Pengen Kurus ? Coba Diet Alkaline


Loading...
Ya seiring dengan berjalannya waktu berbagai metode penurunan berat badan juga semakin berkembang. Salah satu yang fenomenal belakangan ini adalah diet Alkaline.

Pengen Kurus ? Coba Diet Alkaline

Diet Alkaline ini bahkan menjadi salah satu diet populer di kalangan artis Hollywood, sebut saja Kirsten Dunst, Victoria Beckham, dan Gwyneth Paltrow menjalankan metode diet ini untuk menjaga bentuk tubuh mereka.


Lalu Seperti apa itu Diet Alkaline serta apa saja Manfaatnya ?

Dilansir dari Honestly Healthy Alkaline Programme. Diet alkaline lebih menekankan pada konsumsi makanan dengan tetap menjaga pH (kadar keasaman) tubuh di level normal, yakni 7.35-7.45. Maka dari itu diet ini bukan hanya efektif membantu menurunkan berat badan namun juga manfaatnya cukup besar terhadap pencegahan penyakit. 

Manfaat Diet Alkaline diantaranya :

1. Mempertahankan Keseimbangan pH Tubuh

Ada kebenaran di balik teori bahwa makanan meninggalkan sebuah "residu" asam atau basa setelah melalui proses metabolisme. 

Secara umum, produk-produk hewani dan biji-bijian adalah pembentuk asam, sedangkan buah-buahan dan sayuran adalah pembentuk basa.

Makanan yang dikonsumsi seperti daging, pasta, nasi atau makanan dengan kandungan asam tinggi akan mengganggu keseimbangan alkaline. Kondisi inilah yang dapat membuat berat badan seseorang bertambah. Oleh karena itu, setiap orang membutuhkan makanan alkaline (bersifat basa) yang dapat mempertahankan keseimbangan pH dalam tubuh.

Dr Elisabeth Phillips seorang ahli nutrisi di AS mengungkapkan, bagian terpenting dari diet adalah menjaga keseimbangan. Anda tidak diharuskan menghindari semua jenis makanan yang mengandung pH (asam), tetapi menguranginya dan membatasi konsumsinya.

Dasar teori dari alkaline diet adalah tubuh menjadi sasaran empuk penyakit jika bersifat asam. Oleh karena itu, kita membutuhkan makanan alkaline (bersifat basa) yang dapat mempertahankan keseimbangan pH dalam darah.

Sifat 'asam' diperoleh jika pH kurang dari 7, sedangkan 'basa' berarti mengandung pH lebih dari 7. €œKadar pH ideal bagi tubuh adalah 7.35-7.45.

Cara kerja program diet ini adalah menyeimbangkan pH hingga tingkat optimal, lalu membangun sel dan jaringan tubuh, sehingga badan menjadi sehat. Dengan diet ini, berarti juga telah melakukan detoksifikasi (pembuangan racun dari dalam tubuh), sehingga sel-sel tubuh dapat berfungsi dengan baik.

2. Mengatasi Insomnia

Para pelaku diet alkaline sangat percaya, jika diet ini adalah diet terbaik untuk mengatasi insomnia. Mereka meyakini jika diet alkaline dapat meningkatkan mood,daya ingat,keseimbangan hormon dan daya tahan tubuh.

Tentang Komposisi Diet Alkaline

70:30 adalah komposisi ideal untuk menjalankan metode diet alkaline. Komposisi ini yakni 70% makanan yang kita konsumsi adalah makanan ber-alkaline. Makanan yang dianjurkan dalam hal ini adalah sayuran dan buah seperti bayam,kecambah,melon,alpukat,pepaya,kacang-kacangan dan semangka. Sementara sisa nya 30% adalah makanan asam.

Diet alkaline ini memiliki perhitungan tersendiri dimana perhitungannya lebih ditekankan pada jenis makanan yang diasup bukan pada jumlah kalori.


Saat menjalankan diet ini dan saat mengkonsumsi makanan ber-alkaline, secara alami menurunkan jumlah kalori sehingga dapat menurunkan berat badan. Selain itu dapat meningkatkan energi,mengurangi nyeri dan membantu sistem pencernaan.

Meskipun diet alkaline menjadi diet populer dikalangan artis Hollywood, bukan berarti diet ini serta merta mudah dilakukan oleh semua orang. 

Untuk itu sangat disarankan kepada anda untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda sebelum menjalani diet alkaline ini.


Loading...