Benarkah Tidur Bisa Bikin Kurus ? Ini Dia Jawabannya


Loading...
Tidur Bisa Bikin Kurus  - Mungkin anda sudah sering mendengar jika tidur berlebihan selalu diidentikan dengan rasa malas dan tubuh yang gendut. Namun tahukah anda jika ternyata tidur bisa menurunkan berat badan, bahkan kebalikannya kurang tidur bisa memicu naiknya berat badan.

Tidur Bisa Bikin Kurus
Photo Courtesy : ©crestock.com
Kualitas tidur yang baik bisa membantu anda menurunkan berat badan. Jadi jika anda sedang berdiet mungkin ada baiknya anda memperhatikan kualitas tidur anda terlebih di malam hari, setidaknya ada beberapa alasan mengapa tidur yang cukup bisa bikin anda lebih cepat kurus, seperti dilansir dari MagForWoman ini dia penjelasannya :


1. Tidur yang cukup bisa membantu metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh yang baik dan terjaga bisa membantu anda mencerna makanan jauh lebih lebih baik serta dan membuat anda tidak cepat lapar. Nah untuk mendapatkan sistem metabolisme tubuh yang yang baik itu salah satu hal yang perlu dipertimbangkan adalah dengan memiliki kualitas tidur yang baik.

Selain itu dengan memiliki pola tidur yang cukup tentu akan mengurangi kebiasaan ngemil anda.


2. Tidur yang cukup bisa menekan lonjakan kortisol dan mencegah stress

Kurang tidur biasanya akan mempengaruhi lonjakan hormon kortisol yang erat kaitannya dengan stress. Kadar hormon kortisol yang melonjak bisa membuat nafsu makan anda berlebihan sehingga akan mempengaruhi tubuh anda cepat gemuk.

Dengan pola tidur yang teratur , maka secara tidak langsung tubuh anda akan memiliki kadar kortisol yang lebih rendah sehingga anda akan memiliki lebih banyak energi di keesokan harinya sehingga peluang anda untuk membakar lebih banyak lemak juga lebih besar.


3. Pengaruhnya terhahap Ghrelin dan Leptin

Tahukah anda jika tubuh kita juga memproduksi hormon yang disebut Ghrelin dan Leptin. Kedua hormon ini memiliki peranan yang cukup besar terhadap nafsu makan anda.

Pada kondisi tubuh yang kurang tidur produksi kedua hormon ini cenderung meningkat sehingga tubuh anda terasa sulit untuk mengotrol nafsu makan, Oleh karena itu untuk menekan produksi kedua hormon ini, tidur yang cukup adalah solusinya.

4. Membantu Proses Insulin

Tubuh yang kurang tidur akan menurunkan produksi insulin sebesar 30%. Hormon ini diproduksi oleh pankreas. Dalam kondisi kurang tidur pankreas akan kesulitan memproduksi insulin sehingga akan susah memecah lemak sehingga membuatnya makin banyak menumpuk dalam tubuh.

Oleh karena itu tidur yang cukup akan membantu proses produksi insulin berjalan normal sehingga penumpukan lemak dalam tubuh bisa ditekan sebanyak-banyaknya.

Tips agar tidur bisa membantu menurunkan berat badan

Agar berat badan andatidak semakin bertambah karena kurang tidur, tidurlah antara 7 - 9 jam setiap hari. Tidur & bangunlah pada jam yang sama setiap harinya, sehingga tidur anda lebih teratur & berkualitas.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa anda pertimbangkan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas:

1. Hindari mengkonsumsi kafein, karena selain bisa membuat anda sulit tidur, juga memicu maag yang membuat anda sulit tidur.
2. Olahragalah secara teratur tetapi jangan sebelum tidur, karena olahraga akan membuat temperatur tubuh meningkat & membuat anda  sulit tidur.
3. Buatlah suasana kamar dengan pencahayaan yang nyaman & jangan meletakkan televisi dalam kamar.

Itulah beberapa manfaat dari tidur yang bisa menurunkan berat badan. Untuk itu perhatikan waktu dan kualitas tidur anda jika anda ingin menurunkan berat badan. Semoga artikelnya bermanfaat. Salam sehat.


Loading...