10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai Diet


Loading...
Menjalankan diet tidak selalu menjadi aktivitas yang menyenangkan. Bahkan sebagian orang yang belum pernah menjalankan diet, terkadang sulit menjalaninya secara konsisten. Bahkan terkadang diawal-awal menjalankan diet, ada yang mengalami keluhan karena efeknya terhadap tubuh.

Hal ini bisa dimaklumi sebab diet memang selalu identik dengan merubah pola makan, sehingga tubuh anda perlu waktu untuk beradaptasi. Disadur dari amerikanki.com 10 Hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai diet berikut ini bisa saja menjadi bahan referensi bagi anda yang baru saja ingin memulai program diet menurunkan berat badan, bahkan ini bisa menjadi faktor penentu yang bisa memastikan peluang keberhasilan anda saat menjalankan diet.

1. Set Goals / Menentukan Tujuan

10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai Diet

Salah satu hal yang paling penting untuk dipertimbangkan sebelum memulai diet adalah tujuan Anda. Tanpa tujuan yang realistis, diet Anda mungkin akan gagal. Anda perlu mempertimbangkan apa yang ingin Anda capai dengan diet Anda dan bagaimana Anda ingin melakukannya. Perencanaan makanan Anda juga sangat penting anda pertimbangkan.

Anda perlu pahami beberapa jenis makanan yang bisa mendukung program diet anda. Kesiapan untuk meninggalkan beberapa makanan yang menjadi favorit anda selama ini juga mutlak diperlukan.

2.  Membuat Perencanaan Penurunan Berat Badan

Membuat rencana penurunan berat badan adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan sebelum memulai diet. Buatlah Sebuah rencana penurunan berat badan yang detail.

Termasuk pula rencana detail akan makanan yang Anda akan konsumsi saat menjalankan diet. Perencaan terkait jenis olahraga yang berkaitan dengan program diet anda juga termasuk dalam perencanaan ini.

Perencaan diet yang matang bisa membantu mendukung program diet anda.

3. Upayakan Untuk Tetap Sehat

10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai Diet


Ada banyak jenis diet diluar sana yang sangat tidak sehat, meskipun pada akhirnya bisa menurunkan berat badan anda beberapa kilo. Namun tentu anda tetap ingin sehat setelah berhasil menurunkan berat badan bukan.

Hindari penggunaan pil diet yang bisa membahayakan kesehatan anda pertimbangkanlah diet yang sehat serta diet yang benar-benar tidak memiliki resiko dan menimbulkan efek samping terhadap kesehatan anda. Salah satu yang bisa anda jadikan referensi adalah diet detox.

Baca lebih jelasnya di : Mengenal apa itu diet detox

4. Berpikir Jangka Panjang

Apa gunanya anda menjalankan diet yang hasilnya tidak bisa bertahan lama. Anda tentu tidak ingin dengan susah payah berdiet, namun hanya dalam tempo beberapa minggu atau bulan berat badan naik lagi bukan ?

Oleh karena itu pertimbangkan program diet yang benar-benar memberikan hasil untuk jangka panjang. Pertimbangkan pula diet yang anda jalani benar-benar alami.

5. Mereview diet yang populer

Ini adalah langkah yang cukup bijak dan cerdas sebelum anda memulai diet. Ini berlaku jika anda ingin menjalankan diet-diet yang lagi populer di kalangan pelaku diet.

Mereview diet bisa anda lakukan melalui media online untuk menemukan infomasi dan ulasan yang padat menyangkut jenis diet tersebut.


6. Konsultasikan dengan Dokter Anda

Menjadi sesuatu yang penting untuk berkonsultasi dengan dokter Anda setiap kali Anda akan membuat perubahan besar untuk diet Anda. Jangan lupa untuk menjadwalkan kunjungan untuk mendiskusikan diet Anda dengan dokter Anda sebelum memulai. Pertemuan dengan dokter sangat penting jika Anda memiliki kondisi medis yang sudah ada sebelumnya.

7. Ketahui Kebutuhan Kalori Anda

Mengtahui kebutuhan kalori tubuh anda adalah salah satu aspek yang paling penting dari diet. Jika Anda ingin diet berjalan secara efektif, maka Anda perlu tahu akan seberapa besar porsi makan anda. Hal ini penting sebagai dasar anda pada kebutuhan kalori, bukan pada sekedar nafsu makan anda.


8. Menghilangkan kebiasaan buruk

Ada banyak kebiasaan buruk yang bisa merusak program diet. Salah satunya adalah kebiasaan ngemil berlebihan saat menoton televisi. Anda harus mampu mengetahui cara menghilangkan kebiasaan buruk seperti ini, dan dengan begitu anda bisa sukses menjalani diet dan bisa menurunkan berat badan anda sesuai dengan yang diharapkan.


9. Menggabungkan Makan sehat dan Olahraga

10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai Diet

Menurunkan berat badan dengan diet hampir selalu lebih mudah ketika Anda menggabungkan makan sehat dengan olahraga. Latihan atau olahraga bisa mengurangi nafsu makan Anda, membakar lebih banyak kalori, dan membuat Anda merasa lebih sehat.

10. Dukungan Keluarga dan Teman

Bagi sebagian orang diet terkadang sangat sulit untuk dilakukan oleh karena itu sebelum memulai diet penting untuk mempertimbangkan dukungan keluarga dan teman-teman anda. Jelaskan tujuan diet Anda dan rencana penurunan berat badan kepada mereka. Mendapatkan dukungan dari orang-orang yang dekat anda bisa menjadi kompone kunci dalam meningkatkan peluang Anda untuk sukses penurunan berat badan.

Diet mungkin terdengar sangat sulit, namun bukan berarti anda tidak bisa menjalaninya. 10 hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai diet yang telah kami bahas di tulisan ini setidaknya bisa menjadi referensi berharga bagi anda sebelum benar-benar membulatkan tekad untuk menjalankan diet. Semoga berhasil ! Salam sehat.


Loading...