Panduan Diet Vegetarian Untuk Menurunkan Berat Badan


Loading...
Diet sehat dan bergizi memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan secara keseluruhan dari tubuh. Maka sangat wajar jika banyak yang memilih diet vegetarian untuk menurunkan berat badan.

Cara Diet Vegetarian Untuk Menurunkan Berat Badan

Diet vegetarian mengacu pada konsumsi nabati dan bukan hewani. Artinya kebutuhan nutrisi tubuh kita terpenuhi dari konsumsi sayuran dan buah sebagai pengganti dari makanan yang bersumber dari hewani.

Vegetarian tak perlu khawatir kekurangan gizi. Semakin banyak orang yang kini memutuskan untuk menjadi vegetarian. Seorang vegetarian menjalani diet rendah lemak dan kaya serat, dan karenanya lebih banyak mengonsumsi buah-buahan, sayuran, kacang polong, gandum, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

Manfaat dari Diet Vegetarian :

Ada banyak manfaat ketika anda menjalani diet vegetarian diantaranya adalah

  • Menurunkan kadar kolesterol
  • Mengurangi tekanan darah tinggi dan ketegangan hiper,  Sayur dan buah merupakan bahan makanan yang memiliki kandungan lemak yang sangat baik dan tidak membahayakan tubuh. Oleh sebab itu, menjadi vegetarian dapat membuat tekanan darah tetap dalam batas aman dan jantung juga selalu dalam kondisi sehat
  • Mengurangi risiko penyakit kardiovaskular
  • Memainkan peran penting untuk menurunkan berat badan
  • Asupan gizi dan serat yang diterima tubuh dalam jumlah cukup sama dengan jumlah kalori yang dihasilkan produk daging. Selain keseimbangan gizi, makanan vegetarian juga menyehatkan proses pencernaan dalam tubuh karena serat dari sayur-sayuran maupun buah
  • Menjadi vegetarian dapat menurunkan resiko kanker. Pola makan vegetarian banyak mengkonsumsi zat antioksidan, mineral, fitokimia, vitamin dan banyak nutrisi lain. Beberapa nutrisi tersebut dapat meningkatkan sistem imunitas yang mampu melawan berbagai jenis penyakit kanker. Makanan nabati memang membantu penyembuhan penyakit kronis dan berbahaya seperti kanker dan jantung. Selain itu kita bisa terhindar dari penyakit pencernaan seperti sembelit, wasir, kanker usus, dsb

Bagaimana Cara Menjalankan Diet Vetegarian ?

Jika Anda non-vegetarian, akan sulit bagi Anda untuk menjadi seorang vegetarian, Namun ada bisa memulainya secara perlahan-lahan. Awali dengan mencoba diet vegetarian selama 5-7 hari dan liat bagaimana perbedaan yang anda dapatkan dalam tubuh anda.

Dalam rangka untuk memulai diet vegetarian,lakukan secara benar dengan menjaga pola makan. Sertakan banyak protein, serat, antioksidan dan vitamin penting lainnya dalam menu diet anda yang berasal dari buah dan sayuran.

5 Menu Terbaik Diet Vegetarian

1. Sayuran Hijau 

Ini adalah gudang vitamin, mineral, fitonutrien, dan antioksidan, protein dan serat. Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, peterseli, Kale dll mengandung lebih sedikit kalori dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh kita.

2. Kacang-Kacangan dan Biji-bijian

Kacang-kacangan adalah sumber  serat, protein, vitamin, mineral.Kaya akan  asam lemak, tetapi lemak yang sehat.  Kacang-kacangan dan biji-bijian seperti biji rami, biji wijen, almond, kenari, kacang, biji bunga matahari, biji labu tidak hanya menjaga jantung kita sehat dan mengurangi kolesterol, tetapi juga menguatkan tulang dan fungsi otak. Kacang-kacangan dan biji-bijian juga mengandung jumlah yang kaya asam lemak omega-3.

3. Susu Kedelai

Sumber makanan kaya protein seperti ikan dan ayam menjadi menjadi pengeculaian dalam diet vegan ini. Oleh karena itu, kita harus memasukkan lebih banyak produk susu dari kedelai dan kacang-kacangan dalam diet vegetarian ini karena mengandung sejumlah protein dan nutrisi lainnya dan serat untuk membantu proses lemak dalam tubuh kita.

Produk yang dibuat dari kedelai seperi tahu atau kacang panggang, buncis, lentil, kacang hitam, dapat membantu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh,mengurangi nafsu makan dan membantu menurunkan berat badan.
4.  Sereal dan Gandum

Sertakan roti gandum Brown Rice, Oats, Bubur dan roti Barley dalam diet vegan ini. Sumber makanan ini  memiliki banyak nilai gizi. Mereka adalah sumber zat besi dan seng dan memberikan energi untuk tubuh kita.

