Mengulik Manfaat dan Resep Daun Mint Untuk Diet


Loading...

Diet Dengan Daun Mint

Cara diet dengan daun mint dapat menjadi salah satu alternatif yang layak anda coba dalam program menurunkan berat badan anda. Anda pasti sering kali mendengar daun mint bukan ? Ya daun yang satu ini merupakan salah satu sumber antioksidan yang sangat tinggi. Mengonsumsinya sebagai bahan masakan dalam menu harian Anda dapat menurunkan kadar asupan natrium atau garam.Sehingga tentu saja ini akan sangat bermanfaat untuk program diet anda.

Manfaat dan Resep Daun Mint Untuk Diet

Mengolah daun mint untuk diet sendiri pada dasarnya tidaklah terlalu sulit, salah satu cara mengkonsumsi daun mint untuk diet adalah dengan membuatnya menjadi segelas jus, bahkan jika dengan sedikit keterampilan anda dapat mengolah daun mint ini menjadi teh diet pelangsing atau di campur dalam menu diet anda sehari.

Selain sebagai antiokasidan, manfaat daun mint untuk diet juga cukup komplit. Rasanya yang segar dan dingin ternyata dapat menyukseskan Anda dalam mengurangi asupan kalori berlebih pada tubuh. Tidak percaya?

Menurut Cynthia Sass, seorang ahli nutrisi dan diet, rasa mint dapat mencegah Anda saat mengidam atau menginginkan camilan di tengah malam. Hal itu dikarenakan mint memiliki daya penahan nafsu makan natural yang mampu mempertahankan hasrat makan tersebut.

Menambahkan daun mint merupakan sebuah cara terbaik untuk menambahkan rasa ke dalam masakan dan minuman Anda tanpa menambahkan kalori, lemak, dan natrium. Daun mint juga merupakan tanaman herbal yang memiliki batang lembut yang juga sangat baik untuk memperbaiki tekstur dan rasa yang enak pada masakan.

Daun mint sering digunakan untuk membumbui hidangan Timur Tengah seperti salad domba, sup, dan sayuran. Anda juga bisa mencampurkan limun daun mint dengan air jeruk nipis. Anda juga bisa memadukan daun mint segar yang dicincang dengan apel, pir, lemon atau jeruk nipis, dan madu.

Mint juga dikenal sebagai mentha, yang merupakan salah satu genus atau kelompok tanaman dari 20 jenis tanaman termasuk peppermint dan spearmint. Minyak daun mint banyak sekali digunakan dalam pasta gigi, permen karet, dan produk kecantikan. Sementara daun segar dan keringnya sering digunakan sebagai bahan teh dan makanan.

Berikut ini akan kami sajikan cara diet daun mint yang dapat anda coba.

Cara Mengkonsumsi Daun Mint Untuk Diet


1. Dengan Membuat Jus Daun Mint

Jus daun mint adalah satu satu jus detox yang baik bagi anda yang sedang diet. Membuat jus daun mint untuk diet ini adalah dengan mengambil manfaat dari perpaduan daun mint dan beberapa bahan alami lainnya, salah satu resep jus daun mint yang dapat anda coba yakni sebagai berikut :

Bahan-bahan yang diperlukan:

8 Gelas air
1 sdt parutan jahe
Satu buah mentimun
Satu buah lemon
12 lembar daun mint

Cara membuat:

1. Ambil mentimun, kupas dan parut.
2. Tambahkan perasan air lemon.
3. Kemudian tumbuk 12 lembar daun mint sampai halus dan taruh di piring terpisah.
4. Campur semua bahan dengan 1 sdt parutan jahe, lalu masukkan ke dalam lemari es dan biarkan selama semalam.
5. Tambahkan 8 gelas air di pagi hari.
6. Minum jus ini selama sehari, setiap kali Anda merasa haus.
7. Lakukan ini selama minimal 4 hari berturut-turut untuk mencairkan lemak di tubuh.

2. Dengan Membuat Infused Water dengan Daun mint

cara mengolah daun mint untuk diet


Mengolah daun mint menjadi infused water tentu saja menjadi salah satu alternatif pilihan yang cocok untuk di jadikan minuman diet anda sehari-sehari.
Cara membuat infused water dengan daun mint ini juga cukup mudah.

Anda hanya perlu menyiakan bahan-bahan sbb;
1. 5 lembar daun mint
2. 1 buah kiwi
3. 1 buah jeruk nipis
4. 3 buah strawberry
5. 5 buah anggur, dan
6 250 cc air

Cara mengolah nya yaitu :

1. Bersihkan semua bahan hingga bersih
2. Jeruk nipis, jeruk, kiwi, strawberry, dan anggur di potong kecil-kecil 
3. Cincang daun mint menjadi bagian yang lebih kecil, tapi jika anda lebih suka yang utuh anda dapat membiarkan daun mint tanpa di cincang
4. Lalu masukkan semua bahan tadi ke dalam tempat minum yang telah anda sediakan.
5. Masukkan air
6. lalu Tutup rapat dan masukkan ke dalam kulkas selama 2 jam (Baca juga : Manfaat dan Resep Infused Water Untuk Diet )

3. Salad dengan Daun Mint

Salah satu menu diet dengan salad yang bisa anda coba adalah dengan daun mint. Adapun bahan yang disediakan adalah :

Bahan: 
1 cangkir beras
3 gelas air 
1 sdt garam 
14 oz kacang putih kaleng 
½ cangkir cuka anggur merah 
¾ cangkir minyak zaitun 
1 cangkir bawang hijau cincang 
2 cangkir cincang Mentimun  
2 cangkir tomat yang dibelah dua 
1 cangkir cincang mint segar 

Cara membuat :

1. Dalam panci besar, masukkan beras, air dan garam, lalu didihkan. Segera matikan api ke minimum dan tunggu hingga matang.

