4 Jenis Vitamin dan Mineral Yang Anda Butuhkan Saat Diet


Loading...
4 Jenis Vitamin dan Mineral Yang Anda Butuhkan Saat Diet - Pola diet yang tidak mengandung keseimbangan gizi dapat menyebabkan seseorang kekurangan vitamin dan mineral yang penting. Yang cukup mengkhawatirkan ialah kekurangan vitamin sulit untuk didiagnosa secara langsung.

4 Jenis Vitamin dan Mineral Yang Anda Butuhkan Saat Diet


Pasalnya, ada banyak ragam gejala yang disebabkan oleh kurangnya asupan makanan bergizi pada seseorang. Meski begitu, gejala kekurangan vitamin dapat membuat orang memiliki perasaan yang tidak nyaman.

Beberapa gejala kurangnya asupan gizi ialah kelelahan, pusing, otot melemah, kebingungan hingga nafas tersengal atau tidak sepanjang biasanya. Untuk menghindari kekurangan vitamin dan mineral dalam tubuh, penting bagi orang yang berdiet untuk tetap memakan makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh.

Baca juga : Aman Kok, 4 Cemilan Malam Ini Cocok Banget Buat Kamu Yang Lagi Diet

Hal ini untuk menjaga agar kondisi badan tetap sehat. Beberapa bahan makanan tersebut ialah daging, produk susu dan padi-padian. Di samping itu, seseorang juga perlu mengetahui vitamin dan mineral apa saja yang dibutuhkan tubuh agar tidak mengalami kekurangan gizi.

Berikut ini ialah empat dari beberapa jenis vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh:


1. B12

Cukup banyak ragam vitamin yang memegang peranan penting dalam menjaga kesbugaran tubuh. Meski begitu, ahli menilai peranan vitamin B12 merupakan yang paling menonjol di antara yang lainnya. Pasalnya B12 sangat dibutuhkan untuk menjaga sistem syaraf berfungsi dengan baik. Vitamin B12 ini dapat dengan mudah ditemukan pada makanan seperti daging, produk susu hingga ikan.


2. Biotin

Biotin dikenal dengan istilah vitamin B7 yang berperan sebagai kunci dalam membangun berbagai protein dalam tubuh. Salah satu peran vitamin B7 ialah membantu tubuh untuk menumbuhkan rambut dan kuku. B7 ini dapat dengan mudah ditemukan pada kembang kol, kuning telur hingga jamur.

3. Kalsium

Dalam jangka pendek, kurangnya asupan kalsium dalam tubuh mungkin tidak akan terasa. Akan tetapi dampak dari kurangnya kalsium ini dapat dirasakan dalam jangka waktu yang panjang. Kekurangan kalsium dalam jangka waktu panjang juga dapat menyebabkan beberapa risiko serius, salah satunya kerapuhan tulang. Untuk meningkatkan asupan kalsium seseorang dapat mengkonsumsi berbagai produk susu seperti yogurt, keju, susu, hingga almond.

Baca juga : 7 Jus Terbaik Untuk Diet Agar Langsing Lebih Cepat

 4. Zinc

Zinc merupakan mineral penting yang memiliki peran dalam menjaga fungsi kekebalan tubuh dan penyembuhan luka. Kekurangan Zinc dapat menyebabkan seseorang lebih mudah sakit dan sulit untuk menyembuhkan luka. Oleh karena itu, untuk menjaga asupan zinc, seseorang dapat mengkonsumsi daging, produk susu, kacang-kacangan, gandum hingga kacang polong.(Sumber : republika.co.id)


Loading...