5. Buah-buahan

Ya, tentu saja kita tidak dapat mengabaikan buah-buahan. Buah adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam jenis diet yang satu ini. Buah memiliki kandungan kalori yang sedikit, namun kaya akan serat, vitamin, mineral, antioksidan dan nutrisi lainnya,

Buah tidak hanya meningkatkan metabolisme kita tetapi juga menurunkan tingkat tekanan darah, kadar kolesterol dan membuat jantung kita sehat. Untuk menurunkan berat badan, selalu memilih buah-buahan dengan kadar air tinggi seperti seperti semangka, melon, Apel, Pepaya,dan Berries.

Baca juga : Cara meningkatkan metabolisme tubuh saat diet

Contoh Panduan Diet Vegetarian yang Bisa anda Terapkan :

Diet vegetarian harus direncanakan dengan baik sehingga memberikan semua nutrisi yang memenuhi rasa lapar Anda namun tentu tidak meningkatkan berat badan Anda bisa mulai dengan diet vegetarian untuk menurunkan berat badan dengan panduan dibawah ini :

1. Pagi hari saat perut masih kosong mulailah hari Anda dengan madu dan jus lemon hangat. minuman  ini sangat efektif sebagai detoks dalam menyingkirkan racun berbahaya dalam tubuh kita.

2. Sarapan :

Bila anda ingin menikmati telur dadar untuk sarapan pagi, sebaiknya kurangi sedikit porsi dari kuning telurnya dan gantikan dengan jamur, paprika atau sayuran bayam maupun bawang.

Jika anda memilih sereal kurangi sedikit porsi sereal nya dan gantikan dengan potongan buah-buahan segar seperti apel, strawberry, pisang, pear, melon ataupun papaya.

Atau anda dapat menikmati semangkok potongan buah-buahan segar seperti, melon, papaya, semangka, apel, atau pear.

3. Makan siang

Gantikan sedikit porsi dari asupan karbohidrat seperti nasi, mie atau bihun dengan sayuran segar, seperti: tomat, daun selada, timun. Atau sayuran yg dikukus seperti, brokoli, wortel, asparagus, sawi putih, labu siam kecil, jagung manis. ingatlah jika porsi sayuran mesti menempati porsi terbesar di piring anda

4. Makan Malam

• Semangkuk sup bening campuran sayuran wortel, brokoli, jamur, jangung.
• Atau semangkuk sayuran kukus dengan pepes tahu.
• Pilihan lain sepiring salad sayuran segar terdiri dari selada, paprika, tomat dengan salad dressing yg rendah kalori

5. Cemilan malam

Kecambah / apple / mentimun / wortel / kacang / teh dengan biskuit lite atau apel, pear, jeruk, semangka, lengkeng, papaya atau Talas kukus dan bisa juga dengan Jagung manis kukus.

6. Sebelum tidur

Segelas  susu skim hangat namun anda telah minum susu saat sarapan ganti minuman ini dengan buah.

Cara Diet Vegetarian Untuk Menurunkan Berat Badan


Nutrisi penting untuk Diet Vegan
  • Kalsium: rendah lemak atau susu skimed, yogurt dan keju, susu kedelai, sereal, sayuran, kacang-kacangan, almond, selai kacang dll
  • Besi: Dapat anda dapatkan dari buah jeruk,, jus melon dan tomat untuk meningkatkan penyerapan zat besi.
  • Protein:  kacang kedelai, biji-bijian utuh, 
  • Vitamin B12: ragi gizi, susu kedelai, serela siap saji
  • Vitamin D: susu kedelai, susu skim, jus jeruk, dan sereal

Hal penting lain yang perlu dipertimbangkan saat menjalankan diet vegan

Jika Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan dan ingin memilih diet vegetarian, maka ingatlah hal-hal berikut.
  • Jangan paksa tubuh anda dalam keadaan yang lapar
  • Makan dalam porsi kecil namun sering
  • Jangan pernah melewatkan sarapan.
  • Berolahraga setidaknya 30 menit dalam sehari
  • Makan 2 buah dan 2-3 porsi sayuran setiap hari sehingga Anda mendapatkan cukup serat
  • Minum air dan tetap terhidrasi.
  • Lupakan soda dan minuman berkarbonasi lainnya
  • Hindari junk food makanan yang digoreng, permen dan makanan yang mengandul pemanis buatan.
Dengan menjalankan panduan diet vegetarian untuk menurunkan berat badan di atas dan  merubah pola hidup anda menjadi lebih sehat, maka anda dapat menurunkan berat badan dan menjaga berat badan ideal anda. Tetap berpikir positif , jangan cepat menyerah dan selalu disiplin. Semoga berhasil


Loading...