Agar Diet Berjalan "Stabil" Bantu Dengan Cheating Day


Loading...
Cheating day sebaiknya tidak selalu diartikan sebagai cara curang untuk mengakali program diet Anda. Jika Anda mengetahui ilmu di balik cheating day, cara ini justru membuat tubuh Anda langsing lebih cepat.

Cheating day atau satu hari di mana Anda bebas makan apapun nyatanya tak harus dihindari ketika melakukan program penurunan berat badan. Sebab, penelitian terbaru di Portugal menunjukkan bahwa cheat day bisa membantu seseorang untuk tetap pada rencananya menerapkan pola hidup sehat dalam jangka panjang.

Cheating day yang dilakukan dengan benar dapat meningkatkan metabolisme dan regulasi insulin. Selain itu dapat pula mengisi ulang glikogen yang habis sekaligus membuat tubuh tetap dalam fase membakar lemak
Agar Diet Berjalan "Stabil" Bantu Dengan Cheating Day

Untuk studi ini, peneliti melibatkan peserta yang harus mengasup kalori maksimal 1.500 kalori dalam satu minggu. Separuh dari mereka diizinkan untuk mengonsumsi apapun asupan yang mereka inginkan di hari Minggu. Setelah dua minggu, kedua kelompok diukur Indeks Massa Tubuh (IMT)-nya.

"Memang tidak ada perbedaan signifikan jumlah penurunan berat badan pada kedua kelompok. Tapi mereka yang mendapat cheat day mengaku lebih bahagia dan termotivasi untuk terus menjalankan program penurunan berat badannya," kata salah satu penulis studi, Rita Coelho do Vale, Ph.D.

Dikutip dari Men's Health, Selasa (10/11/2015), Rita menuturkan terlalu menahan diri ketika menjalani program diet justru membuat seseorang merasa terkekang dan mudah marah. Dengan begitu, mereka juga lebih mudah menyerah dalam melakukan diet. Namun, ketika ada harapan akan datangnya cheat day, di mana ia bebas mengasup makanan, seseorang akan lebih mungkin menerapkan dietnya.



Kuncinya, lanjut Rita yakni dengan merencanakan satu hari di mana Anda akan melakukan cheat day dan pastinya pelaksanaan cheat day pun harus konsisten. Sebab, tidak konsisten menerapkan cheat day selama satu hari dalam seminggu diibaratkan Rita sama saja dengan mengabaikan program diet.

Lantas, bagaimana membedakan antara cheat day dengan binge day? Menurut Rita, saat cheat day seseorang bisa mengasup makanan apapun yang ia suka, tapi dengan porsi yang masih wajar. Sedangkan pada binge day, Anda bisa mengonsumsi makanan apapun dengan porsi tidak terkontrol.

"Intinya, jangan benar-benar menyetop konsumsi makanan tertentu sepenuhnya. Nikmatilah semua makanan yang Anda inginkan dalam satu hari khusus selama satu minggu. Lakukan itu dengan konsisten dan memperhatikan porsi. Sehingga, program diet tetap berlangsung dan bobot pun stabil," tutur Rita.

Lalu bagaimana cara melakukan cheating day yang cerdas agar berat badan turun lebih cepat? Berikut jawaban untuk Anda.

Gunakan Pemahaman Sistem Hormonal

Dengan mengetahui bahwa tingkat leptin dan ghrelin dipengaruhi diet rendah karbohidrat yang ketat, maka cheating day yang dilakukan seminggu sekali dapat membantu meningkatkan kembali hormon leptin sekaligus menurunkan ghrelin.

Ini sangat penting karena dengan mengembalikan level hormon ke kadar normal dapat mencegah efek negatif pada proses metabolisme, mengendalikan nafsu makan, dan energi yang dikeluarkan menjadi lebih baik. Selain itu, cheating day juga dapat meningkatkan fungsi tiroid untuk membantu metabolisme.

Peningkatan fungsi tiroid untuk metabolisme ini dapat bertahan hingga beberapa hari setelah tubuh mendapatkan asupan makanan saat cheating day. Bahkan, cheating day yang terjadwal dengan baik akan menghindarkan Anda dari bertambahnya berat badan akibat pola makan yang buruk saat diet.

Menu Sehat Cheating Day

Realistis. Itulah yang harus menjadi pegangan Anda saat melakukan cheating day. Jangan ada rasa balas dendam di dalamnya karena kondisi ini bisa menjadi bumerang yang membuat tubuh Anda melar. Apapun yang Anda makan saat cheating day, usahakan mengandung cukup karbohidrat, protein dan lemak sehat. Vitamin dan mineral juga jangan ketinggalan.

Ada berbagai pilihan menu yang mencukupi semua kebutuhan itu, dan Anda yang lebih tahu apa yang Anda suka. Jadi silakan pilih dengan bijaksana menu cheating day Anda.

Bijaksana saat Cheating Day

Dari sekian banyak penjelasan, kami yakin bahwa jujur dan bijaksana saat cheating daya adalah tantangan tersulit yang harus Anda lalui.

Bijaksana dalam menentukan menu dan jumlah makanan serta berapa kali Anda harus mengonsumsinya harus menjadi perhatian Anda. Jujurlah pada diri sendiri dan ingatlah target untuk menurunkan berat badan. Tujuan cheating day adalah untuk mempermudah diet Anda meraih tubuh ideal, bukan sebaliknya

Sumber : health.detik.com/duniafitnes.com

Loading...