15 Latihan Aerobik Terbaik Untuk Mengecilkan Perut Buncit


Loading...
Menurunkan berat badan,membakar kalori,menghilangkan lemak dan mengecilkan perut buncit adalah fakta tertentu yang selalu ada dalam benak anda ketika akan memulai latihan rutin setiap hari.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa latihan aerobik merupakan salah satu latihan paling umum yang dilakukan oleh banyak orang sebagai bentuk dari usaha mendapatkan manfaat dari olahraga. Baik untuk kebugaran, melatih otot,membakar lemak serta bagian dari diet untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut.

Hal ini tidak bisa dipungkiri, sebab manfaat aerobik untuk kesehatan memang sangat besar bukan hanya sebagai cara untuk menurunkan berat badan dan latihan kebugaran semata.

Baca juga : Manfaat Aerobik Bagi Kesehatan Selain Bisa Melangsingkan Tubuh

Mengapa Aerobik Bisa Membantu Mengecilkan Perut Buncit ?

Naiknya berat badan tentu saja seiring dengan penumupukan lemak dalam tubuh. Sejumlah lemak yang menumpuk itu tersebar dibeberapa bagian tubuh, namun daerah perut menjadi area yang paling banyak menimbun lemak.

Dengan menumpuknya lemak di daerah perut, tentu akan membuat perut makin buncit, ukurang pinggang yang makin melebar. Gaun atau celana favorit anda selama ini mungkin akan semakin kecil dan tubuh membutuhkan celana serta bagian dengan ukuran yang jauh lebih besar.

Namun diluar dari pada itu efek terburuk dari penumpukan lemak bukan hanya terletak pada persoalan perut buncit. Ada hubungan nyata antara akumulasi penumpukan lemak dalam tubuh dalam hal obesitas dengan penyakit kardiovaskular. Dalm artian kegemukan atau obesitas merupakan tanda bahaya bagi kesehatan sehingga membutuhkan sebuah usaha untuk mencegah dan menjaga tubuh dari penyakit-penyakit kardiocaskular seperti jantung,stroke dll.

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana cara agar tubuh bisa membakar lemak lebih banyak dengan aerobik? Sebuah studi kesehatan baru-baru ini menunjukkan bahwa latihan aerobik adalah salah satu cara terbaik untuk membakar lemak perut.

Hasil penelitian itu menunjukkan bahwa orang yang melakukan latihan aerobik secara teratur untuk jangka waktu 6 sampai 8 bulan kehilangan sekitar 2,5 inci lemak perut, atau 1,5 kali lebih banyak daripada mereka yang terlibat dalam latihan lainnya.

Berangkat dari situ, dalam tulisan ini kami telah merangkum 15 latihan aerobik terbaik untuk mengecilkan perut yang sekiranya layak anda coba dalam variasi latihan anda agar dapat memangkas lebih banyak lemak dan membantu anda mendapatkan tubuh ideal yang anda idam-idamkan.

15 Latihan Aerobik Terbaik Untuk Mengecilkan Perut Buncit Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Ya..anda tidak perlu bersusah-susah mendatangi pusat kebugaran, karena latihan-latihan bisa anda lakukan di rumah. Lakukan secara rutin agar bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih baik.

1. Circuit training

Circuit training adalah rangkaian latihan yang dilakukan secara berurutan dengan menggabungkan latihan beban dan latihan kardio dalam rangkaian latihan tertentu. Penelitian telah menunjukan bahwa dengan melakukan circuit training berarti tubuh Anda membakar lemak lebih efektif daripada melakukan latihan kardio intensitas sedang.

Selain itu Anda dapat menghemat waktu karena Anda dapat melakukan berbagai latihan dalam satu waktu dengan hasil yang memuaskan. Circuit training dilakukan berturut-turut dari satu latihan ke latihan lainnya dalam satu rangkaian berurutan dengan sedikit jeda diantara set.

Latihan ini dapat selesai hanya dalam waktu 15-20 menit. Tergantung dari jumlah latihan, repetisi, dan sirkuit yang Anda jalankan. Cukup singkat bukan?

2. Stair Exercises

Jika anda memiliki tangga di rumah, maka cobalah Stair Exercises. Stair Exercises atau naik turun tangga dapat dijadikan sebagai media untuk membakar kalori lebih banyak.Naik turun tangga selama 30 menit dapat membakar 200 kalori. Selain dapat dilakukan dirumah, latihan naik turun tangga bisa anda lakukan dengan memanfaatkan sela kesibukan di kantor atau saat anda melepaskan penat sejenak dengan  menaiki atau menuruni tangga.

3. Skipping
Ilustrasi Skipping - Latihan aerobik membakar lemak
Skipping adalah salah satu olahraga yang cukup digemari dan sangat sering dilakukan oleh masyarakat luas. Tidak memerlukan biaya yang besar dan dapat dilakukan dimana saja adalah salah satu yang menjadi daya tarik olah raga ini.

Melakukan skipping selama satu jam bisa membakar sekitar 730 kalori (untuk orang dengan berat badan 72 kg), 910 kalori (untuk berat 90 kg) dan hampir 1.100 kalori (untuk berat 108 kg).

4. Kickboxing

Kickboxing bisa menjadi salah satu alternatif bagi anda yang menginginkan sensasi berbeda dari latihan membakar lemak. Latihan aerobik sederhana ini mampu membakar 863 kalori dalam satu jam dan sangat baik untuk membakar lemak di daerha pinggan dan paha.


