7 Kebiasaan Sehabis Makan Yang Bikin Tubuh Makin Gemuk


Loading...
Tahukah Anda bahwa naiknya berat badan bisa dipicu oleh kebiasaan yang dilakukan sesudah makan? Kebiasaan tersebut berdampak pada tingkat metabolisme dan pencernaan seseorang. Lebih parah lagi, kebiasaan itu bisa berdampak hebat pada kesehatan. Lihat apa saja kebiasaan yang harus Anda singkirkan pasca-makan agar tidak bertambah gemuk.

1. Melonggarkan ikat pinggang



Buat kamu yang suka memakai ikat pinggang, sering kali setelah makan kamu akan mengendurkan ikatan pinggang yang dipakai. Ternyata, hal tersebut bisa menyebabkan otot-otot perut mengendur dan perut akan menjadi besar dan menonjol keluar. Sebaiknya, kebiasaan tersebut dihindari ketika setelah makan, agar badan tidak mudah gendut.

Baca juga : Kegemukan dan Bahayanya Terhadap Wanita

2. Tidur
via :mnn.com
Tidur sesudah makan membuat proses pencernaan melambat dan bisa berujung pada kembung. Ini juga salah satu faktor yang menyebabkan naiknya berat badan. Agar aman, Anda paling tidak harus menunggu dua jam setelah makan untuk kemudian tidur dengan tenang.

3. Makan buah

Kebiasaan ini juga sangat banyak dilakukan oleh banyak orang setelah makan. Mengonsumsi langsung buah setelah makan, dapat membuat perut nggak bisa mencerna buah tersebut. Buah tersebut akan terurai dalam perut dan membuat pencernaan akan lambat. Jadi, makanlah buah satu jam setelah makan, merupakan kebiasaan baik yang dapat mencegah berat badan naik.

4. Olahraga Berat
via :t-nation.com
Olahraga berat yang memicu banyak tenaga dan keringat adalah salah satu yang tidak dianjurkan setelah makan.Olah raga setelah makan akan meningkatkan tekanan darah dan suhu tubuh. Kegiatan ini juga bisa menyebabkan sakit perut dan kram.

Baca juga : 15 Latihan Aerobik Terbaik Untuk Mengecilkan Perut Buncit

5. Merokok

Secara umum, merokok tidak baik untuk kegiatan apa pun. Tapi khusus untuk sesudah makan, merokok akan lebih membahayakan karena menyebabkan asam, rasa panas di jantung, dan kenaikan berat badan

6. Mandi

Mandi setelah makan malam dapat memperlambat proses pencernaan dan metabolisme tubuh. Ini akan memperlambat aliran darah menuju perut dan menurunkan suhu tubuh, yang berakibat dapat memperlambat proses pencernaan. Sebaiknya, kamu mandi setelah beberapa jam setelah makan, atau malah mandi sebelum makan.

7. Malas-Malasan 

Adalah hal wajar untuk leyeh-leyeh sesaat setelah makan. Tapi ternyata ini juga bisa menyebabkan kenaikan berat badan yang signifikan. Lebih baik Anda berjalan kaki santai selama sepuluh hingga 20 menit agar melancarkan metabolisme. Ini juga bisa mencegah perut kembung.

So jika anda tidak mau makin gendut, Hindari 7 kebiasaan ini setelah makan ini ya :)


Loading...