Diet Sehat Yang Bisa Mengurangi Resiko Kanker


Loading...
Baru-baru ini sebuah studi dari Spanyol menemukan sebuah diet yang bisa mengurangi resiko kanker. Diet apakah itu ? Diet mediterania.

Ya Diet mediterania diyakini bisa mengurangi resiko kanker payudara. Diet mediterania memang dikenal sebagai salah satu diet sehat yang bukan hanya bisa menurunan berat badan tapi juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan khususnya untuk mencegah penyakit jantung, meningkatkan kecerdasan otak dan menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Diet Sehat Yang Bisa Mengurangi Resiko Kanker

Para peneliti dari Spanyol ini meneliti secara acak lebih dari 4.200 wanita, usia 60 tahun sampai 80 tahun dan meminta mereka untuk melakukan diet Mediterania yang dilengkapi dengan minyak zaitun extra virgin atau dengan kacang atau diet kontrol rendah lemak.

Seperti di lansir dari laman Health, salah seorang peneliti bernama Dr. Miguel Angel Martinez-Gonzalez mengatakan " Kami menemukan efek yang kuat dari intervensi diet jangka panjang dengan diet Mediterania dan minyak zaitun extra virgin pada kasus kanker payudara,”

Dibandingkan dengan kelompok kontrol diet, kelompok diet Mediterania yang menambahkan minyak zaitun dalam diet mereka memiliki risiko 68 persen lebih rendah terkena kanker payudara.

Para wanita yang diteliti sejak tahun 2003-2009 berisiko tinggi terkena penyakit jantung dan obesitas. Obesitas sendiri merupakan faktor risiko untuk kanker payudara.

Penelitian ini dilakukan dalam kerangka sebuah studi besar yang disebut PREDIMED, dirancang untuk melihat efek dari diet pada pencegahan penyakit jantung. Buku ini diterbitkan secara online di JAMA Internal Medicine.

Apa manfaat minyak zaitun yang ditambahkan dalam diet mediterania sehingga mampu mencegah kanker payudara? Jawabannya adalah zat yang terkandung dalam minyak zaitun mungkin menghambat pertumbuhan sel kanker payudara dan membunuh sel-sel abnormal.

Strategi lain untuk mengurangi risiko kanker payudara adalah makan makanan yang kaya sayuran, kurangi minum alkohol, tidak merokok dan menjalani skrining kanker payudara seperti yang direkomendasikan oleh dokter.

Sumber : jpnn.com


Loading...