Tips Diet Yang Aman Untuk Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Lancar


Loading...
Kebanyakan wanita akan mengalami kenaikan berat badan selama masa kehamilan, Masa kehamilan identik dengan bertambahnya berat badan dengan angka yang cukup signifikan.

Sebab itulah tidak mengherankan jika setelah melahirkan, banyak perempuan yang terobsesi untuk kembali mendapatkan bentuk tubuh ideal dengan menjalani semacam program untuk bisa langsing setelah melahirkan.

Akan tetapi ada poin penting yang harus di garis bawahi seperti apa diet yang aman untuk ibu menyusui agar produksi ASI tetap lancar. Hal ini perlu dipertimbangkan sebab, diet tentu saja akan memotong beberapa asupan konsumsi anda sehari-hari yang jika tidak dijalankan dengan benar tentu akan berpengaruh pada produksi ASI.

Untuk agar niat anda untuk menurunkan berat badan pasca melahirkan, dan tetap tidak mempengaruhi produksi serta kualitas ASI untuk bayi anda, berikut beberapa tips yang sekiranya patut untuk dipertimbangkan :

Kapan waktu yang tepat untuk diet setelah melahirkan


Jangan terburu-buru !! sebab wanita  yang ketika itu telah menjadi seorang ibu tidak bisa hanya mempertimbangkan penampilannya saja, akan tetapi juga harus menjaga kesehatan dan ASI eksklusif untuk bayi yang baru dilahirkannya.

Tips Diet Yang Aman Untuk Ibu Menyusui Agar ASI Tetap Lancar

Oleh karena itu bagi wanita khususnya mereka yang memberikan ASI eksklusif pada buah hatinya baiknya menunda program langsing setelah melahirkan setidaknya pada kurang lebih enam bulan pertama setelah melahirkan atau selama mereka memberikan ASI eksksluif.


Penundaan ini lebih kepada upaya ibu memprioritaskan kesehatan dan tubuh kembang buat hati. Masa-masa menyusui merupakan masa yang cukup sulit dalam kehidupan seorang ibu karena mereka harus benar-benar menjaga dan mengatur pola maupun menu makanan.

Beberapa orang tertentu bahkan mewajibkan diri mengkonsumsi makanan-makanan tertentu, sehingga kondisi ini sangat tidak mendukung untuk melakukan programlangsing setelah melahirkan.

Beberapa kasus menunjukkan bahwa dalam masa menyusui, sebagian perempuan mengalami penurunan berat badan sehingga mereka tidak perlu susah-susah menjalankan program diet yang bertujuan untuk kembalilangsing setelah melahirkan.

Setelah masa menyusui ekslusif berakhir, barulah sebaiknya para ibu mulai memikirkan programlangsing setelah melahirkan.Pada masa ini mereka tidak lagi memiliki tuntutan untuk mengkonsumsi makanan-makanan tertentu, sehingga mereka lebih leluasa untuk menjalakan program diet

Nah ketika waktu itu sudah datang ada beberapa poin yang anda perlu perhatikan saat menjalakan diet saat menyusui :


1. Memilih Makanan Yang Tepat dan Menyehatkan

Selama proses menyusui, disarankan bagi anda untuk memperbanyak asupan konsumsi dari makanan yang kaya akan vitamin, seperti sayur,buah-buahan,kaorbohidrat dan protein rendah lemak.

Makanan- makanan ini selain bisa melancarkan produksi ASI juga cukup efektif membantu anda menurunkan berat badan.


2. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Proses menyusui, tentu akan membuat tubuh anda mengeluarkan banyak cairan, nah untuk menghindarkan tubuh dari dehidrasi konsumsilah banyak air putih sebab Produksi ASI juga membutuhkan tambahan air. Air putih juga efektif menurunkan berat badan.


3. Lupakan Junk Food

Hindari makanan cepat saji karena banyak mengandung lemak jahat yang justru akan membuat tubuh anda makin naik. Selain itu junk food juga bisa berpengaruh pada produksi ASI. Selain junk food, hindari pula alkohol dan nikotin. Ada banyak pengaruh buruk nikotin dan alkohol bagi tubuh ibu menyusui, salah satunya akan mempengaruhi rasa ASI.

4. Olahraga Ringan

Karena tubuh anda masih dalam tahap pemulihan, ada baiknya menjalankan olahraga yang ringan saja. Jogging atau bersepeda bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain membuat tubuh sehat dan tetap bugar, efektif membakar lemak yang menumpuk, rutin berolahraga juga dapat membuat produksi ASI berjalan dengan baik.

5. Tetap Berkonsultasi dengan Dokter

Untuk membangun rasa keyakinan dan mendapatkan beberapa masukan, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter anda mengenai hal apa saja yang harus Ibu lakukan jika ingin menurunkan berat badan walaupun sedang menyusui.

Semoga tips diet yang aman untuk ibu menyusi agar asi tetap lancar yang telah kami ulas dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk anda.

Sumber referensi artikel ini :
tabloid-nakita.com
bidanku.com

Loading...