Apa Makanan Diet Terbaik Setelah Melahirkan


Loading...
Pada umumnya, para kebanyakan ibu hamil dan pasca kelahiran, tubuhnya akan naik beberapa kilo. Hal ini sangat wajar dan anda tidak peru risau akan akan hal itu. Namun jika anda ingin menjalankan diet setelah melahirkan sambil menyusui, tentu ada perlu mempertimbangkan menu diet yang harus anda konsumsi setiap hari.

Makanan Diet Setelah Melahirkan

Untuk itu tulisan kali ini mungkin bisa menjadi referensi bagi anda yang mencari makanan diet setelah melahirkan tanpa harus khawatir dengan program laktasi (menyusui) yang anda jalani bersama buah hati anda.

Namun satu hal yang perlu dipahami bahwa, menurunkan berat badan setelah melahirkan tentu saja harus di imbangi dengan berolahraga, sebab dengan begitu proses pembakaran lemak yang menumpuk dalam tubuh akan semakin optimal yang tentu saja akan membantu anda menurunkan berat badan pasca melahirkan.



Apa Makanan Diet Terbaik Setelah Melahirkan ?

Sebelum melangkah jauh mengenai ragam makanan terbaik untuk diet pasca hamil, perlu untuk dipahami akan kebutuhan nutrisi apa yang tubuh anda perlukan pasca hamil apalagi jika anda menyusui. 

Kebutuhan nutrisi ibu hamil yan paling penting adalah bersumber dari dari makanan yang memberikan kecukupan energi. Menjalankan diet setelah melahirkan sangat berbeda dengan diet yang dilakukan oleh wanita biasa (tidak dalam masa pasca melahirkan). 

Menurut Kathy McManus, RD salah seorang staff dan anggota dewan Fitness dari  Brigham Women's Hospital di Boston mengatakan jika kebutuhan energi bagi tubuh tidak hanya berasal dari banyak atau sedikitnya waktu istirahat atau tidur malam kita, tapi juga sangat terkait dengan makanan yang kita konsumsi setiap hari.

Seorang wanita yang menjalani diet setelah melahirkan haruslah mampu mendapatkan energi yang cukup, Sangat penting untuk mengkonsumsi makanana yang memberikan sumber energi, terlebih wanita pasca melahirkan tentu akaa berkaitan dengan pemberian asi dan aktivitas merawat bayi mereka.

Kebutuhan akan nutrsi tersebut juga sangat beragam dan mencakup :
  • Buah-buahan dan sayur-sayuran
  • biji-bijian
  • Protein, seperti ikan, daging sapi, dan kedelai
  • Susu - memilih skim atau susu rendah lemak
  • sayuran hijau
  • Zat Besi, terutama jika Anda menderita gejala postpartum. Anda dapat menemukan ini dalam makanan seperti sereal, jus prune, dan daging tanpa lemak.
  • Vitamin C, yang dapat membantu penyembuhan luka bagi ibu yang melahirkan cesar yang bisa ditemukan dari buah jeruk, tomat,dan buah-buahan kaya vitamin c lainnya

Cemilan Sehat Untuk Diet Setelah Melahirkan 


Jika anda ingin ngemil, ada baiknya mempertimbangkan pilihan cemilan anda. Sangat disarankan untuk memilih cemilan sehat dan menghindari cemilan yang banyak mengandung gula dan pemanis buatan. Kalopun anda merasa tidak tahan, cobalah hanya mencicipi sedikit saja.

Untuk itu ada baiknya memilih cemilan sehat seperti :
  • Biskuit gandum dengan hummus
  • Kacang 
  • Secangkir sereal gandum dengan susu rendah lemak.
  • 1 butir telur rebus dengan beberapa wortel
  • Keju rendah lemak dengan sepotong buah
  • Selai kacang pada apel
  • Plain yogurt 

Poin Penting Menjalani Diet Pasca Hamil

Menurut McManus, ada beberapa kesalahan yang dilakukan oleh banyak wanita saat menjalani diet pasca melahirkan Dimana mereka menempuh cara diet yang sama sebelum mereka hamil.

Cara seperti ini tidak disarankan. Memang anda perlu menurunkan berat badan setelah melahirkan tapi bukan berarti anda membiarkan diri anda untuk terus-menerus lapar karena takut malah berat badan makin naik.

Yang paling penting adalah, jalani diet anda secara perlahan,sesuaikan dengan kondisi tubuh anda , dimana tidak sama seperti saat anda belum hamil Kondisi tubuh anda setelah melahirkan membutuhkan proses dan cara tersendiri saat menjalankan diet.

Selama 9 bulan terakhir tubuh Anda telah melalui banyak perubahan dan Anda memiliki kemungkinan mengalami kondisi psikis yang naik turun sepanjang proses kehamilan. Tubuh sebenarnya memiliki kemampuan untuk memulihkan diri dari semua aspek kehamilan secara alami. Rahim akan menutup dan kembali ke ukuran semula dalam waktu sekitar 6 minggu, sedangkan ligamen tubuh akan kembali ke panjang dan elastisitas normal sekitar 3-6 bulan.

Sayangnya, jaringan otot tidak merespon dengan cara yang sama, sehingga perlu latihan dan rutinitas baru untuk mengembalikan kekuatan, kepadatan, dan fungsionalitas otot-otot tersebut.
Penting untuk Anda ingat bahwa latihan dan pengaturan pola makan yang tepat tetap menjadi dasar yang kuat untuk mendapatkan kembali berat ideal Anda.

Pasca melahirkan tubuh Anda membutuhkan nutrisi lebih banyak untuk proses pemulihan. Protein, zat besi, dan vitamin C adalah nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk memulihkan diri dengan cara meregenerasi sel-sel dan jaringan tubuh yang rusak setelah melahirkan. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan yang kaya serat untuk melancarkan pencernaan. Hindari mengonsumsi makanan digoreng, berlemak, dan berkalori tinggi sebab inilah nutrisi inilah yang paling penting anda perhatikan dari makanan deiet setelah melahirkan agar berat badan Anda tidak bertambah pasca melahirkan

sumber referensi :
fitnessmagazine.com
duniafitnes.com

Loading...