Agar Diet Berhasil Perhatikan Pola Tidur Anda !!


Loading...
Agar Diet Berhasil Perhatikan Pola Tidur Anda

Saat perjuangan menjalankan diet, nafsu makan yang susah terkontrol kadang membuat gundah. Namun jika anda jeli, ternyata ada beberapa faktor yang membuat nafsu makan anda benar-benar susah terkontrol, yang jadinya anda makan dalam porsi berlebih. Tentu hal ini akan berakibat fatal yang justru menggagalkan diet anda.

Terkait :  Inilah 5 Kebiasaan Buruk Yang Bikin Badan Tambah Gemuk

Apakah sebenarnya penyebabnya?

Menurut studi di Wagner University, New York, AS, bukan hanya jumlah waktu yang Anda habiskan di tempat tidur yang bisa mempengaruhi nafsu makan, tetapi juga kualitas tidur yang Anda habiskan selama di tempat tidur tersebut. Karena itu, untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah munculnya nafsu makan yang berlebihan, usahakan untuk selalu menjaga waktu dan kualitas tidur yang cukup.

‘’Stres bisa diakibatkan oleh pola tidur. Orang-orang perlu memahami bahwa tidur yang berkualitas sangat mempengaruhi kesehatan fisik dan emosional mereka,’’ kata peneliti dan juga seorang profesor psikologi di Wagner University, Laurence Nolan PhD, seperti dilansir laman Women’s Health Magazine.

Untuk membuktikannya, para peneliti melakukan dua eksperimen terpisah. Pertama, mereka menganalisis pola tidur dan kebiasaan makan dari 184 mahasiswi. Ditemukan adanya hubungan yang sangat kuat antara kualitas tidur yang buruk dan nafsu makan. Perempuan yang sulit tidur atau sering terbangun sepanjang malam cenderung lebih lapar dan mengonsumsi lebih banyak makanan di pagi harinya.

Terkait ; Kenali 6 Faktor yang Bisa Merusak dan Menghambat Diet Anda

Pada percobaan kedua, peneliti menganalisis kebiasaan tidur dari 66 mahasiswi lainnya. Kali ini peneliti juga menyediakan makanan ringan seperti kue, keju, cokelat, jelly bean, dan keripik. Hasilnya, mereka yang tidur kurang dari 7 jam pada malam sebelumnya dilaporkan mengonsumsi makanan ringan tersebut dalam jumlah porsi paling banyak.

Berdasarkan hasil studi ini, peneliti menarik kesimpulan bahwa stres sangat berpengaruh terhadap nafsu makan seseorang. Baik kurang tidur maupun tidur dalam kualitas buruk dapat membuat Anda menjadi stres, pada akhirnya menambah nafsu makan dan membuat Anda secara tak sadar makan lebih banyak dari biasanya. (riaupos.co)

Loading...