Tips Merencanakan Diet Pasca Liburan


Loading...
Marilangsingalami.com- Liburan bisa menjadi satu cara mengatasi kepenatan. Tapi jangan salah, bisa jadi liburan malah membuat Anda panik dan stres karena program diet yang gagal.

Biasanya setelah menikmati liburan Anda akan terkejut melihat perut yang membuncit karena makan yang berlebihan selama piknik. Hal ini sebenarnya wajar karena selama berlibur biasanya orang merasa senang dan lalai mengatur pola makan. (baca juga : 10 Hal yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memulai Diet)

Sehingga sajian seperti camilan yang manis, makanan cepat saji menjadi dan keripik kentang yang renyah selama piknik membuat orang lupa pola diet yang benar.

Tips Merencanakan Diet Pasca Liburan

Bagaimana Merencanakan Program Diet Pasca Liburan ?

Para ilmuwan dari University of Georgia's College Family and Consumer Sciences mengungkapkan orang Amerika mengalami pertambahan berat badan rata-rata 1 kilogram selama enam pekan berada di rumah atau menikmati liburan. Padahal seharusnya kenaikan berat badan setengah sampai satu kilogram diperoleh selama jangka waktu satu tahun.

Nah jika ingin melaksanakan program diet pasca liburan, beberapa tips di bawah ini mungkin bisa menjadi referensi bagi anda :

Kembali pada rutinitas

Segeralah mandi dan membongkar tas Anda setibanya di rumah setelah liburan. Ini bukan tanpa alasan untuk segera dilakukan.

Sebab dengan merapikan isi tas usai liburan akan membuat pikiran Anda jernih dan tidak mengingat-ingat kembali suasana liburan. Anda kini telah siap untuk kembali beraktivitas seperti biasa.

Tip untuk Anda, usahakan pulang lebih awal dan menerapkan pola tidur dan bangun yang sama setiap harinya.

Sebab, menurut penelitian, orang yang merasa lelah cenderung makan lebih banyak kudapan di malam hari.

Belanja bahan makanan

Tips Merencanakan Diet Pasca Liburan

Cek isi lemari es Anda, mungkin sudah tidak ada lagi bahan makanan sehat yang tersisa. Sebaiknya Anda segera pergi ke toko bahan makanan. Buatlah catatan bahan makanan sehat yang dibutuhkan untuk di simpan dalam lemari es.

Memiliki simpanan makanan segar dan sehat di lemari es akan membantu diet program diet Anda.

Menyortir makanan

Masih menyimpan kue manis yang sudah lama berada di lemari pendingin? Saatnya untuk membersihkan isi lemari es dan membuang makanan yang akan menambah berat badan Anda.

Pastikan isi lemari es adalah bahan makanan yang sehat sehingga Anda tidak punya pilihan lain saat lapar. Cara ini ampuh untuk mengurangi kebiasaan makan yang buruk yang selama ini dilakukan.

Menjauhi televisi

Tiba di rumah setelah perjalanan panjang dan ingin bersantai, itu wajar. Tapi sebaiknya Anda menghindari untuk berlama-lama menonton tayangan televisi sambil mengunyah keripik.

Karena, menurut studi yang dilakukan University of Houston, orang-orang yang menghabiskan waktu di akhir pekan sambil menonton televisi memiliki pola makan yang buruk.

Jika ingin bersantai sambil menonton televisi, cobalah ganti camilan gurih yang ada di tangan Anda dengan satu mangkuk buah segar. (baca juga : Tips Agar Diet Berhasil, Hindari 5 Kebiasaan Ini ! )

Kurangi konsumsi kafein

Selama liburan, Anda tentu akrab dengan kopi dan minuman bersoda. Ketika liburan usai dan Anda kembali ke rumah, saatnya untuk menghilangkan konsumsi kafein yang berlebihan dan soda dari rutinitas Anda.

Mengurangi asupan kafein seperti kopi dan teh serta berhenti minum soda akan membuat tubuh kembali langsing.

Tidur cukup

Kelelahan akibat perjalanan liburan membuat Anda kurang tidur. Akibat kurang tidur Anda akan mengantuk dan membuat produksi leptin menurun. Hal ini menyebabkan Anda makan berlebihan dan mengalami kenaikan berat badan.

Untuk membantu agar berat badan kembali ideal, pastikan Anda cukup tidur. Enam hingga delapan jam tidur per malam adalah jumlah waktu ideal yang Anda butuhkan untuk beristirahat.

Hidrasi

Perjalanan liburan bisa membuat Anda dehidrasi yang dapat meningkatkan rasa lapar dan menyebabkan sirkulasi tubuh buruk. Akibatnya Anda akan merasa kembung dan mengantuk.

Pastikan tubuh cukup cairan setelah liburan. Sebab, salah satu penyebab berat badan bertambah dan kurang bersemangat adalah karena kekurangan cairan dalam tubuh.

Olah raga

Pulang dari liburan Anda harus kembali olah raga. Ini adalah cara yang efektif untuk membantu menurunkan berat badan setelah liburan. Karena ketika berlibur, tidak semua orang ingat untuk melakukan aktivitas fisik dan menjaga kebugaran tubuh. (baca juga : 24 Latihan Terbaik Untuk Meratakan Perut Buncit )

Tips Merencanakan Diet Pasca Liburan

Saran dari para ahli, pergilah segera ke pusat kebugaran dan mulailah dengan latihan intensitas tinggi untuk mengaktifkan otot-otot dan membakar kalori.

Detoksifikasi

Setelah sepekan berlibur dan tidak memerhatikan pola makan yang baik, sudah saatnya Anda untuk melakukan detoksifikasi. Menurut Journal of Agricultural and Food Chemistry, avokad baik untuk program detoksifikasi, (baca juga : Tips Diet Detox , 3 Hal Penting Yang Harus Anda Lakukan Saat Menjalani Diet Detoks)

Sebab, avokad kaya akan kandungan antioksidan dan dan banyak mengandung gluthathione, yaitu zat yang dapat mengeluarkan racun berbahaya dalam tubuh sehingga badan Anda akan terbebas dari toksin.

Semoga artikel mengenai cara diet pasca liburan ini bermanfaat bagi anda, selamat mencoba semoga harapan anda untuk segera menurunkan beberapa kilogram tahun ini berjalan dengan lancar.
(source : beritagar)

Loading...