Cara Diet Sehat Selepas Bersalin Paling Alami


Loading...
Cara Diet Sehat Selepas Bersalin - Ibu hamil terkadang mengalami masalah kenaikan berat badan yang cukup drastis. Bahkan berat badan bisa bertambah berkilo-kilo hanya dalam tempo 9 bulan saja. Menguruskan badan selepas bersalin dapat dilakukan dengan cara diet sehat dan benar serta dengan olahraga yang teratur. Saat menjalani proses persalinan ibu hamil tentunya masih memiliki berat badan yang masih gemuk dan atau berat badan belum kembali normal.

Cara Diet Sehat Selepas Bersalin


Banyak yang beranggapan jika pemberian ASI (Air susu ibu) cukup memberikan dampak yang siginifikan terhadap penurunan berat badan selepas bersalin. Namun hal ini tentu memerlukan startegi dan pola yang lebih khusus, sebab menjalankan diet dan tetap memberikan ASI tentu akan memberikan efek yang cukup buruk terhadap kualitas ASI dan perkembangan bayi.

Nah untuk itu beberapa tips diet sehat selepas bersalin beriktu ini bisa menjadi referensi berharga bagi anda yang ingin menjalankan diet selepas melahirkan tanpa harus mengorbankan perkembangan gizi buah hati anda.

Poin pertama yakni bangun dulu pemahaman anda, bahwa berat badan yang naik selama kehamilan memerlukan proses yang butuh waktu untuk mengembalikannya ke berat badan yang ideal.

Jadi dibutuhkan tingkat kesabaran dan kedisiplinan yang tinggi agar usaha diet yang dijalani tidak berjalan setengah-setengah atau berhenti di tengah jalan, lantaran ingin cepat-cepat mendapatkan berat badan ideal secara instan.

Jika pemahaman sudah dibangun, yakin dan ingin menjalankan program diet dengan disiplin barulah melangkah ke tahapan selanjutnya yakni mengatur pola asupan makanan. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang tetap mengandung banyak gizi seperti buah dan sayuran, kacang-kacangan serta berbagai macam sumber protein. Untuk makanan berkarbohidrat, mengandung gula dan lemak yang cukup tinggi sebaiknya di kurangi.

Tips Diet Sehat dan Alami Selepas Bersalin


1. Makan sering dengan porsi yang sedikit

Langkah untuk cukup penting untuk menghindari penumpukan lemak dalam tubuh. Biasakan untuk makan dalam porsi kecil namun lebih sering dibandingkan anda makan hanya beberapa kali namun dalam porsi besar. Cara menguruskan badan selepas bersalin ini cukup efektif untuk membantu mengontrol berat badan anda.

2. Kurangi makanan berlemak tinggi

Hal ini cukup penting sebagai pondasi anda menjalani pola hidup sehat. Jika anda menyusui maka sebaiknya jangan terlalu membatasi asupan makan anda demi kebutuhan nutrsii bagi buah hati anda melalu ASI. Namun untuk hal makanan berlemak, jenis makanan ini sebaiknya di kurangi demi mengontrol berat badan anda.

3. Imbangi dengan olahraga

Olahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh dan membantu percepatan penurunan berat badan anda. Lakukan olahraga yang ringan-ringan saja, seperti senam atau jogging. Olahraga juga diperlukan untuk membantu otot-otot dan tubuh anda kembali kencang selepas bersalin.

4. Minum Air putih

Cara diet sehat selepas bersalin selanjutnya anda memperhatikan kecukupan cairan dalam tubuh. Minumlah banyak air putih untuk membantu proses metabolisme tubuh anda. Air putih juga sangat penting untuk membersihkan racun terutama pada organ-organ pencernaan, membantu kenyang lebih lama dan membantu proses pembakaran lemak.


Loading...