Diet Whole30 - Trik Diet Baru Langsingkan Tubuh


Loading...
Marilangsingalami.com - Ada lagi trik diet baru yang sedang naik daun dan digandrungi oleh para pelaku diet sehat, namanya Diet Whole30.  Dalam berbagai sumber menyebutkan jika Puluhan ribu orang telah mencoba program diet Whole30. Makan sehat 30 hari yang menjanjikan keuntungan kesehatan dan emosional.

apa itu Diet Whole30

Lantas Seperti Apa Sih Itu Diet Whole30 ? 

Diet ini mulai dikenal sejak 2009 saat pasangan Hartwig meluncurkan situs kesehatan dan jasa konsultasi Whole9. Menyusul kemudian terbitnya buku berisi garis besar diet Whole30, It Starts With Food pada 2012.

Pasangan suami istri ini berlatar belakang nutrisi olahraga, anatomi, dan terapi fisik. Diet ini bertujuan mengatur ulang metabolisme tubuh dan memperbaiki hubungan seseorang dengan makanan.

Ketika menerapkan jenis diet ini, Anda disarankan untuk tidak mengonsumsi pemanis buatan, alkohol, nasi dan olahan tepung putih, susu dan beberapa makanan dengan kandungan zat aditif selama 30 hari.

Jika dilihat secara saksama, sebenarnya diet program whole30 ini hampir mirip dengan beberapa jenis diet lainnya. Pasalnya, whole30 meminta Anda untuk memenuhi piring yang berisi daging tanpa lemak, makanan laut, telur, sayuran dalam jumlah banyak, buah, lemak sehat dari minyak, kacang-kacangan dan biji-bijian. (baca juga : 7 Makanan Terbaik Sumber Protein Tinggi Untuk Diet)

Apa yang boleh dan tidak?

Secara umum, diet ini mirip diet Paleo. Rendah karbohidrat, tinggi protein. Bedanya dalam diet ini tidak ada kesempatan untuk memanjakan diri, seperti porsi 80/20, 80 persen makanan sehat 20 persen menu favorit--yang biasanya tidak sehat.

Selama 30 hari pelaku diet ini setop mengonsumsi nasi, jagung, oat, gula, susu, alkohol, dan kacang-kacangan. Semua itu merupakan bahan makanan yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon, dan gangguan lain dalam tubuh.

Makanan yang boleh dikonsumsi adalah daging, makanan hasil laut, telur, buah-buahan dan sayur-mayur. Berikut contoh menunya seperti dilansir The Kitchn.

  • Sarapan: Telur dan sayuran panggang. Atau sisa makan malam sebelumnya.
  • Makan siang: Salad di dalam toples seukuran mason jar.
  • Makan malam: paha ayam dan sayuran panggang serta tumis sayur atau berbagai jenis sup dan steik diiris tipis dengan salad.
  • Kudapan: wortel dan batang seledri dicocol dengan saus avokad, atau segenggam kacang almon, bisa juga buah.
  • Minuman: air dengan lemon kombucha, air kelapa, dan teh herbal. Kopi--tanpa gula atau susu--juga bisa.

Good Cheap Eats juga punya menu makan Whole30 untuk 30 hari. Jika dilihat, variasi menu cukup beragam dengan bahan dan cara pembuatan yang tidak rumit.

Diet Whole30 dapat diartikan sebagai proses belajar menikmati makanan sehat, simpel yang merupakan asupan baik untuk tubuh.

Program diet ini menjanjikan banyak sekali manfaat. Perbaikan komposisi dalam tubuh, peningkatan energi, kualitas tidur yang lebih baik. Bahkan juga kinerja atletik yang lebih baik, serta berkurangnya hasrat ingin makan gula dan karbohidrat.

Banyak testimoni pelakunya yang mengaku berhasil mencapai beberapa kondisi tersebut di atas.

Apa kata para ahli kesehatan

Memang benar, mengurangi asupan yang masuk dalam daftar pantang diet ini bisa berefek baik untuk kesehatan. Banyak yang meyakini bahwa gula adalah racun, terbukti memicu inflamasi bahkan dikaitkan dengan depresi.

Namun, manfaat diet ini hanya berlaku bagi sebagian orang. "Bagi sebagian lainnya, menghilangkan asupan ini tidak menguntungkan," kata Dr. Alessio Fasano, kepala Center for Celiac Research and Treatment di Massachusetts General Hospital.

(baca juga : 7 Rencana Diet Sehat Yang Wajib Anda Lakukan Agar Diet Anda Sukses)

Masalah lain menurut Fasano, diet Whole30 tidak mempertimbangkan sejarah kesehatan pelakunya. Alih-alih diet ini menargetkan banyak hal sekaligus.

Menghilangkan asupan pantangan dalam diet ini dapat menyebabkan konsekuensi tak sehat bagi sebagian orang. Kekurangan nutrisi, konstipasi, sampai pendarahan internal hanyalah beberapa masalah kesehatan yang disebutkan Fasano.

Dr. Gerard Mullin, kepala Celiac Disease Clinic John Hopkins juga sependapat. Mereka yang memiliki kondisi kesehatan tertentu bisa jatuh sakit akibat diet ini. Mullin bilang, jika Anda bukan pecandu gula dan cenderung makan sehat, tak ada alasan untuk ikut-ikutan mempraktikkan diet ini.

Sementara itu Joan Salge Blake, pakar diet sekaligus juru bicara untuk Academy of Nutrition and Dietetics memiliki kekhawatiran lain. "Saat Anda mulai menghilangkan beberapa kelompok makanan, kalori pasti berkurang. Namun seperti halnya diet jangka pendek lain, begitu program selesai, berat badan kembali naik," papar Blake.

Apalagi, beberapa kelompok makanan yang masuk dalam daftar pantang Whole30 merupakan komponen penting dalam pola makan sehat. Produk olahan susu seperti yogurt misalnya, sarat kalsium, protein dan vitamin D. Kacang-kacangan juga sumber protein yang baik.

Karena itu, menurut kepala nutrisi olahraga University of Pittsburgh Medical Center's Center for Sports Medicine, Leslie Bonci, akan lebih baik jika orang fokus pada keberlanjutan diet. Salah satunya dengan memperbanyak konsumsi sayur-mayur dan protein. (beritagar.id)

Loading...