Jalani Diet Vegetarian? Pastikan 7 Nutrisi Ini Ada Dalam Menu


Loading...
Marilangsingalami.com - Diet vegetarian sudah menjadi banyak pilihan untuk menjaga kesehatan dan berat badan tubuh. Banyak penelitian yang menemukan orang yang mengikuti diet vegetarian memiliki risiko kecil terkena obesitas dan penyakit kardiovaskular.

7 Nutrisi Diet Vegetarian

Meski dinilai memiliki banyak manfaat, diet vegetarian juga memiliki kelemahan. Banyak yang menilai diet vegetarian bisa menyebabkan kekurangan beberapa nutrisi penting bagi tubuh. Anda yang menerapkan diet vegetarian sebaiknya selalu memperhatikan kebutuhan nutrisi bagi tubuh.

7 Nutrisi Penting Diet Vegetarian

Berikut beberapa vitamin dan mineral yang perlu Anda penuhi dalam diet vegetarian, seperti dilansir dari Boldsky, Kamis (17/8/2016).

1. Vitamin C

Vitamin C sangat penting untuk kesehatan sistem kekebalan tubuh Anda. Jadi, vegetarian harus menambahkan makanan seperti jeruk, dan buah-buahan lain yang kaya vitamin C dalam diet mereka untuk mendapatkan cukup vitamin C.

2. Vitamin D

Vitamin D membantu dalam penyerapan kalsium oleh tulang Anda. Kalsium ini membuat tulang-tulang menjadi lebih kuat. Penuhilah kebutuhan vitamin D dalam diet vegan anda, Sumber vitamin D ini berasal dari susu dan jamur.

3. Vitamin B12

Vitamin B12 banyak ditemukan dalam makanan hewani, kekurangan vitamin B12 dapat menyebabkan kelelahan, kehilangan keseimbangan dan mati rasa di tubuh. Meskipun anda seorang vegetarian, tidak ada salahnya tetap mencukupi kebutuhan vitamin B12 ini. Sumber vegetarian terbaik dari vitamin B12 adalah susu dan produk susu.  ( Baca juga : 15 Khasiat Susu Almond Untuk Diet dan Kesehatan )

4. Zinc

Zinc diperlukan oleh tubuh untuk aktivitas otak yang lebih baik dan kesehatan mental. Bagi para vegetarian bisa menambahkan makanan seperti buncis dan kacang polong, untuk mencukupi kebutuhan zinc dalam tubuh.

5. Zat Besi

Zat besi sangat penting untuk produksi sel darah merah. Salah satu sumber zat besi adalah daging. Namun bagi para vegetarian bisa mendapatkan sumber zat besi dari jenis sayuran. Tambahkan bayam, atau sayuran hijau lain agar kebutuhan zat besi dalam tubuh terpenuhi.

6. Yodium 

Kekurangan yodium dapat menyebabkan gangguan hormonal, dan vegetarian lebih rentan terhadap kekurangan yodium. Namun kekurangan yodium pada vegetarian bisa diatasi dengan menambahkan makanan seperti kedelai dan ubi jalar. (baca juga : Turun 38 Kg dalam 10 Bulan, Wanita Ini Jalani Diet Katogenik )

7. Asam Lemak Omega 3


Kekurangan asam lemak omega-3 dapat menyebabkan gangguan kardiovaskular. Untuk menghindari hal ini vegetarian perlu memastikan bahwa mereka makan makanan seperti kacang-kacangan, alpukat dan biji rami.

Loading...