Ini Syaratnya Jika Ingin Makan Coklat Saat Diet !!


Loading...
Marilangsingalami.com - Banyak orang yang sering mengatakan jika makan coklat saat diet harus dihindari jika tidak ingin program diet gagal total. Namun tahukah anda jika ternyata mengkonsumsi coklat saat diet masih bisa lakukan asalkan tetap memenuhi persyaratan.

Baca juga : Cara Diet Labu Yang Benar Untuk Menurunkan Berat Badan

Chef pastry dan Bakery Odie Jamil mengungkapkan bahwa dark coklat bisa menjadi pilihan bagi mereka yang sedang melakukan diet.

diet coklat hitam

Tips Diet Dengan Coklat Yang Benar dan Telah Teruji 

1. Pilih Dark Coklat

Syarat pertama yang wajib anda pahami saat diet dengan coklat adalah tepat memilih jenis coklat untuk diet. Menurut Odie "Kalau kita mau diet, mau sehat, bukan enggak makan cokelat, pilih cokelat tapi yang dark cokelat, yang konten cocoa-nya tinggi,"

"Semakin tinggi kadar cocoa-nya semakin rendah kadar lemak di dalam cokelatnya. Jadi, enggak ada masalah makan coklat kalau mau sehat bisa-bisa saja," sambung dia.

Dark coklat merupakan jenis coklat yang memiliki flavanoid paling tinggi diantara jenis coklat lainnya. Dan tentu saja nutris dan manfaat juga otomatis lebih tinggi. Selain itu dark chocolate mengandung mentega cokelat murni yang di dalamnya terdapat stearic acid.

Stearic acid merupaja suatu zat yang memperlambat proses pencernaan sehingga tubuh membutuhkan energi lebih banyak dan kalori berlebih pun terbuang. Selain itu karena memerlukan waktu lama untuk diproses, Anda bisa menahan lapar lebih lama sehingga membantu penurunan berat badan.

2. Jadikan Dark Coklat Sebagai Camilan

Mengambil manfaat dark coklat untuk diet dapat anda lakukan dengan menjadikan dark coklat ini sebagai camilan di antara waktu makan besar. Jangan Mengkonsumsi dark coklat sebagai dessert agar manfaat coklat untuk diet anda semakin maksimal.

Dalam sebuah studi menemukan jika pelaku diet yang mengkonsumsi 3,5 ons dark chocolate dua jam sebelum makan, maka tingkat asupan kalorinya 17 persen lebih sedikit dibandingkan mereka yang mengkonsumsi jenis coklat lebih seperti milk coklat.

Untuk mendapatkan dark coklat pun juga sangat mudah karena sudah banyak merk coklat yang baik untuk diet yang di jual di pasaran baik di swalayan atau anda juga bisa membelinya secara online di beberapa marketplace yang anda di indonesia, selengkapnya anda bisa mengnjungi link ini (klik disini)

3. Makan dark coklat dengan buah

salah satu cara makan coklat saat diet yang paling baik adalah dengan mengkombinasikan coklat hitam dengan buah. Caranya, potong kecil-kecil buah yang Anda suka, contoh yang paling bagus adalah stroberi, pisang, nanas, ataupun melon. Lalu celupkan potongan tersebut ke dalam sirup coklat sebelum Anda memakannya, hal ini akan membantu Anda untuk menjaga kalori yang dihasilkannya.

Tips Diet Dengan Coklat

Ingat, kalori coklat yang didapat dari Anda mencelupkan ke dalam sirup coklat berbeda dengan kalori yang Anda dapat jika Anda menuangkannya di atas buah. Dengan mencelupkan buah ke dalam sirup coklat, Anda akan mendapatkan rasa coklat yang Anda inginkan dengan nilai gizi dari buah.

4. Mengkombinasikan dark coklat dengan yoghurt

Menjalankan diet sehat dengan tetap makan coklat juga dapat anda lakukan dengan mengkonsumsi dark coklat dengan memadukannya dengan plain yogurt dan buah.  Anda juga bisa membaca artikel mengenai : Cara mengkonsumsi yoghurt saat diet

dark coklat dan yoghurt

Sementara itu, bagi mereka yang menghindari gula pasir untuk berdiet, menurut Chef Odie, bisa menggantinya dengan agave, madu, brown sugar (gula cokelat) atau sirup mapel. Sebagai informasi, sirup mapel merupakan sebuah sirup yang didapatkan dengan menyadap getah xylem dari mapel hitam, mapel gula atau mapel merah.

Sirup mapel disebut memiliki kandungan quebecol yang menurut laman Authority Nutrition bermanfaat mencegah beberapa penyakit, diantaranya mengurangi pertumbuhan sel kanker.

"Madu memberikan rasa manis yang tidak se-intense gula pasir. Ada lagi yang lebih sehat agave atau nektar itu juga bisa dipakai dan itu jauh lebih sehat," ujar chef Odie. Lebih lanjut anda juga bisa membaca artikel mengenai : Bagaimana Cara diet madu dan kayu yang manis yang benar

5. Mengatur pola makan 

Agar diet anda tetap berjalan dengan baik meskipun anda tetap mengkonsumsi coklat, maka mengatur pola makan adalah salah satu syarat yang wajib anda penuhi. Jangan lupa menghindari berbagai makanan yang banyak mengandung lemak seperti gorengan, minuman bersoda. Tetap melakukan aktivitas olahraga seperti biasanya agar proses pembakaran lemak yang menumpuk dalam tubuh bisa lebih cepat, anda bisa memilih aktivitas lari pagi atau melakukan yoga. Selengkapnya bisa anda baca artikel ini mengenai gerakan yoga yang dapat membakar lemak lebih cepat.

Itulah 5 syarat penting yang wajib anda penuhi jika ingin makan coklat saat diet. Semoga bermanfaat.


Loading...