Contoh Menu Diet Sehat Yang Kaya dan Tinggi Serat


Loading...
Marilangsingalami.com - Aneka makanan berserat tinggi, mulai dari buah, sayur, dan biji-bijian bisa masuk ke dalam dafar menu diet. Anda mungkin sudah merasa mengonsumsi makanan kaya serat. Namun belum mengetahui apa saja sesungguhnya jenis makanan yang mengandung serat paling tinggi. ( baca juga : Jajal Menu Diet Kaya Zat Besi Ini, Bantu Anda Cepat Langsing)

Contoh Menu Diet Sehat Yang Kaya dan Tinggi Serat

Jika Anda sudah melakukan diet tinggi serat, ada baiknya mencoba kombinasi menu berikut yang direkomendasikan ahli kesehatan, dilansir dari Eating Well, Sabtu(10/9).

Ganti jus hijau dengan smoothie hijau buatan sendiri yang mengandung buah dan sayur. Smoothie hijau memberikan serat lebih dari 13 gram per porsinya.

Kemudian ganti granola dengan beberapa sendok makan biji chia untuk pasangan yoghurt Anda. Biji chia memberikan 10 gram serat, lebih banyak dibandingkan granola yang hanya satu gram serat. Chia adalah biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica yang tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Belakangan ini biji chia sudah mulai masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik favorit. ( baca juga : Konsumsi Lemak Harian Yang Baik Agar Tubuh Tetap Langsing)

Selanjutnya, ganti apel dengan rapsberi sebagai camilan. Rasberi memberi delapan gram serat per cangkirnya. Apel hanya memberi setengahnya.

Ganti juga sup ayam dengan veggie chili campur kacang. Setengah cangkir kacang tanah menyajikan enam hingga delapan gram serat yang tidak bisa diberikan ayam. Ini juga merupakan sumber protein dan fitonutrien.


Selanjutnya ganti pasta dengan gandum utuh. Satu porsi gandum utuh memberikan serat setara dengan tiga porsi pasta. Beras merah juga bisa diganti dengan quinoa. Setengah cangkir beras merah hanya memberi satu gram serat dibandingkan quinoa (tiga gram). quinoa dapat di beli di mana saja. (republika)

Loading...