5. Core Power Yoga

Core Power yoga kini sedang digemari baik kaum adam dan hawa. bukan hanya sekadar yoga biasa seperti Ashtanga dan Hatha. Power yoga diperuntukkan untuk menurutkan berat badan. Sama halnya seperti fitness, Core Power Yoga mengeluarkan banyak energi dan keringat dan efektif untuk membentuk otot.

Gerakan core power yoga bisa disamakan dengan aerobik. Berbeda dengan yoga lainnya yang fokus pada hening dan keseimbangan. core power yoga memiliki tempo dan gerakan yang cepat.

Meskipun latihan ini "hanya" membakar lebih dari 200 kalori , namun salah satu yang mengesankan dari latihan core power yoga ini adalah dapat mengencangkan otot yang kendur dan membentuknya seperti latihan angkat beban.

6. Squat

Jika anda benar-benar ingin membakar lemak lebih banyak dan menghilangkan perut buncit maka squat adalah pilihan yang tepat. Squat adalah latihan yang sangat baik terutama untuk otot di paha, pinggul, dan pantat. Tidak hanya itu, latihan squat juga dapat meningkatkan kadar testosteron yang dapat meningkatkan massa otot dan juga meningkatkan daya tahan otot jantung.

7. Squat Jump

Squat jump memang sangat efetif buat Anda yang ingin membentuk tubuh. Squat jump standart sangat mudah dilakukan oleh siapapun. Prinsip pada squat jump adalah melakukan lompatan setinggi mungkin dari posisi jongkok dengan menggunakan kaki. Lompatan dari posisi jongkok akan memperkuat otot paha depan, otot paha belakang, serta betis Anda. Membakar lebih banyak lemak diperut dan baik untuk meningkatkan denyut jantung anda .

8. Hulo Hoop

Ya hulo hoop, meskipun ini identik dengan permaianan masa kecil, namun ternyata hula hoop efektif membantu membakar lemak di sekitar area perut dan pinggang anda.

Latihanlah dengan  menggunakan hula hoop selama 30 menit setiap hari. Ketika Anda menggerakkan perut Anda dengan gerakan melingkar, lemak di perut Anda akan terbakar dan hilang.

9. Burpee

Burpee mungkin menjadi salah satu latihan aerobik yang kurang disukai oleh banyaka orang. Namun burpee menawarkan banyak manfaat untuk membantu anda membakar banyak lemak.

Melakukan burpee itu berarti anda menggerakan seluruh badan anda dan tentunya efek pembakaran kalori untuk sleuruh tubuh tentu akan semakin tinggi. Burpee sangat baik untuk membetuk otot dan membantu mengecilkan perut buncit dan membetuk perur sixpack.

10. Jogging

Ini adalah latihan aerobik membakar lemak paling populer. Jogging juga termasuk latihan yang efektif membakar lemak, meningkatkan denyut jantung dan metabolisme tubuh.

11. Jumping Jacks
Ilustrasi Jumping jack - Latihan aerobik membakar lemak
Jumping Jacks atau meloncat-meloncat merupakan latihan aerobik paling sederhana dan tentu saja sangat mudah untuk anda lakukan di rumah. Orang-orang banyak melakukan jumping jacks sebagai pemanasan latihan kardiovaskuler dan membuat anda cukup untuk berkeringat dan tentu saja itu akan membantu anda membakar lemak.

12. Switch kicks 

Switch kicks adalah olahraga kardio yang dapat membakar banyak lemak dalam waktu singkat sekaligus membentuk paha, bokong, perut, punggung, dan lengan sekaligus.

Stepnya adalah sebagai berikut:

(1). Berdiri tegak dengan tangan mengepal di depan wajah,
(2) tendang satu kaki ke depan selurus mungkin,
(3) melompatlah untuk mengganti kaki yang satunya,
(4) condongkan badan ke belakang agar punggungmu ngga keseleo.

Lakukan pemanasan ringan untuk kaki dan punggungmu sebelum melakukan switch kicks lakukan ini selama 1 menit dan istirahatkan tubuhmu selama 10 menit. Ulangi minimal sebanyak 3 kali dalam sekali latihan

13. Tinju

Boxing atau tinju adalah latihan aerobik yang membuat seluruh tubuh anda bergeral. Alih-alih melakukan treadmill cobalah tinju, latihan ini sangat baik untuk meningkatkan denyut jantung dan menurunkan berat badan

14. Back Up

Gerakan aerobik back up sangat cocok untu pembakaran lemak di daerah perut melatih otot pinggang dan paha bawah.

15. Menari

Anda bisa memilih jenis tarian seperti zumba, belly dance,Bhangra atau bollywood dance. Kesemua bentuk tarian ini cukup efektif untuk membantu anda membakar banyak lemak. Melakukannya pun cukup menyenangkan dapat membuat tubuh Anda fleksibel dan juga membantu dalam penurunan berat badan.

Itulah 15 latihan aerobik terbaik untuk mengecilkan perut buncit yang bisa anda coba di rumah. Ingat untuk mengimbanginya dengan pola makan yang sehat dan menjauhkan diri dari berbagai kebiasaan-kebiasaan buruk yang justru akan menggalkan usaha anda untuk mendapat perut rata da tubuh yang ideal.

Baca juga : 8 Hal Yang Harus Kamu Hindari Agar Tubuh Kamu Cepat Langsing



Loading...