggalkan aroma makanan yang terhirup oleh hidung. Rasa lapar bisa saja segera datang karena aroma dari makanan.

Ada kalanya pula rasa lapar sering muncul karena sugesti dari apa yang kita lihat, misalnya dari tayangan TV yang menayangkan akan makanan kesukaan anda. Ini akan memancing air lir keluar. ketika air liur sudah keluar sulit rasanya untuk menahan rasa lapar.

5. Jika perlu berhentilah belanja cemilan

Cemilan menjadi salah satu pemicu kegemukan. Nah agar diet anda cepat berhasil terkadang anda harus membiasakan diri melupakan beberapa kebiasaan lama anda termasuk belanja cemilan.
Caroline Apovian dari Nutrition and Weight Management Center di Bostol medical Center mengatakan jika menahan diri untuk tidak membeli permen,cokelat atau es krim bisa sangat
membantu program diet.

6. Saat Makan besar konsumsi makanan yang kaya serat

Tips Agar Tidak Cepat Lapar Saat Diet

Mengapa kaya serat ? Hal ini dikarenakan karena makanan berserat sangat baik untuk sistem perncernan dan mudah dicerna tubuh. Memberikan rasa kenyang yang lebih lama. Cobalah menambahkan banyak sayuran kaya serat dalam menu makanan diet anda.

7. Apel ternyata bisa menahan rasa lapar

Anda bisa mengemil dengan buah ketika rasa lapar mulai menyerang. Buah apel bisa menjadi senjata pamungkas untuk menahan rasa lapar anda. Apel mengandung 1/5 gram serat yang dibutuhkan oleh tubuh.  Buah apel sangat cocok menjadi cemilan bagi anda yang gampang lapar. Rasa kenyang dengan apel karena ketika anda makan apel anda membutuhkan banyak waktu untuk mengunyah buah apel sebelum masuk kedalam perut.


8. Isi menu makanan anda dengan kacang-kacangan

Mungkin anda merasa kurang tertarik dengan kacang-kacangan karena takut akan jerawat. Padahal kacang-kacangan bisa membantu tubuh merasa kenyang lebih lama.
Dari sebuah penelitian Micahel F.Roizen dari Cleveland Clinic mengatakan jika mengkonsumsi 2 gelas air putih plus satu ons kacang-kacangan selama 20 menit bisa menjadi senjata ampuh untuk anda yang sering lapar.

9. Jangan Lupakan Vitamin D

Ya vitamin D juga penting peranannya untuk membantu tubuh tidak cepat lapar. Kekurang vitamin D justru akan membuat perut gampang lapar, hal ini disebabkan karena Vitamin D memiliki peran penting untuk hormon leptin, hormon yang memiliki peranan sebagai penanda rasa lapar atau kenyang.

Nah agar tidak cepat merasa lapar saat diet perlu kiranya anda mempertimbangkan asupan vitamin D dalam menu makanan anda. Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D dari ikan seperti salmon atau tuna. Anda juga bisa memilih suplemen Vitamin D yang sudah banyak di jual di pasaran.

10. Perbanyak Minum air putih

Air putih bukan hanya sebagai penangkal dehidarsi bagi tubuh tapi bisa menjadi solusi untuk memberi rasa kenyang dan menahan rasa lapar.  Cobalah untuk minum beberapa tegukan air putih saat rasa lapar melanda. Anda tidak perlu khawatir untuk karena mengkonsumsi banyak air putih karena justru merupakan sebuah kebiasaan khusus. Ingatlah jika tubuh kita terdiri atas 80% air, oleh karena itu kebiasaan minum air putih tentu sangat baik untuk diet dan juga kesehatan tubuh.

11. Cobalah Tidur Siang
Tips Agar Tidak Cepat Lapar Saat Diet
Cobalah Tidur Siang ( image ;foxnews.com)
Kelelahan yang di alami oleh tubuh menjadi salah satu faktor penyebab lapar gampang melanda.Ketika lelah tubuh akan cepat tersugesti untuk mendapatkan energi dari makanan. Ada baiknya anda mengalihkan sugesti itu ke tidur siang. Inilah cara efektif untuk mengembalikan tenaga dan kebugaran tubuh anda.

Nah itulah tips agar tidak cepat lapar saat diet yang bisa anda terapkan, perlu anda imbangi dengan olahraga dan menjaga pola makan agar diet anda cepat berhasil. Semoga bermanfaat.

Loading...