Kenali Penyebab Perut Masih Buncit Setelah Melahirkan dan Cara Mengatasinya


Loading...
Penyebab Perut Buncit Setelah Melahirkan - Ada banyak wanita yang seringkali terkejut mendapati perutnya masih tetap buncit setelah melahirkan bahkan seolah-olah masih mengandung bayi 6 bulan. Bahkan ada pula yang sering mengeluhkan karena munculnya garis kehitaman dan gurat putih strecth marks. Apalagi jika anda melahirkan dengan caesar sudah jelas akan memiliki luka bekas sayatan yang jelas nampak.

Jika anda mengalami hal seperti ini anda tidak perlu khawatir karena hal ini adalah sesuatu yang normal karena perut yang tetap besar setelah melahirkan memang membutuhkan waktu untuk kembali ke bentuk asalnya seperti sebelum hamil.

Penyebab Perut Masih Buncit Setelah Melahirkan

Kejadian alami ini terjadi karena saat bayi anda lahir maka terjadi sebuah perubahan pada hormon di dalam tubuh yang membuat rahim akan sulit menyusut ke ukuran sebelum masa kehamilan. Setidaknya di butuhkan waktu 6-8 minggu lamanya untuk mengembalikan rahim ke ukuran semula. Kondisi ini juga akan membuat stretch mark yang timbul akan ikut memudar dari 6 sampai 12 bulan setelah persalinan. Hal ini di akibatkan karena pigmentasi akan terjadi lebih mudah dan biasanya permukaannya menjadi lebih ringan dari kulit yang ada disekitarnya namun dengan tekstur yang relatif sama.

Memiliki perut yang normal pasca melahirkan pada dasarnya di butuhkan kesabaran, karena pada umumnya tubuh wanita membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk kembali ke bentuk semula. Perut yang selama sembilan bulan mengalami perenggangan karena menampung buah hati anda jelas perlu waktu untuk kembali kencang. 

Waktu yang dibutuhkan untuk mengembalikan bentuk perut pun juga sangat tergantung pada ukuran tubuh normal yang anda, seberapa banyak penambahan berat badan yang anda alami selama hamil, seberapa aktif anda bergerak dan juga terkait pada masalah gen yang anda miliki.


Wanita yang umumnya mengalami penambahan berat badan 13 kilo saat mengandung dan rutin berolahraga selama masa kehamilan,menyusui dan baru punya anak satu lebih cenderung mudah untuk kembali langsing. Namun jika tidak menyusui maka perhatikan asupan makanan, kurangi asupan kalori agar penurunan berat badan pasca melahirkan bisa lebih cepat.


Tips Mengecilkan Perut Buncit Setelah Melahirkan 


Untuk mengatasi perut buncit setelah melahirkan ada beberapa cara sederhana yang bisa anda lakukan dan tergantung dengan kondisi tubuh anda. Anda bisa menggunakan cara tradisional ataupun cara yang lebih modern untuk membantu anda mengecilkan perut buncit setelah melahirkan.

Cara tradisional untuk mengecilkan perut buncit bisa anda coba dengan minum jamu sebagai pengobatan dari dalam. Jamu yang berasal dari ramuan tradisional seperti beras,bengle,pulo sari,kayu manis, jahe dan asam jawa bisa menjadi pilihan untuk anda buat sebagai minuman pelangsing.

Selain itu untuk pengobatan dari luar, anda bisa mencoba menempelkan ramuan di perut. Langkah ini merupakan lanjutan dari meminum jamu. Buat ramuan dari beberapa bahan di atas yang sudah dilumat secara halus kemudian anda tempelkan pada perut. Ramuan ini akan memberikan rasa panas dan relaksasi untuk membantu membakar banyak lemak.

Imbangi cara diatas dengan tetap melakukan olahraga. Tidak perlu melakukan olahraga berat. Anda bisa mencoba olahraga yang lebih ringan seperti jalan kaki, mengikuti yoga atau rutin melakukan aerobik serta melakukan beberapa gerakan senam yang di fokuskan pada pembakaran lemak di sekitar area perut. Namun untuk lebih aman, ada baiknya anda berkonsultasi dulu dengan dokter untuk mendapatkan masukan mengenai olahraga yang cocok sesuai dengan kondisi tubuh anda, apalagi jika anda melahirkan secara caesar.


Penyebab Perut Masih Buncit Setelah Melahirkan
Menyusui cara paling efektif mengatasi perut bunci pasca melahirkan
Menyusui menjadi cara alami mengecilkan perut buncit setelah melahirkan, paling aman namun efektif. Menyusui buah hati terutama pada bulan-bulan pertama akan membantu tubuh anda membakar banyak kalori. Karena tubuh akan bekerja ekstra menghasilkan ASI dan memicu kontraksi yang dapat membantu mengecilkan rahim. Wanita yang tetap memberikan ASI ekslusif rata-rata lebih mudah menurunkan berat badan dibandingkan wanita yang tidak menyusui. 


Loading...