Teliti Sebelum Membeli, Inilah Tips Memilih Takjil Sehat Untuk Berbuka Puasa


Loading...
Tips Memilih Takjil Sehat Untuk Berbuka Puasa - Buka puasa tanpa takjil memang terasa kurang lengkap, Tapi berhati-hatilah karena berbagai bahan kimia sintetis berbahaya kerap di tambahkan pada makanan ini untuk memperindah penampilan, memperkuat rasa atau mengawetkan bahan makanan. 

Tips Memilih Takjil Sehat Untuk Berbuka Puasa


Bahan pewarna kimia berbahaya yang biasanya di gunakan sebagai pewarna tekstil dan kertas seperti rodamin A dan B, metanil yellow dll kerap di tambahkan untuk membuat makanan dan minuman tampil cantik dengan warna cerah.

Sementara tawas yang biasanya digunakan sebagai bahan penjernih air kini kerap di pakai sebagai bahan pengawet murah meriah untuk pengenyal bahan makanan. Sedangkan formal dehida atau formalin yang menjadi salah satu bahan utama cairan pembersih lantai,pupuk,lem dan 
pengawet mayat jamak di tambahkan agar makanan tak mudah basi.

Bahaya kesehatan jelas mengancam konsumen yang sempat menikmati makanan berbahaya ini, mulai dari yang ringan hingga berat antara lain yaitu :

1. Munculnya Rasa gatal pada tenggorokan
2. Iritasi kulit dan pernafasan
3. Keracunan hebat (Muntah dan diare yang parah)
4. Kerusakan organ hati
5. Sel darah merah berkurang
6. Sel otot polos tidak bekerja secara baik 
7. Bahkan dalam jangka waktu yang lama bisa memicu kanker

Ciri-ciri takjil dan makanan yang tidak sehat

Lalu bagaimana ciri takjil dan makanan yang tidak sehat ? Sebenarnya makanan yang mengandung bahan kimia relatif mudah di kenali antara lain :

1. warna yang sangat cerah (mencolok)
2. Rasa agak pahit di lidah
3. Aroma tidak alami
4. Permukaan mengkilat
5. Sangat kenyal atau mudah hancur
6. Tidak mudah basi dan harganya relatif murah

Tips memilih takjil sehat

Agar kenikmatan anda berbuka puasa dengan takjil tidak terganggu berikut beberapa tips memilih takjil yang sehat :

1. Pilihlah takjil yang di jual di tempat yang bersih

Selektif memilih penjual adalah langkah yang aman. Pilihlah penjual takjil yang lokasi berjualannya bersih dan nyaman

2. Perhatikan tekstur dan warna makanan

Makanan yang dicampur dengan bahan kimia berbahaya biasanya lebih cerah. Cara memeriksanya dengan menekan permukaannya, jika kembali utuh seperti semula, maka kemungkinan makanan tersebut mengandung bahan kimia berbahaya

3. Jangan terpengaruh pada harga murah

Jangn terpesona dengan takjil yang di jual dengan harga murah, karena banyak pedagang yang menawarkan makanan dengan harga merah. Perhatikan kondisi makanan dengan teliti, jika anda merasa curiga lebih baik jangan membeli

4. Perhatikan Baunya

Takjil dan makanan lain yang tidak segar biasnya berbau tidak sedap. Gunakan indera penciumaan untuk mengenali kesegaran takjil dan makanan lain yang hendak di beli.

5. Belilah di tempat yang sudah anda percaya

Jika selama ini anda sudah memiliki langganan tetap untuk membeli takjil, ada baiknya anda membeli saja dari sana. Jika seorang penjual sudah memiliki banyak pelanggan, maka hal ini bisa menjadi bahan pertimbangan anda. Kepercayaan masyarakat  menjadi salah satu faktor penentu apakah makanan atau takjil yang dia jual sehat dan aman.

Teliti sebelum membeli, cermat dalam memilih takjil dan makanan untuk berbuka puasa yang sehat serta aman menjadi faktor penentu kesehatan anda sekeluarga.

Loading...