17 Trik Menjaga Berat Badan Tetap Ideal Pasca Diet


Loading...
Banyak orang mempertanyakan alasan mengapa setelah begitu banyak pengorbanan untuk menurunkan berat badan dua kilo, dalam sekejap mata malah kembali gemuk.

Jika anda juga mengalami masalah ini, tulisan ini mungkin bisa menjadi referensi bagi anda mengenai cara menjaga berat badan setelah diet.

Ada 16 Trik Menjaga Berat Badan Tetap Ideal Pasca Diet yang kami rincikan ke dalam poin-poin penting berikut ini :

Cara Menjaga Berat Badan Tetap Ideal Pasca Diet

Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #1 - Pahami Sepenuhnya Makna Di Balik Diet

Banyak orang berpikir bahwa diet adalah sebuah trend atau sesuatu yang dilakukan sesekali. Diet sebenarnya adalah cara baru mengenai perubahan pola makan dari yang sebelumnya tidak terkontrol mengkonsumsi makanan tidak sehat menjadi kebiasaan mengasup makanan yang sehat.

Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #2 - Jangan Lupakan Sarapan

Jika anda ingin menjaga berat badan setelah diet, maka jangan lupakan sarapan. Sarapan akan memberikan energi bagi tubuh anda.

Saat melupakan sarapan. maka kemungkinan untuk banya mengasup makanan di siang hari sering kali sulit dihindari, jika ini terjadi maka secara tidak langsung akan berdampak pada naiknya berat badan anda. Sarapan yang sehat untuk diet dianjurkan untuk menyediakan 300-400 kkal dan termasuk satu porsi biji-bijian, susu tanpa lemak dan sepotong buah.

Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #3 - Keseimbangan nutrisi

Tidak ada salahnya makan makanan yang digoreng atau termasuk ke dalam junk food sesekali. Namun Anda juga perlu memerhatikan porsi dan frekuensinya. Jaga keseimbangan nutrisi makanan yang sehat dan batasi makanan yang bisa melonjakkan berat badan.

Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #4 - Mengunyah Makanan

Dianjurkan setidaknya memiliki waktu 30 menit untuk makan dan harus mengunyah setiap gigitan setidaknya 15 detik berfokus pada selera Anda.

Dengan demikian, otak akan menyadari bahwa perut Anda sudah penuh. Jika Anda makan kecepatan tinggi, otak tidak bisa merasakan kenyang dan karena itu akan cenderung makan berlebihan.

Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #5 - Dedikasikan satu buah hari 

Jika Anda ingin detoksifikasi tubuh yang baik untuk diet anda , Anda dapat memilih sat hari dalam seminggu sebagai hari buah-buahan terutama untuk mengkonsumsi jeruk atau apel hijau. Hindari pisang atau mangga karena mengandung banyak gula.


Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #6 - Cemilan

Agat cara menjaga berat badan setelah diet ini berjalan dengan baik, perhatikan cemilan anda. Jika tiba-tiba Anda merasa lapar, bukannya makan cookie gula atau es krim,

Anda bisa makan wortel, bengkuang dan mentimun dengan lemon dan cabai, apel. Intinya usahakan anda mengganti cemilan diet  anda, buah bisa menjadi salah satu pilihan.


Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #7 - Makan Malam

Jangan makan berlebihan saat makan malam Menurut penelitian, makanan paling berpotensi menggemukann badan saat dikonsumsi pada malam hari. Oleh karena itu, dianjurkan untuk makan malam yang ringan saja. ( baca juga : Menu Diet Untuk Makan Malam)

Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #8 - Cek Berat Badan Secara Berkala

Dengan rutin mengecek berat badan tidak akan membuat Anda kecolongan dan dapat memantau perkembangan kenaikan atau penurunan berat badan.

Lakukan pengecekan setiap seminggu sekali. Namun jangan terlalu memusingkan hal-hal kecil, berat badan yang naik turun 0,5 – 1,5 kg dalam seminggu atau bahkan dalam sehari merupakan hal yang wajar.

Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #9 - Tetap Aktif

Untuk menjaga berat badan tetap ideal, seseorang diperlukan untuk tetap aktif sepanjang hari. Idealnya, seseorang harus dapat membakar 2.000 kalori per hari untuk pria dan 1.600 kalori untuk wanita.

Beberapa cara dapat dilakukan. Seperti mencuci mobil atau kegiatan lain selama 30 menit dapat membakar 300 kalori. Atau bisa dengan naik turun tangga yang dapat membakar 100 kalori

Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #10 - Perbanyak Air Putih

Mengkonsumsi air putih yang banyak sangat penting untuk mempertahankan berat badan setelah diet. Air putih memiliki peranan penting dalam sistem metabolisme tubuh. Untuk itu selalu sediakan air mineral setiap anda bepergian. 

Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #11 - Asupan Vitamin D

Asupan vitamin D diperlukan untuk menjaga berat badan setelah diet. Vitamin D akan membantu meningkatkan kadar leptin di otak, yang akan memberi sinyal pada otak bahwa Anda masih kenyang. (baca juga : 4 Jenis Vitamin dan Mineral Yang Anda Butuhkan Saat Diet)

Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #12 - Hindari Soda

Dalam berbagai penelitian telah dijelaskan jika minuman berkarbonasi sama sekali tidak memiliki nutrisi apapun untuk tubuh. Bahkan cenderung memiliki efek buruk terhadap kesehatan terkait dengan masalah diabetes,jantung,liver,kanker dan obesitas, untuk itu hindari minum soda agar berat badan tidak naik lagi.

Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #13 - Pikirkan Kembali Usaha Anda

Ketika anda telah berhasil menurunkan berat badan, tidak ada salahnya anda kembali melihat-lihat foto-foto anda saat masih memiliki tubuh yang gemuk. Ini bisa menjadi pengingat akan betapa besar pengorbanan yang telah anda lakukan demi menurunkan berat bada.

Hal ini tentu akan menjadi motivasi untuk anda agar tetap menjaga berat badan meskipun sudah tidak menjalankan diet lagi. Mungkin terdengar sepele, namun terkadang sering dilupakan oleh banyak orang.

Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #14 - Tidur yang Cukup

Sangat penting bagi tubuh kita untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup. karena menurut penelitian, jika Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup, ini akan mengubah kontrol diri akan nafsu makan karena  nafsu makan terkait dengan leptin (hormon yang mengurangi rasa lapar) dan meningkatkan sekresi ghrelin (hormon yang merangsang nafsu makan?

Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #15 - Menjaga Mood

Mood yang baik akan memengaruhi aktivitas harian dan pilihan makanan yang Anda makan. Perasaan buruk bisa memengaruhi hormon yang berhubungan dengan berat badan. Jadi, pastikan Anda selalu bahagia dan bebas stres.

Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #16 - Berikan penghargaan untuk diri anda sendiri

Pada saat anda telah berjuang keras mati-matian untuk mendapatkan berat badan yang ideal, maka hadiahilah usaha anda dengan sebuah penghargaan.

Penghargaan disini maksudnya bukanlah pemberian barang ataupun sejenisnya, tetapi anda cukup membuat diri anda lebih semangat dalam menjalankan program diet.

Misalkan anda boleh mengkonsumsi makanan yang anda sukai tetapi harus dengan porsi yang ditentukan.


Trik Mempertahankan berat badan pasca diet #17 - Tetap Berolahraga

Selain bisa membantu mempertahkan tubu agar tetap ideal pasca diet, olahraga yang rutin juga membuat sendi dan tulang lebih fleksibel dan kuat, serta meningkatkan stamina.

Idealnya adalah lakukan olahraga tiga kali seminggu. Latih seluruh bagian tubuh Anda dengan dengan memfokuskan otot tubuh yang berbeda setiap harinya. Anda bisa memilih jenis olahraga ringan atau yang bersifat relaksasi dan pernapasan seperti yoga.



Loading...