2. Saat nasi dimasak, campurkan semua bahan lainnya ke dalam mangkuk lain dan aduk hingga rata hingga semua bahan bercampur jadi satu. 

3. Setelah nasi matang, angkat dari api dan biarkan dingin selama 15 menit. 

4. Tambahkan nasi ke bahan lain dan aduk rata.

4. Dengan membuat teh daun mint

Cara lain mengolah daun mint untuk diet ini yaitu dengan mencampurka daun mint dengan teh dan buah lecy. Caranya cukup mudah dan murah. Anda hanya perlu menyediakan 4 buah lecy, secangkir teh dan juga daun mint.

Campur semua bahan kedalam gelas. Jangan lupa memeras daun mint terlebih dahulu sebelum anda mencampurnya dengan bahan lain. Aroma khas daun mint yang keluar akan memberi aromatik yang menenangkan.

Sebagai pengganti gula anda dapat menambahkan madu. Minuman diet ini tentu akan sangat cocok anda konsumsi setelah melakukan olahraga di pagi atau sore hari.

5. Membuat Jamu dengan daun Mint 

Cara terakhir yakni dengan membuat jamu daun mint. Cara mengolah daun mint menjadi jamu diet juga cukup mudah. Bahan yang diperlukan adalah parutan mentimun, perasan air lemon dan tentunya daun mint yang telah di tumbuk terlebih dahulu.

Setelah semua bahan siap, campurkan semua bahan tersebut dengan satu sendok parutan jahe. 

Jika ingin mengkonsumsinya anda sisa meneduh kesemua ramuan tersebut dengan air hangat. Rutin mengkonsumsi jamu diet dengan daun mint ini secara rutin, maka akan sangat membantu pembakaran lemak yang menumpuk dalam tubuh. 

Kandungan Gizi Daun Mint

Kandungan Giz
Dua sendok makan daun mint memiliki 2 kalori, 0,12 gram protein, 0,48 gram karbohidrat, 0,03 gram lemak, dan 0,30 gram serat. Daun mint juga mengandung kalium, magnesium, kalsium, fosfor, vitamin C, dan vitamin A.

ManfaatLain Daun Mint Bagi Kesehatan

1. Mengurangi Alergi

Daun mint mengandung antioksidan yang dikenal sebagai rosmarinic acid yang sudah dikenal ampuh untuk mengatasi gejala alergi musiman. Karena sifat anti peradangan yang dimiliki oleh rosmarinic acid, kandungan ini sangat menjanjikan pengobatan yang ampuh untuk alergi.

2. Mengatasi Gejala Flu Atau Batuk Biasa

Daun mint mengandung menthol. Menthol merupakan dekongestan alami yang membantu untuk memecah lendir dan dahak. Daun mint juga sangat efektif untuk menghilangkan sakit tenggorokan jika dikombinasikan dengan teh.

3. Mengatasi Masalah Pencernaan

Daun mint adalah sebuah ramuan yang menenangkan yang membantu mengatasi masalah perut atau gangguan pencernaan. Daun mint mampu memperlancar aliran empedu melalui perut.

4. Mengatasi Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Minyak daun mint digunakan telah terbukti untuk menjadi pengobatan yang efektif dan aman untuk mengatasi gangguan usus yang menyebabkan perut sakit, kram atau kembung, dan diare atau sembelit.

5. Mengatasi Masalah Kulit

Olesan minyak, salep atau lotion mint memiliki efek menenangkan dan mendinginkan kulit yang disebabkan oleh gigitan serangga, ruam, atau reaksi lainnya.


Terkait : Tips Agar Diet Berhasil, Hindari 5 Kebiasaan Ini !

Catatan : Minyak daun mint jika dikonsumsi dalam dosis besar dapat menjadi racun bagi tubuh Anda. Jangan pernah menggunakan minyak daun mint untuk anak kecil dan bayi karena dapat menyebabkan kejang-kejang dan menghambat pernapasan.

Konsumsilah daun mint secara hati-hati jika Anda pernah mengalami atau memiliki batu empedu. Jangan pernah menggunakan daun mint dalam upaya menenangkan masalah pencernaan yang berhubungan dengan GERD, penyakit kronik yang bisa mengakibatkan kanker kerongkongan atau kanker lambung jika terlambat ditangani.

Itulah beberapa informasi mengenai manfaat dan resep daun mint untuk diet, semoga bermanfaat !


Loading...