Hasil Studi, Diet Glikemik Memicu Risiko Kanker Paru


Loading...
Diet Glikemik Memicu Risiko Kanker Paru
Laporan sebuah studi dari sebuah Universitas di Texas, metode diet yang terfokus pada roti dan makanan yang memiliki kadar glikemik tinggi, dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Para peneliti dari universitas itu menganalisa data dari 1,905 partisipan yang meiliki kanker paru serta 2,413 data kesehatan yang menjadi bagian dari studi kanker.

Hasilnya,dapat disimpulkan bahwa orang-orang yang sering mengonsumsi makanan berglikemik tinggi memiliki risiko 49 persen lebih besar untuk terserang kanker paru dan menumbuhkan karsinoma sel skuamosa, sel yang mengendap di paru dan bisa menyebabkan kanker.

Apalagi bagi perokok yang suka mengonsumsi makanan berglikemik tinggi, mereka memiliki 81 persen risiko terserang kanker paru, dibandingkan dengan orang yang tidak merokok.

Para peneliti itu juga menjelaskan contoh makanan yang memiliki kadar glikemik tinggi, seperti melon, nanas, roti, dan nasi putih.

Sedangkan makanan yang memiliki kadar glikemik rendah adalah kentang, jagung, serta kacang-kacangan.

"Jika hasil penelitian ini sudah dikonfirmasi, makan para dokter harus memberikan kesadaran bagi para pasiennya terkait hubungan antara glikemik dan kanker paru," tutur Xifeng Wu, pencetus studi tentang GI dan kanker paru, dilansir laman Fox News.


"Dengan begitu, mereka (para dokter) bisa berkomunikasi dengan para pasien dan masyarakat tentang perubahan metode diet mereka untuk mencegah adanya kanker paru. (cnnindonesia.com)

Loading...