6 Manfaat Jagung Untuk Diet


Loading...
Marilangsingalami.com - Selain padi, jagung menjadi salah satu hasil tani yang sangat populer di Indoensia. Jagung menjadi bahan pokok yang juga bisa dijadikan pengganti nasi untuk diet.
Jagung bisa diolah dengan berbagai cara,seperti direbus,dikukus, sampai di masak.

Jagung Untuk Diet

Ada begitu banyak pertanyaan tentang bolehkah makan jagung saat diet. Beberapa praktisi mengatakan jika makan jagung saat diet tetap bisa anda lakukan. Meskipun karbohidrat jagung cukup tinggi tapi anda juga tidak bisa menyepelekan jika ternyata jagung memikili serat yang bisa mendukung program diet anda. (Baca juga : Jenis makanan pengganti nasi saat diet )

Baca juga | 6 Cemilan Sehat Untuk Sukseskan Program Diet Anda

Dilansri dari laman BT.com , berikut ini manfaat jagung untuk diet yang perlu anda tahu.

1. Kaya nilai gizi

Ahli gizi Rob Hobson mengatakan,  jagung kaya nilai gizi. Tak hanya untuk diet saja, saat makan sehari-hari, Anda dianjurkan makan jagung.

2. Cegah penyakit mata

Nutrisi pada jagung akan bertambah tatkala dicampur dengan sayuran berwarna kuning dan oranye. Hal itu mencegah penyakit mata. Jagung juga mengandung vitamin B dan vitamin C, serta magnesium dan kalium bagi kesehatan mata.

3. Kandungan alami gula

Jagung manis yang Anda makan bukan berasal dari gula buatan, melainkan kandungan gula alami. Rasa manis dari jagung memiliki jumlah kalori yang sama seperti apel.

4. Kaya serat

Baru-baru ini The Scientific Advisory Committee on Nutrition (SACN) melaporkan, makanan yang dikonsumsi orang kerap kurang serat, hanya sekitar 20 gram yang dikonsumsi orang setiap hari. Padahal, asupan serat harian yang direkomendasikan sebanyak 30 gram.

Tingginya serat membantu memperlancar pencernaan, dan jagung juga baik untuk penderita diabetes karena dapat menjaga gula darah agar tetap stabil.

Jagung termasuk sumber serat, yang baik untuk kesehatan pencernaan. Kebutuhan akan serat dapat tercukupi.

5. Baik untuk pencernaan

Jagung mengandung jumlah serat tinggi. Kandungan jagung sangat baik untuk usus Anda.

6. Dibuat makanan alternatif

Jagung bisa dibuat gluten (protein dalam gandum). Dalam bentuk tepung jagung, makanan berupa pasta bebas gluten dibuat. Pasta bebas gluten merupakan makanan alternatif yang sehat.

Baca juga | Ingin Diet Tapi Tetap Makan Nasi? Coba Shirataki, Beras Dengan Nol Kalori

Tips mengkonsumsi Jagung Saat Diet

Pilihlah jagung rebus 

Apabila dihubungkan dengan kesehatan dan diet, tentu saja jagung rebus adalah yang terbaik karena kalorinya jauh lebih rendah. Selain itu, tingginya serat akan membantu memperlancar pencernaan, jadi Anda tak perlu khawatir saat mengonsumsi jagung rebus.

Info Nutrisi :

Jagung rebus kalorinya 1/3 lebih rendah dari keripik jagung atau popcorn
Kalori yang terkandung pada jagung sekitar 125 kalori/100 gram
Ada kandungan 5 gram protein di dalamnya
Dan sedikit saja lemak.

Jauhi Jagung yang Digoreng

Jagung yang di oleh dengan cara di goreng Secara otomatis, mentega, atau minyak yang digunakan untuk mengolah akan memberi suntikan tambahan lemak dan kalori, inilah mengapa memakan jagung bisa menyebabkan kegemukan.

Semoga tips mengenai manfaat jagung untuk diet ini bermanfaat .

Loading...