Makan Buah Sebelum Atau Sesudah Makan Mana Paling Baik ?


Loading...
Ada pepatah mengatakan "Satu buah apel perhari akan menjauhkan anda dari dokter". Pepatah ini berangkat dari begitu besar manfaat buah-buahan bagi kesehatan tubuh kita.

Buah-buahan juga menjadi salah satu makanan serbaguna, ia bisa dikonsumsi sebagai kudapan,makanan penutup bahkan terkadang menjadi cemilan sehat untuk menurunkan berat badan bagi mereka yang sedang diet.

Makan Buah Sebelum Atau Sesudah Makan

Namun terkadang muncul pertanyaan dalam benak kita makan buah sebelum atau sesudah makan mana yang paling baik ? Ya meskipun tidak ada aturan baku menyangkut hal ini, namun setidaknya ada beberapa aturan yang perlu di pahami terkait dengan mengkonsumsi buah-buahan.

Tentang komposisi dan kombinasi saat mengkonsumsi buah

Sebelum menjawab pertanyaan tentang saat yang tepat makan buah, perlu kiranya kita memahami tentang komposisi buah dan bagaimana sebenarnya makan buah yang baik. Komposisi buah setidaknya terdiri atas :

  • Buah yang memiliki sifat asam seperti limau dan jeruk.
  • Buah yang memiliki banyak serat (buah-buahan yang dimakan dengan kulitnya, seperti apel, anggur, dan lain-lain).
  • Buah yang memiliki banyak kandungan air (melon, semangka, dll).
  • Buah-buahan berdaging (pisang, apel, mangga, dll).
Dari poin di atas kita bisa melihat tentang sifat dan keunikan tersediri dari jenis buah. Tergantung sifatnya buah-buahan ini lebih baik mengkonsumsi mereka untuk dimakan sendirian atau dikombinasikan.

Namun akan lebih dan disarankan untuk mengkonsumsinya secara terpisah atau satu-satu dalam artian menghindari pencampuran diantara meraka.

Hal ini dipandang perlu sebab terkadang mengkomsumsi secara tercampur terkadang bisa menyebabkan sakit perut dan gangguan pencernaan. 

Meskipun tidak semua mengalami kondisi seperti ini, namun alangkah lebih baik untuk menghindari mengkonsumi lebuh dari satu buah dalam satu waktu.  Paling tidak hindari kombinasi buah manis dan buah asam.

Kapan Waktu Terbaik Makan Buah

Seorang pakar gizi dari RSAB Harapan Kita, dr Laila Hayati mengatakan, waktu terbaik untuk mengkonsumsi buah adalah satu jam sebelum makan.

Alasannya adalah agar gizi dari buah bisa terserap secara maksimal. Hal ini sangat dimungkinkan karena buah-buahan mengandung gula dalam bentuk paling alami, sehingga tidak harus dipecah menjadi bentuk yang lebih sederhana sebelum diserap tubuh.

Juga, sebagian besar buah-buahan mengandung hampir 90% sampai 95% air. Dengan demikian, mereka hanya membutuhkan 15-25 menit untuk dicerna.

Jadi  jika dikonsumsi sebelum makan, buah telah dicerna terlebih dahulu dan tidak perlu menunggu giliran sebelum diserap tubuh

Begitu pun sebaliknya, jika dikonsumsi setelah makan, buah-buahan harus menunggu giliran untuk dicerna. Hal ini akan membuat perut terasa penuh.

Oleh karena itu dr Laila menambahkan, tidak ada salahnya untuk mengkonsumsi buah setelah makan hanya saja haru s ada jeda setidaknya dua jam setelah makan besar.

Makan buah sebelum makan juga baik juga menjadi salah satu panduan diet sehat yang bisa membantu anda menurunkan berat badan, sebab makan buah juga akan memberi rasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengontrol naiknya berat badan. Hal ini disebabkan karena buah-buahan mengandung banyak serat yang sangat baik untuk membantu pergerakan makanan dalam perut.

Makan Buah Sebelum Sarapan

Buah juga sangat dianjurkan menjadi makanan awal untuk sarapan. Makan pagi dengan potongan buah dan jus buah lebih disarankan dibanding makan berat dengan sepiring nasi dan lauk pauk yang menjadi kebiasaan orang Indonesia.

Mengkonsumsi buah sebelum sarapan menjadi cara terbaik untuk memulai hari anda. Sebab saat tubuh kita tertidur selama 7-8 jam sejak tadi malam tidak mendapatkan suplai makanan apapun, olehnya itu disarankan makan buah setiap pagi. 

Makan Buah Sebelum Atau Sesudah Makan

Penerapan pola makan buah sebelum sarapan ini ikut membantu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh secara perlahan. Makan buah-buahan yang sehat setiap pagi pada saat perut kosong atau sebelum sarapan, akan membantu tubuh untuk menyerap semua nutrisi penting yang diperlukan yang ditemukan dalam buah-buahan. Hanya saja disarankan makan buah yang sehat sebaiknya tidak dicampur bahan tambahan seperti mayonaise atau es krim

Inilah alasan kenapa disarankan untuk makan buah-buahan sebelum makan. Membiasakan cara makan buah yang seperti ini akan menguntungkan bagi kesehatan Anda dalam jangka panjang.

Buah Yang Baik Adalah Buah Yang Segar

Makan Buah Sebelum Atau Sesudah Makan

Tentu saja buah yang segar adalah buah terbaik untuk anda konsumsi. Buah-buahan yang segar tentu memberi manfaat yang lebih baik dibandingkan dengan buah yang diproses seperti buah beku atau buah kalengan sebab buah yang seperti ini biasanya  memiliki kandungan gula, bahan pengawet, atau bahan kimia tambahan lainnya yang bisa membahayakan tubuh sehingga tidak dianggap sebagai buah yang sehat.

Yang perlu diingat juga, pada kasus-kasus tertentu misalnya pada penderita diabetes, makan buah-buah tertentu bisa mengakibatkan meningkatkan kadar gula darah, sebabnya disarankan bagi mereka (penderita diabetes) untuk mengkombinasikan buah dengan sedikit karbohidrat dan protein.

So ulasan diatas sudah memberikan sedikit gambaran mengenai kapan waktu terbaik makan buah sebelum atau sesudah makan ? Jadi ubah kebiasaan makan buah anda demi mendapatkan manfaat buah yang lebih optimal. Semoga bermanfaat !


Loading...