Inilah Penyebab Mengapa Diet Rendah Karbohidrat Jarang Berhasil


Loading...
Inilah Penyebab Mengapa Diet Rendah Karbohidrat Jarang Berhasil - Diet rendah karbohidrat menjadi salah satu pola diet yang banyak dilakukan oleh beberapa orang demi menurunkan berat. Diet rendah karbohidrat banyak dipilih karena lantaran menjanjikan hasil cepat dengan usaha minimal sehingga tak jarang kemudian banyak melakoni diet rendah karbohidrat ini secara ekstrem.

Penyebab Mengapa Diet Rendah Karbohidrat Jarang Berhasil

Namun tahukah, menurut Tufts-New England Medival Center, 95% pelaku diet yang mengasup kalori secara besar-besaran ketika berhasil menurunkan berat badan, tidak berapa lama kemudian berat badan akan kembali naik dan 21% dari orang yang melakoni diet rendah kerbohidrat ini akan gagal dan berhenti begitu memasuki dua bulan pertama, dan hampir setiap orang yang disurvei mengalami kenaikan berat badan kembali setelah mereka menjalani diet dengan pembatasan asupan karbohidrat yang sangat ketat.

Baca juga : Inilah Pola Makan Yang Menyebabkan Susah Turunkan Berat Badan dan Diet yang Disarankan

Penyebab Utama Mengapa Diet Rendah Karbohidrat Jarang Berhasil


Setidaknya ada dua penyebab utama mengapa diet rendah karbohidrat jarang berhasil dan tidak memberikan hasil yang signifikan.

Alasan yang pertama tentu erat kaitannya dengan manfaat karbohidrat bagi tubuh sebagai sumber energi. Jika jumlah asupan karbohidrat bagi tubuh terbatasi maka ini sama saja mengurangi dan menurunkan kinerja metabolisme tubuh. Saat metabolisme tubuh melambat, maka proses pembakaran lemak akan ikut melambat. Hal ini disebabkan karena metabolisme tubuh yang baik memiliki peranan penting untuk memaksimalkan pembakaran lemak, terlebih saat menjalankan program diet.

Alasan yang kedua diet rendah karbohidrat lebih rentan memicu rasa lapar yang berkepanjangan. Saat sedang lapar, maka akan sulit mengontrol nafsu makan sehingga akan melahap jumlah makanan dalam porsi besar yang pada akhirnya akan merusak dan menggagalkan program diet yang sedang dijalani.

Terkait : Kenali 6 Faktor yang Bisa Merusak dan Menghambat Diet Anda

Yang lebih parah lagi disaat tubuh mengalami pembatasan asupan karbohidrat berkepanjangan, maka kita akan kehabisan bahan bakar dari karbohidrat, dan sebagai gantinya tubuh akan mengambilnya dari otot. Faktor ini lah kemudian yang disebut sebagai katabolisme otot atau penyusutan otot karena terpakai sebagai bahan bakar utama, karena bahan bakar utamanya dalam hal ini karbohidrat telah habis.

Upaya dan Langkah Untuk Mengatasinya

Tidak bisa dipungkiri jika diet selalu erat kaitannya dengan pembatasan asupan makanan, namun jangan karena lantaran itu, kita kemudian lupa, sehingga membatasi semuanya secara membabi buta.


Karbohidrat adalah sumber kalori utama bagi tubuh. Namun bukan berarti anda melupakan karbohidrat untuk tubuh anda. Oleh karena itu ada beberapa langkah penting yang bisa dilakukan untuk membantu agar diet cepat berhasil dengan cara yang lebih sehat.

Langkah yang pertama adalah tetap memastikan tubuh anda mendapatkan asupan karbohidrat yang cukup. Untuk itu sertakan karbohidrat dalam menu makanan anda, sebab tubuh tetap membutuhkan karbohidrat. Anda bisa memilih beberapa jenis karbohidrat yang lebih kompleks seperti nasi merah, oatmeal,sereal yang memberikan nutrisi lebih lengkap dari nasi putih biasa.

Jangan lupa menyediakan makanan-makanan kaya protein sebagai pelengkap menu diet anda, karena ini akan bermanfaat untuk meningkatkan massa otot, memperbaiki metabolisme dan fungsi tubuh. Diet tinggi protein dan kaya akan serat merupakan cara diet yang lebih nyaman dan membantu anda kenyang lebih lama serta efektif menurunkan berat badan.

Terkait : Tips Agar Tidak Cepat Lapar Saat Diet 

Tetap melakukan olahraga dan latihan-latihan yang berguna untuk memaksimalkan pembakaran lemak dalam tubuh sehingga harapan anda untuk menurunkan berat badan jauh lebih optimal.

Jadikana segala rutinitas anda sebagai aktivitas yang sehat, bukan sebagai beban yang justru akan menurunkan kualitas hidup anda untuk mendapatkan tubuh yang ideal.

Semoga sajian kami mengenai penyebab diet rendah karbohidrat jarang berhasil kali ini, bermanfaat, terkhusus bagi anda yang sedang mencari informasi seputar cara diet sehat dan cara langsing secara alami.


Loading...