Diet Mediterania - Diet Untuk Jantung Sehat


Loading...
Mengenal Diet Mediterania mungkin sangat cocok bagi anda yang ingin menjalankan diet sehat dan bagus untuk jantung anda. Diet mediterani merupakan metode diet yang terbentuk karena terinspirasi dari pola makan tradisional masyarakat di negara-negara Eropa Selatan, Afrika Utara, dan Timur Tengah yang berbatasan langsung dengan Laut Mediterania.

Diet Mediterania - Diet Untuk Jantung Sehat

Cara melakukan diet mediterania ini sebenarnya berkaitan dengan gaya hidup. Dalam berbagai penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan bahwa Diet Mediterania bisa membantu mengurangi risiko gangguan jantung. 

Para peneliti juga menemukan fakta melalui para partisipan yang terlibat dalam penelitian, bahwa diet mediterania ini dapat membantu menurunkan risiko kematian akibat penyakit jantung, kanker, dan Parkinson. Ini berkat sumber makanan yang dikonsumsi para pelaku diet mediterania ini. 

Sebuah Fakta Tentang Diet Mediterania

Para ahli menyebutkan jika gaya hidup terutama berkaitan dengan pola makan dan minum dari orang-orang yang hidup di Mediterania dianggap yang paling menyehatkan. Pasalnya, dalam kehidupan sehari-hari apa yang mereka makan dan minum, serta bagaimana cara memasak makanan tersebut begitu sehat dan aman untuk dikonsumsi setiap hari.  

Oleh karena itu, tingkat kesehatan dari mereka cukup tinggi dibanding dengan orang-orang yang hidup di belahan dunia laingaya hidup terutama berkaitan dengan pola makan dan minum dari orang-orang yang hidup di Mediterania dianggap yang paling menyehatkan. 

Pasalnya, dalam kehidupan sehari-hari apa yang mereka makan dan minum, serta bagaimana cara memasak makanan tersebut begitu sehat dan aman untuk dikonsumsi setiap hari.  Oleh karena itu, tingkat kesehatan dari mereka cukup tinggi dibanding dengan orang-orang yang hidup di belahan dunia lain.

Faktor dan Kunci Penentu Keberhasilan Diet Mediterania

Sebelum menjalankan diet mediterania ini setidaknya ada beberapa informasi dasar yang perlu dipahami agar diet mediterania ini bisa berjalan sukses :

1. Kunci Penentu Keberhasilan Diet Mediterania - Sumber Makanan 

Saat menjalankan diet Mediterania, Anda bisa mengkonsumsi berbagai bahan makanan yang sederhana dan bisa didapatkan dengan mudah, namun harus dipastikan jika sumber atau bahan makanan itu benar-benar menyehatkan, Pilih berbagai jenis bahan makanan berikut ini yakni bijian-bijian,buah-buahan,sayuran hijaua,rempah,kentang dan pasta.

2.  Kunci Penentu Keberhasilan Diet Mediterania - Sumber Serat

Duet sayur dan buah jelas sangat diperlukan sebagai sumber serat.antioksidan, dan berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan oleh tubuh Anda. Tapi, yang ingi­n kami jelaskan adalah bahwa diet ini menyarankan sayur dan buah yang tak terlalu banyak mengalami proses pengolahan.

3. Kunci Penentu Keberhasilan Diet Mediterania - Sumber Protein

Pada dasarnya diet Mediterania bukanlah jenis diet ketat yang bisa menyiksa tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda masih diperbolehkan mengkonsumsi daging tanpa lemak, seperti ayam, ikan, atau unggas. Daging tersebut bermanfaat sebagai sumber protein untuk asupan tubuh. Namun demikian, Anda cukup mengkonsumsi jenis daging tersebut dalam porsi kecil dengan tujuan untuk mengendalikan berat badan.

4. Kunci Penentu Keberhasilan Diet Mediterania - Ganti Minyak Anda

Salah satu kunci utama Diet Mediterania adalah pemilihan minyak zaitun dan kanola. Bahkan, kedua­nya juga bisa menggantikan margarine atau butter.

Sebagai referensi Setiap harinya pelaku diet mediterani ini mengonsumsi setidaknya empat sendok makan atau lebih minyak zaitun. Minyak zitun merupakan minyak yang baik untuk kesehatan jantung.

5.  Kunci Penentu Keberhasilan Diet Mediterania - Air putih

Air putih memegang peranan penting untuk mensukseskan diet mediterania ini. Konsumsi setidaknya 8 gelas air putih dalam sehari .Kandungan mineral di dalam air putih itu sangat baik untuk menjaga proses metabolisme di dalam tubuh.

6.  Kunci Penentu Keberhasilan Diet Mediterania - Pengolahan Makanan

Dalam menjalankan diet mediterania ini yang perlu dipahami pula adalah bagaimana cara memasak makanan. Cara memasak seperti yang dilakukan oleh orang-orang Mediterania, yaitu dengan cara dibakar, dipanggang, atau dikukus. Tidak pernah bahan makanan yang sudah disediakan digoreng saat proses memasaknya karena dapat menghilangkan gizi dan nutrisi di dalamnya.

Dengan mengenal beberapa informasi tentang diet mediterania sebagai diet untuk jantung sehat ini bukan tidak mungkin anda ingin menjalankannya. Oleh karena itu silahkan anda lebih mendalami informasi tentang diet mediterania ini dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Semoga artikel yang sempat kami rangkum mengenai diet mediterania ini bermanfaat. Salam sehat 


Loading...